header cah kesesi ayu tea

Teknik Brainstorming dan Manfaat Melakukan Brainstorming

Kira-kira apasih cara yang paling baik saat melakukan Brainstorming? Saat ini sudah banyak sekali aturan dasar yang memiliki banyak makna yang cukup efektif, selain itu sudah banyak juga fasilitator yang menggunkan lebih dari satu teknik brainstorming. Hal tersebut bertujuan supaya nanti kreatifitas bisa tetap mengalir dan mendukung adanya kebebasan dalam berekspresi dan juga berfikir. Berikut ini adalah teknik yang di gunakan dalam Brainstorming:

Mind Mapping

Mind Mapping ini merupakan sebuah alat visual yang bisa membantu untuk meningkatkan proses dalam Brainstorming. Dalam teknik ini Anda akan membuat sebuah gambaran dalam sebuah hubungandari ide yang muncul. Caranya bisa dengan menulis goal dan juga tantangann lalu di lanjutkan dengan memikirkan mengenai masalah yang ada. Sedikit demi sedikit lengkapi peta yang Anda miliki supaya Anda ini bisa melihat secara visual untuk conto masalah dan untuk berkontribusi dalam penyelesaian masalah. Saat ini Anda sudah sangat mudah dalam menemukan software mind mapping untuk memudahkan Anda dalam melakukan Brainstorming.

Brainstorming Terbalik

Jika Brainstorming biasa akan meminta para anggotanya untuk menyelesaikan sebuah masalah, sedangkan untuk Brainstorming terabalik para anggota ini akan di minta untuk membuat sebuah permasalah. Semuanya di mulai dengan kemapa hal ini bisa terjadi, jika sudah maka Anda harus mencari sebuah strategi untuk menyelesaikannya.

Gap Filling

Untuk teknik yang satu ini akan di mulai dengan sebuah pertanyaan seperti dimana Anda berada, lalu tulislah kemana tujuan Anda ingin berada. Lalu bagaimana cara untuk Anda mengisi celah Anda untuk mencapai tujuan Anda? Anda ini pastinya akan menjawab dengan berbagai cara dari mulai jawaban yang umum. Jika sudah di kumpulkan maka kembangkanlan supaya bisa menjadi sebuah visi dan menimbulkan sebuah tindakan.

Analisis Penggerak

Hal ini di lakukan dengan cara menemukan penggerak yang ada di belakang masalah yang sedang Anda selesaikan. Lalu apakah hal ini bisa menurukan loyalitas? Lalu bagaimana cara untuk menggerakan kompetisi? Jika Anda ini sudah bisa menangkap bagaimana penggerakannya maka Anda ini bisa mendapatkan kilasan solusi yang cukup mungkin dipakai.

Analisis SWOT

Hal yang satu ini bertujuan untuk mengidentifikasi dari ancaman sebuah organisasi, peluang, kelemahan, dan juga kekuatan. Teknik yang satu ini biasanya akan di pakai untuk mengetahui apa sebuah usaha atau project ini cukup layak untuk di ambil. Saat melakukan Brainstorming hal ini juga cukup penting untuk mengetahui mengenai analisis kolaboratif. Jika teknik yang satu ini sudah di terapkan maka bisa membua ide yang baru muncul.

Manfaat Brainstorming



Mempermudah Proses Analisis Masalah

Brainstorming ini bisa membuat para anggota melakukan diskusi untuk mengatasi masalah yang ada dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Proses yang satu ini bisa membuat para anggota jadi bisa menganalisi masalah apa yang sebenarnya sedang terjadi dan bagaimana cara untuk mengatasinya.

Mempermudah Pengumpulan Ide

Brainstorming juga bisa membuat pengumpulan ide jadi lebih mudah. Saat melakan Brainstorming semua anggota ini bisa mengeluarkan ide yang mereka punya dengan lebih cepat. Bukan hanya itu mengumpulkan ide ini juga di rasa lebih bebas dan tidak akan takut untuk di kritik.

Memperoleh Solusi untuk Memecahkan Masalah

Jika ide- ide sudah muncul kemudian lakukan lagi analisis mengenai gagasan yang sudah ada, jika gagasannya sudah ada maka memecahkan masalah jadi lebih enak karena semua idenya sudah terkumpul.

Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment