header cah kesesi ayu tea

Wujudkan Masa Depan Cerah! Persiapkan Dana Pensiun di Reksadana Saham



Pada waktu yang akan datang, setiap orang akan menjalani masa tua yang mana pada saat itu tubuh sudah mulai melemah. Produktivitasnya pun akan menurun sehingga diperlukan dana pensiun untuk memenuhi kebutuhan. Melalui Reksadana Saham, Anda dapat mulai mengumpulkan dana pensiun sedari dini.

Peran dana pensiun sangat penting dalam memutus rantai generasi sandwich yang hingga sekarang jumlahnya semakin bertambah. Apa itu generasi sandwich? Yaitu generasi yang mengemban tanggung jawab memenuhi kebutuhan hidup orang tua dan keluarganya (anak dan istrinya). 

Tips Mempersiapkan Dana Pensiun untuk Masa Depan yang Mapan

Semua orang pasti tidak ingin merepotkan anak-anaknya di masa tuanya. Dengan mempersiapkannya di usia muda, Anda bisa mengumpulkan dana pensiun dalam jumlah yang cukup. 

Biaya hidup di masa tua cenderung lebih besar karena tubuh sudah tidak sesehat dulu sehingga membutuhkan penanganan medis yang lebih intens. Supaya Anda bisa mengumpulkan dana pensiun secara konsisten, sebaiknya simak tips berikut.

  1. Hitung Perkiraan Jumlah Dana Pensiun

Supaya Anda memiliki target jumlah dana yang jelas, maka hitunglah perkiraan jumlah biaya hidup di masa tua nanti. Jangan lupa mempertimbangkan inflasi yang akan terjadi di masa mendatang dan hitunglah secara cermat agar jumlahnya tidak kurang.

  1. Kurangi Pengeluaran untuk Gaya Hidup

Tips mengumpulkan dana darurat yang sangat penting dilakukan adalah mengurangi pengeluaran untuk gaya hidup. Mulai sekarang hindari membeli barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan. 

Contohnya membeli smartphone keluaran terbaru, membeli tas dan sepatu dan branded, membeli mobil keluaran terbaru, dan pengeluaran yang bersifat opsional lainnya.

  1. Mulai Kumpulkan Dana Secara Rutin

Sebelum mengumpulkan dana pensiun melalui Reksadana, sebaiknya Anda mengerti dulu apa itu Reksadana Saham. Selanjutnya baru Anda bisa mengumpulkan dana pokok investasinya. Caranya dengan menyisihkan sebagian pendapatan secara rutin hingga terkumpul dalam jumlah yang cukup besar. 

Dengan dana pokok investasi yang besar, Anda bisa mendapatkan potensi keuntungan yang lebih tinggi di masa mendatang. Supaya dana pokok investasi bisa segera terkumpul, mulai sekarang susunlah rencana pengeluaran setiap bulannya untuk menghindari pembelian yang bersifat impulsif.

  1. Mulai Investasi di Instrumen yang Tepat

Setelah dana pokok investasi sudah terkumpul, selanjutnya carilah instrumen investasi yang tepat untuk tujuan jangka panjang. Instrumen investasi yang dapat memberikan keuntungan maksimal dalam jangka panjang adalah Reksadana berbasis Saham. 

Jenis Reksadana satu ini menawarkan potensi keuntungan yang cukup besar, namun tingkat risikonya tinggi. Sehingga lebih efektif untuk tujuan investasi jangka panjang. Menyiapkan dana pensiun juga termasuk salah satu tujuan investasi jangka panjang (lebih dari 5 tahun) yang bisa dilakukan melalui Reksadana berbasis Saham.

Strategi dan Macam-Macam Tujuan Investasi Reksadana Saham 

Investasi tanpa diiringi pertimbangan dan strategi yang tepat akan menghasilkan keuntungan yang kurang maksimal. Oleh sebab itu, pertimbangkan dulu strategi apa yang akan Anda jalankan. Berikut ini beberapa strategi investasi Reksadana berbasis Saham yang bisa diikuti.

  • Market timing, merupakan strategi investasi yang dilakukan dengan mencari timing (waktu) yang tepat untuk membeli atau menjual Reksadana. Dengan menerapkan strategi ini, potensi keuntungannya akan lebih besar namun Anda harus jeli dan cermat dalam mencari timing yang tepat. 

  • Lump sum, merupakan strategi yang dilakukan dengan menyetorkan dana pokok investasi berjumlah besar pada satu waktu sekaligus. Cara ini bisa dilakukan jika sudah mengumpulkan dana pensiun dalam jumlah besar dan ingin mengembangkannya agar tidak terimbas inflasi.

  • Buy and hold, merupakan strategi investasi dengan cara membeli Reksadana lalu mempertahankannya dalam beberapa tahun ke depan. Ketika harganya sudah melambung tinggi, barulah akan dijual untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. 

Strategi ini membutuhkan tingkat kesabaran yang tinggi dan waktu yang lama sehingga lebih efektif untuk mengembangkan dana pensiun. 

Selain dimanfaatkan untuk mengembangkan dan meningkatkan nilai dana pensiun. Reksadana berbasis saham juga kerap kali digunakan untuk tujuan investasi lain, contohnya:

  • Mempersiapkan dana pendidikan anak (khusus di tingkat perguruan tinggi).

  • Mencari keuntungan besar dalam jangka panjang.

  • Mencapai kebebasan finansial di usia muda.

  • Memperoleh passive income.

Potensi keuntungan yang ditawarkan Reksadana berbasis Saham memang menggiurkan, namun jangan fokus pada keuntungannya saja. Anda juga harus memperhatikan risiko yang kemungkinan akan terjadi di masa mendatang. Untuk mengantisipasinya lakukan diversifikasi investasi ke beberapa instrumen agar risikonya terminimalisir. 


Persiapan Dana Pensiun Melalui Investasi Reksadana Saham di DBS Treasures

Mulai investasi dengan mudah dan aman melalui DBS Treasures untuk mempersiapkan dana pensiun sedini mungkin. Dengan menjadi Nasabah perbankan prioritas, Anda akan didukung dalam mengembangkan dana pensiun dengan cara yang tepat. 

Tidak hanya itu, ada banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan, di antaranya:

  • Bebas Khawatir karena Dikelola Manajer Investasi Profesional

Jangan ragu menjadi Nasabah DBS Treasures karena dana investasi Anda akan dikelola oleh Manajer Investasi profesional yang bermitra dengan DBS Treasures dan andal dalam meningkatkan kinerja Reksadana. 

  • Update Informasi Terkini Seputar Investasi 

Tim ahli finansial akan memberikan informasi secara proaktif mengenai kondisi pasar dan peluang investasi terbaru serta sudah sesuai aspirasi Anda, sehingga sangat berguna dalam membantu menentukan langkah investasi yang tepat dengan yakin.

  • Diversifikasi Investasi Menjadi Lebih Mudah 

Tidak hanya di Reksadana, Anda juga bisa mengembangkan sebagian dana pensiun ke produk investasi lain yang tersedia di DBS Treasures. Dengan demikian, diversifikasi investasi dapat dilakukan dengan mudah tanpa perlu berpindah platform investasi. 

  • Investasi Menjadi Lebih Fleksibel

Anda dapat melakukan berbagai aktivitas investasi dengan mudah dan praktis melalui Aplikasi digibank by DBS. Melalui aplikasi tersebut, Anda dapat melakukan pendaftaran Single Investor Identity (SID), melakukan transaksi jual-beli Reksadana, hingga switching investasi dengan fleksibel. 

Segera daftarkan diri menjadi Nasabah DBS Treasures untuk mendapatkan kemudahan di atas. Mulai kembangkan dana pensiun Anda dengan berinvestasi di Reksadana Saham sekarang! Informasi lebih lanjut dapat Anda lihat di sini.

Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment