Pertama Kali Berkunjung ke Bali? Simak Basic Tips Berikut Ini, Yuk!

Meski gaung kemahsyuran Bali dari sisi pariwisata sudah lama terdengar, nyatanya masih banyak masyarakat Indonesia sendiri yang belum pernah menjejakkan langkahnya di Pulau Dewata. Bahkan, ada pula yang sudah cukup sering melancong ke berbagai wilayah di Indonesia, tetapi belum berkesempatan mencicipi keelokan alam dan budaya Bali.
Namun, tentu saja hal tersebut bukan suatu masalah, karena selalu ada kesempatan untuk bisa berkunjung ke sana. Nah, jika Kamu adalah salah seorang yang sedang merencanakan liburan ke Bali, beberapa tips berikut ini patut Kamu simak.
 Ke Mana Harus Pergi?
 
Bali memang sangat luas. Pulau ini terdiri atas delapan kabupaten dan satu kota. Masing-masing wilayahnya memiliki objek wisata yang menarik dikunjungi.Kamu tidak akan mungkin bisa menjejaki setiap jengkal eksotisme Bali hanya dalam hitungan hari.
Ada banyak hal yang ditawarkan Pulau Seribu Pura ini. Pantai, pura, museum, tempat makan, dan masih banyak lainnya.
Agar perjalanan Kamu dalam waktu yang terbatas dapat berkesan dan memuaskan, ada dua opsi yang dapat Kamu pilih: mengeksplorasi Bali berdasarkan wilayahnya—seperti menjelajahi dan mengupas tuntas wilayah Ubud-Gianyar, atau menjelajahinya berdasarkan jenis wisata yang diinginkan misalnya wisata pantai, wisata kuliner, atau wisata budayanya .

Di Mana Harus Menginap?


Pertanyaan ini tentu sebaiknya disesuaikan dengan destinasi yang Kamu pilih. Jika Kamu memilih Kuta sebagai destinasi utama, Kamu bisa memilih penginapan yang berada di sekitar sana.
Di kawasan ini, Kamu tidak perlu bingung. Berbagai kelas penginapan dengan kisaran harga yang bervariasi, berjajar di sepanjang jalan, .
Jika destinasi wisata Kamu terpencar, ada baiknya Kamu mencari penginapan yang terletak di antara keduanya. Ada banyak penginapan yang tersedia di kawasan Denpasar, salah satunya Harris Hotel Bali.
Selain letaknya yang strategis di Kota Denpasar, fasilitas dan harga yang ditawarkan pun sangat menarik. Untuk penawaran terbaik, Kamu bisa memesan kamar di Harris Hotel Bali via Traveloka.
 Adakah Waktu Tertentu yang Sebaiknya Dipilih?
 
Bali tetap ramai sepanjang tahun, kecuali pada saat Nyepi. Saat hari raya ini, seluruh umat Hindu di Bali harus melakukan empat pantangan yang dikenal dengan sebutan Catur Brata Penyepian.
Mereka tidak diperkenankan untuk menyalakan api, bekerja, bepergian, dan menikmati hiburan. Dengan demikian, tentu pulau ini akan menjadi lengang dan sepi.
Sebaiknyanya,hindari berpelesir ke Bali saat musim liburan. Turis domestik–khususnya anak sekolah–biasanya kerap menjadikan periode liburan untuk berwisata ke Bali dengan rombongan menggunakan bus.
Selain itu, hindari pula saat musim dan cuaca sedang buruk. Selain penerbangan dan penyeberangan yang kerap terganggu, Kamu juga tentu ingin menikmati Bali di bawah hangatnya terik mentari, bukan?
 Apa yang Harus Diperhatikan dan Dipersiapkan?


Source: puttingmetogether.stfi.re
1.     Memilih tempat makan
Bagi wisatawan muslim khususnya, Kamu harus dapat lebih jeli dalam memilih tempat makan. Seperti yang kita tahu, penduduk mayoritas Bali tidak memeluk agam Islam, dan wisatawan yang datang pun beragam. Namun tenang, tidak sedikit rumah makan yang menyediakan masakan halal–Kamu hanya perlu lebih cermat dan mau bertanya.
2.     Jangan menginjak banten
Kamu akan menemukan banyak banten di Bali. Banten merupakan sajen yang diwadahi oleh janur dan biasa diletakkan di pintu masuk atau jalan-jalan yang sering dilalui orang. Untuk itu, perhatikan langkah Kamu selama menjajaki tanah Bali.
Lantas bagaimana jika terlanjur menginjak? Jika Kamu menginjak banten di depan pemilik tempat atau warga sekitar, Kamu sebaiknya segera berkata maaf. Namun tentu saja, Kamu tidak sebaiknya dengan sengaja menginjak banten.
3.     Sesuaikan busana dengan destinasi tujuan
Tidak masalah jika Kamu berpakaian terbuka saat mengunjungi pantai atau objek wisata alam terbuka lainnya. Namun jika tujuan Kamu adalah objek wisata yang disakralkan, seperti Pura Uluwatu, Pura Besakih, dan semacamnya, Kamu harus menghormati dan mengikuti aturan. Kamu dapat menggunakan kain untuk menutup bagian yang terbuka.
4.     Sewa sepeda motor
Cara terbaik untuk menikmati Bali adalah dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda motor. Apabila lokasi wisata dan tempat Kamu menginap tidak terlalu jauh, Kamu bisa berjalan kaki. Namun apabila jarak penginapan dan objek wisata tujuan atau jarak antardestinasi cukup jauh, Kamu bisa menyewa sepeda motor.
Selain lebih cepat, tentu akan lebih hemat dibandingkan harus menggunakan taksi atau menyewa mobil. Jangan lupa untuk mencari informasi lebih dulu mengenai harga sewa dan jangan takut untuk menawar.
5.     Cari penginapan tanpa over budget
Sesuaikan penginapan dengan anggaran yang dimiliki. Pkamui-pkamuilah menyusun rencana perjalanan dan anggaran. Terutama jika Kamu berkunjung untuk beberapa hari, pilihlah penginapan dengan harga yang tidak terlalu tinggi namun tetap nyaman dan apik, seperti Harris Hotel Bali.
Itulah beberapa tips mendasar bagi Kamu yang akan mendatangi Bali untuk kali pertama. Semoga membantu dan happy traveling!

4 comments:

  1. dooh aku blm pernah ke Bali nih

    ReplyDelete
  2. Boleh juga ni. In Sha Allah bulan dpn ke Bali

    ReplyDelete
  3. Artikel yang sangat bagus untuk dibaca! Salam Kenal!
    freddygunawan.com

    ReplyDelete
  4. Bali memang serba indah tempat2 wisatanya. yoookk Noofa dan Nooha ajak budhe kesana yaaaa....

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)