header cah kesesi ayu tea

Menjadi Blogger yang Berkualitas

Menjadi blogger sesungguhnya bukan cita-cita saya, namun melalui dunia blogger pula akhirnya saya sadar bahwa apa yang aya dapatkan hingga saat ini tidak bisa dilepaskan dari sebuah kata yaitu “Blogger”. Blogger adalah sebuah sebuatn bagi mereka yang gemar menulis di sebuah blog. Dunia yang berkaitan erat dengan tulis-menulis ini mulai Saya kenal pada tahun 2009. Kemudian mulai aktif antara tahun 2010-2011, dan mulai mengenal dan bergabung dengan berbagai komunitas blogger mulai tahun 2012 hingga sekarang.

Banyak sekali ilmu, pengetahuan, wawasan, pengalaman, teman, saudara dan juga networking yang saya dapatkan dari dunia blogger. Bahkan menjadi seorang blogger bukan hanya sekedar menjadi hobby semata melainkan sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan saya saat ini. Bisa dibilang, menjadi blogger adalah pekerjaan utama kedua Saya setelah menjadi seorang dosen tetap di kampus Universitas Islam Negeri KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

Harus diakui bahwa menjadi seorang blogger saat ini banyak sekali digandrungi oleh generasi old maupun Z, bukan hanya sebagai sebuah hobi semata, melainkan sudah menjadi sebuah profesi tetap bagi seseorang. Apalagi pekerjaan menjadi seorang blogger ini tidak terikat ruang dan waktu sebagaimana pegawai kantoran, pekerja pabrik maupun pekerjaan dinas yang terikat dengan aturan yang ketat.

Bahkan banyak blogger yang sudah sukses saat ini sebenarnya adalah alumni-alumni yang sebelumnya berprofesi sebagai pegawai negeri sipil (PNS), pegawai kantoran, maupun pegawai-pegawai lain yang terikat dengan berbagai aturan dan kontrak yang akhirnya memilih resign dan kemudian beralih menjadi seorang blogger karena lebih bebas dalam bekerja kapan saja, dimana saja bahkan sambil rebahan di atas kasur pun bisa dilakukan namun dapat menghasilkan pundi-pundi uang yang tidak sedikit.

Menjadi seorang blogger saat ini memang bisa dijadikan pilihan bagi kalian yang ingin punya pekerjaan namun pekerjaan tersebut bisa dilakukan di rumah bahkan sambil rebahan. Karena kenyataan di lapangan membuktikan bahwa banyak orang sukses saat ini yang berangkat dari seseorang menjadi blogger, sebut saja artis terkenal Raditya Dika. Meskipun saat ini Raditya Dika lebih dikenal sebagai artis dari jalur stand up comedy, namun sesungguhnya Raditya bisa sesukses sekarang berawal dari kesuksesannya menjadi seorang blogger.



Menjadi blogger yang sukses tentu bukan perkara yang mudah dan tidak bisa didapatkan secara instan. Ada beberapa tahapan yang perlu dilalui agar seseorang bisa menjadi blogger yang sukses seperti Raditya Dika. Namun jika benar-benar ingin menjadikan blogger sebagai sebuah profesi utama, maka yang harus kita lakukan bukan hanya sekadar menulis lalu diposting di blog dan selesai begitu saja. Kita harus mengelola blog kita sebaik mungkin dengan platform, fokus dan tujuan yang jelas. Blog harus kita jadikan sebuah aset dan apapaun yang kita tulis di dalamnya harus menjadi sebuah produk yang memiliki nilai jual tinggi sehingga akan disukai oleh pengunjung blog kita.

Blogger yang berkualitas

Menjadi blogger yang sukses tentu tidak mudah dan tidak sesederhana yang kita lihat. Tentu ada banyak hal yang perlu dilakukan untuk mencapai kesuksesan tersebut. Bagi saya sendiri blogger yang sukses adalah blogger yang memiliki kualitas. Untuk menjadi seorang yang blogger yang berkualitas, paling tidak harus memenuhi beberapa kriteria. Diantara ciri blogger yang berkualitas adalah sebagai berikut:

Pertama, Meningkatkan pengetahuan. Seorang blogger dikatakan berkualitas manakali ia senantiasa mau meningkatkan pengetahuan yang ia miliki. Merasa bodoh dan terus ingin belajar, rajin membaca serta senantiasa mengikuti berbagai kegiatan dan sharing ilmu dengan berbagai komunitas blogger merupakan salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan seorang blogger.

Bukan hanya itu saja, seorang blogger yang mau terus belajar hal-hal baru baik itu melalui teman blogger, sumber media cetak maupun media online tentu akan mendapatkan tambahan pengetahuan dan referensi yang banyak untuk dijadikan bahan tulisan di blog.

Kedua, meningkatkan kemampuan. Senantiasa mengasah skill dalam menulis merupakan salah satu cara terbaik untuk menjadi blogger yang berkualitas. Untuk mendapatkan tulisan yang baik tentu harus dibarengi dengan mau membaca, mencari berbagai referensi serta mau berdiskusi dan sharing dengan teman-teman blogger yang lain.

Hal tersebut sangat berguna bagi seorang blogger untuk mendapatkan banyak bahan dalam membuat tulisan di blog. Selain itu, skill menulis akan semakin terasah apabila seorang blogger mau produktif dalam menulis. Kuncinya adalah konsisten dalam menulis, jika itu dilakukan maka tentu akan memunculkan ide-ide kreatif dalam produk tulisan yang dilahirkan oleh seorang blogger.

Ketiga, meningkatkan sikap profesional. Sebagai seorang blogger sikap profesional menjadi salah satu prinsip yang harus senantiasa dipegang dalam menekuni dunia blogger. Sikap profesional tersebut bisa ditunjukkan ketika seorang blogger menjalin kerjasama dengan pihak lain yang membutuhkan jasa blogger.

Contoh kecil adalah ketika seorang blogger kerjasama pihak lain dalam hal conten placement dimana seorang blogger diminta untuk menulis, atau hanya sekedar untuk memposting sebuah tulisan yang sudah disediakan dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan. Dalam hal tersebut hendaknya seorang blogger yang sudha menerima kontrak kerjasama harus melakukan sesuai dengan ketentuan yang disepakati sebagai wujud keprofesionalan seorang blogger.

Bukan hanya itu saja, blogger yang profesional biasanya memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik sehingga memudahkan dalam membangun sebuah jaringan. Jika semua itu sudah dimiliki oleh seorang blogger, maka dengan sendirinya berbagai manfaat dan keuntungan bisa didapatkan, baik itu melalui endorse, iklan, afiliasi, jasa dan lain sebagainya. Intinya jika ingin menjadi blogger yang sukses, maka kuncinya adalah menjadi blogger yang berkualitas.

Gabunglah dengan Komunitas Blogger

Lebih diakui sebagai seorang blogger juga bisa ditunjukkan dengan bergabungnya kita dengan komunitas. di Indonesia sendiri sudah ada beberapa komunitas yang beranggotakan seorang blogger, nah saya sendiri bergabung dengan Komunitas Bloggercrony Indonesia. Komunitas Bloggercrony memfasilitasi blogger Indonesia mengembangkan kualitas dirinya, membangun jejaring positif, meningkatkan produktivitas dengan menciptakan tulisan/konten yang informatif, bermanfaat dan inspiratif, serta berdaya mandiri dan profesional.

Bloggercrony pada tahun ini sudah berusia 8 tahun, setiap tahunnya Bloggercrony selalu mengadakan Bloggerday untuk merayakan ulang tahunnya. beruntung sekali setiap tahunnya saya juga bisa menjadi peserta Bloggerday, artinya saya makin semangat dan punya rasa memiliki yang besar. Skill Set atau Skill Set up menjadi salah satu jargon pada Bloggerday tahun ini. Saya ikut yang online karena qodarullah saya diberi musibah kecelekaan dan harus pasang pen di tulang kaki saya yang hampir patah.


Namun walau kondisi seperti ini saya tetep semangat mengikuti rangkaian acara walau tetep saya tidak bisa maksimal karena di rumah sakit. Harapannya semoga saya bisa terus menyebar manfaat dengan orang lain dan Komunitas Bloggercrony bisa terus mengudara dan jaya. Saya suka sekali dengan komunitas Bloggercrony karena saya sendiri sangat merasa sangat dirangkul banget oleh founder. Bloggerday ke 8th ini ada dilaksanakan secara hybrid, online dan offline. Yang online by zoom, sedangkan yang offline ngadain funcamp, seru banget sih bener-bener bisa menyebarkan virus positive buat semua membernya. Sukses terus ya BCC, semoga makin solid. Yang ingin gabung bisa kepoin dulu dan follow akun IG dan twitternya @bloggercrony ya...
Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment