header cah kesesi ayu tea

Kumpulan Doa Bagi Jenazah Laki- laki dan Perempuan

Assalamu'alaikum, 

Sholat jenazah ini merupakan sebuah rangkaian ibadah yang di lakukan saat ada seorang muslim yang meninggal. Sholat jenazah ini memiliki hukum fardhu kifayah atau wajib. Jika Anda sudah mengerjakann sholat ini maka kewajian tersebut untuk yang lainnya gugur.

Nabi Muhammad SAW menyatakan kewajiban untuk sholat jenazah melalui hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Dawud, Ibnu Hibban, Baihaqi dan Imam Malik. Hadits ini asalnya dari Abu Hurairah RA, yang berbunyi “Sesungguhnya Rasulullah SAW memberitahu kepada manusia atas kematian Najasyi pada hari di mana dia meninggal, kemudian beliau keluar bersama mereka ke musholla, lalu sholat dan bertakbir dengan empat kali takbir.” (HR. Imam Muslim, Dawud, Ibnu Hibban, Baihaqi dan Imam Malik).


Selain itu ada juga hadist lainnya yang menjelaskan mengenai amalan dari sholat jenazah, hadist ini bunyinya Barang siapa yang menyalati jenazah, maka ia mendapatkan satu qirath. Jika ia menghadiri penguburannya, maka ia mendapatkan dua qirath. Satu qirath sama dengan Gunung Uhud.” (HR. Muslim). Dari hadist di atas apabila seorang muslim melakukan sholat jenazah maka bisa mendapatkan pahala sebesar gunung Uhud.

Bacaan Doa Sholat Jenazah Laki- laki

“Allahumaghfirlahu warhamhu wa'aafihi wa'fu 'anhu wa akrim nuzulahuu wawasi' madkholahu wa aghsilhu bil maai watsalji wa baradi wa naqqihi minal khothooyaa kamaa yunaqqo tsaubul abyadhu mina dannasi wa abdilhu daaron khoiron min daarihi wa ahlan khoiran min ahlihi wazaujan khoiran min zaujihii waqihi fitnatal qabri wa 'adzaabin naari. Allahumaj'alhu qabrahuu raudhotan min riyadhil jannah walaa taj'alhu hufrotin min hufrin niiraani.”
Artinya: “Ya Allah, ampunilah dia, sayangi, afiatkan dan maafkan kesalahannya. Muliakan tempat turunnya, luaskan tempat masuknya, sucikan dia dari kesalahan-kesalahannya, sebagaimana baju putih yang disucikan dari kotoran. Mandikan dia dengan air, es dan embun. Gantikan rumahnya dengan rumah yang lebih baik, keluarganya dengan keluarga yang lebih baik, istri atau suaminya dengan istri atau suami yang lebih baik, masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dia dari siksaan kubur – atau dari siksaan neraka. Ya Allah, jadikanlah kuburnya taman di antara taman-taman surga dan jangan jadikan liang dari lubang-lubang neraka.”


“Allahumaghfirlaha warkhamha wa'aafihaa wa'fu'anhaa wa akrim nuzulaha wawasi' madkholaha wa aghsilha bilmaai watstalji wal barodi wanaqqihaa minal khothooya kamaa yunaqqotstaubul abyadhu minaddanasi. Allahumma abdilhaa khiron min daariha wa jaaran khoiron min jaarihaa wazauwjan khoiron min zaujiha wa ahlan khoiron min ahlihaa wa adkhilhaal jannata wa'aidzhaa min 'adzaabil qabri wa min 'adzzbinnaari.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dia, sayangi, afiatkan dan maafkan kesalahannya. Muliakan tempat turunnya, luaskan tempat masuknya, sucikan dia dari kesalahan-kesalahannya, sebagaimana baju putih yang disucikan dari kotoran. Mandikan dia dengan air, es dan embun. Gantikan rumahnya dengan rumah yang lebih baik, keluarganya dengan keluarga yang lebih baik, istri atau suaminya dengan istri atau suami yang lebih baik, masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dia dari siksaan kubur – atau dari siksaan neraka”

Doa Setelah Sholat Jenazah Wafat

“Allahummaghfirli hayyina wa mayyitina wa shahidina wa ghaibina wa dhakarina wa unthana wa saghirina wa kabirina. Allahumma, man ahyaytahu minna fa ahyihi alal islam wa man tawaffaytahu minna fa tawaffahu alal iman. Allahumma laa tahrimna ajrahu walaa tudhilluna ba'dahu"

Artinya: “Ya Allah, ampunilah kami yang masih hidup, yang telah meninggal dari kami, yang masih ada, yang telah tiada, anak kecil kami, orang tua kami, lelaki kami, perempuan kami. Ya Allah, siapa saja yang Engkau hidupkan dari kami, maka hidupkanlah di atas Islam, dan siapa saja yang Engkau wafatkan dari kami, maka wafatkanlah di atas iman. Ya Allah, janganlah Engkau haramkan bagi kami pahalanya, dan janganlah Engkau sesatkan kami sepeninggalnya.”
Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment