header cah kesesi ayu tea

Hobi yang Menghasilkan

Salah satu pertanyaan saat di sekolah Ketika perkenalan selain nama dan cita-cita adalah hobi. Pak guru atau ibu guru menanyakan apa hobi murid-muridnya saat perkenalan, dan bahkan perihal hobi ini masuk dalam salah satu tema pelajaran di sekolah.




Hobi setiap orang berbeda-beda, seperti halnya aku saat kecil punya hobi membuat puisi dan menggambar, tapi lain dengan saat aku sekarang sudah menjadi ibu. Hahaha. Hobiku sekarang hanya mencari hiburan dengan bernyanyi. Ya! Nyanyi dan nyanyi, kaya di manapun tempatnya aku pasti nyanyi.

Hobi menyanyiku ini sepertinya emang keturunan bakat seni dari almarhum bapakku. Yang unik, aku hanya suka nyanyi lagu dangdut klasik, yaa kalau disuruh nyanyi lagu pop sih bisa, tapi nggak seniat kalau nyanyi dangdut klasik. Menurutku lirik dan nada lagu dangdut klasik ini nggak ada matinya loh, meskipun lagu-lagu tersebut sudah ada sejak aku belum lahir, tapi masih sangat relevan walau dinyanyikan jaman now kaya sekarang.

Millennials mungkin nggak tahu lagunya, tapi tahu nggak sih lagu-lagu jadul kaya gitu malah sekarang kerap dinyanyikan di kafe di remake ala-ala keroncong modern atau bahkan akapela dan akustik. Yaa tergantung pada siapa yang menikmati music tersebut, kan?

Bicara soal hobi, aku berusaha menciptakan peluang untuk menghasilkan pundi-pundi uang. Yaa,, kan enak ya, punya hobi yang menghasilkan! Sebagian orang pasti sudah banyak banget lah ya yang bisa menghasilkan uang dari hobi mereka, misal saja, ada yang hobinya melihara burung, berangkat dari hobinya tersebut, ternyata dia bisa banget berbisnis pakan burung atau semua tetek bengeknya soal per-burung-an. Hehe.. atau yang hobi mancing, ternyata bisa memanfaatkan hobinya dengan dikontenin di youtube, jadilah dia punya channel youtube mancing dengan segala trik dan tipsnya.

Lalu, apa yang aku lakukan? Karena hobiku nyanyi, jadi aku cari cuan dari nyanyiku, emang bisa???? Bisa dong.. aku nyanyinya di aplikasi smule, di sana banyak lomba nyanyi, aku ikut dan sampai menang dong!. Lumayan kalau menang dapat hadiah uang yang nominalnya bisa setengah juta.

Nah, gimana? Ternyata hobi bisa menghasilkan kan? Kalau kamu, apa hobimu?
Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment