header cah kesesi ayu tea

Cara Membersihkan Lidah Putih Pada Bayi Akibat Sisa Susu Menumpuk Dan Sariawan

Cara Membersihkan Lidah Putih Pada Bayi Akibat Sisa Susu Menumpuk Dan Sariawan


Bunda mungkin pernah kan mendapati lidah bayi Bunda berwarna putih? Perubahan warna pada lidah si kecil yang biasanya berwarna merah cerah tersebut memang tak jarang akan membuat Bunda khawatir.

Tenang, sebenarnya Bunda tak perlu cemas. Terdapat beberapa alasan yang membuat lidah bayi putih seperti misalnya karena sariawan atau sisa susu yang menumpuk. Lantas, bagaimana cara membersihkan lidah putih pada bayi?

Berikut ini akan dijelaskan cara membersihkan lidah putih pada bayi karena sisa susu yang menumpuk dan sariawan :

Cara Membersihkan Lidah Putih Pada Bayi Karena Sisa Susu Yang Menumpuk

Sebagaimana dilansir dari Medical News Today, lidah putih pada bayi mudah terbentuk akibat penumpukan sisa atau residu susu. Terjadinya penumpukan sisa susu di lidah bayi merupakan hal wajar karena bayi belum bisa memproduksi banyak air liur hingga usia empat bulan.

Semakin sedikit air liur tentunya akan menyulitkan sisa susu yang menumpuk di mulut bayi untuk larut. Jadi, bagaimana cara membersihkan lidah putih pada bayi akibat residu susu?

Caranya cukup mudah, kamu tinggal memanfaatkan kain lembab. Pertama – tama, cuci tangan terlebih dahulu dengan sabun dan air mengalir. Setelah itu, siapkan lap atau handuk kecil bersih, lalu basahi dengan air hangat. Kemudian, seka bagian lidah putih dengan kain lembab yang sudah siapkan tadi secara perlahan – lahan hingga bersih.

Selain itu, Bunda juga bisa menggunakan alat pembersih lidah khusus untuk bayi. Namun, pastikan Bunda membersihkan terlebih dahulu alat tersebut sebelum digunakan dan tangan Bunda harus dalam kondisi bersih.

Namun, jika lidah si kecil masih tetap putih meski sudah dibersihkan, maka kemungkinan kondisi tersebut bukan karena residu susu namun berasal dari sariawan.

Cara Membersihkan Lidah Putih Pada Bayi Karena Sariawan

Sebagaimana dilansir dari Healthline, sariawan pada bayi bisa terbentuk di area bibir, lidah, atau pipi bagian dalam. Sariawan di area mulut bayi jamak ditandai dengan adanya gejala lidah putih. Selain di bagian lidah, lapisan putih yang menyerupai keju juga akan terlihat di bagian dalam pipi. Biasanya kondisi tersebut akan membuat si kecil rewel dan emoh menyusu.

Adapun penyebab sariawan pada bayi bisa terjadi akibat infeksi jamur candida. Daya tahan tubuh si kecil yang masih lemah membuatnya lebih rentan terkena infeksi. Selain itu, sariawan yang dialami bayi juga bisa muncul dari puting ibu menyusui. Pada saat proses menyusui, ibu dan bayi bisa saling menularkan sariawan.

Gejala sariawan di puting ibu menyusui ini mulai dari nyeri pada puting, putting lecet dan gatal, hingga payudara pegal setelah menyusui. Lantas, bagaimana cara membersihkan lidah putih pada bayi akibat sariawan?

Caranya mudah, Bunda cukup siapkan obat krim antijamur. Kemudian, oleskan salep tersebut di sekitar puting susu setelah menyusui. Jangan lupa untuk membersihkan terlebih dahulu sisa salep atau krim antijamur yang tersisa di puting sebelum menyusui kembali.

Biasanya, dokter juga akan memberikan resep obat antijamur cair atau gel ke lidah putih bayi. Nah, agar obat bisa bekerja dengan optimal, usahakan bayi diberi jeda satu jam sebelum menyusu.

Agar infeksi tidak saling menular antara ibu dan bayi, jika memungkinkan usahakan bayi diberi ASI dari botol sementara selama penyakit belum sembuh. Namun, jika lidah putih pada bayi akibat sariawan tidak kunjung sembuh atau bahkan penyakit semakin parah segera konsultasikan dengan dokter.
Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment