header cah kesesi ayu tea

7 Tahun BloggerCrony Community; Berbagi Tiada Henti

Blogger, satu kata yang saat ini sudah menjadi bagian dari perjalanan hidupku. Ya, saat ini selain sebagai seorang pengajar di salah satu universitas Islam Negeri di Pekalongan, Aku juga masih tetap happy menjalani hari-hariku menjadi seorang blogger. Melalui aktivitas ini pula, aku bisa menyalurkan hobby menulisku tentang berbagai tema, cerita hidup maupun menulis dan mereview berbagai produk (endors).

Semua kujalani dengan penuh riang gembira tanpa ada kata lelah dan bosa. Kenapa? karena bagiku menjadi blogger adalah salah satu aktivitas yang memiliki banyak sekali manfaat, mulai dari bertambahnya teman, sahabat dan saudara, bertambahnya ilmu, wawasan dan berbagai pengetahuan. Selain itu, melalui sarana menjadi blogger pula Aku mendapatkan berbagai rejeki tidak hanya berupa uang, barang tetapi juga koneksi yang tentu saja sangat bermanfaat dan berharga.

Ngomong soal blogger, tentu saja tidak bisa lepas daridari yang namanya komunitas blogger. Ya, melalui komunitas blogger itulah Aku mendapatkan banyak sekali keuntungan sebagaimana yang kutulis di atas. Melalui berbagai komunitas blogger ini pula Aku semakin tahu bahwa banyak sekali hal-hal yang belum Aku ketahui, Aku harus banyak belajar dari teman-teman blogger lain yang tersebar di seluruh Indonesia.

Diantara komunitas Blogger yang telah aku ikuti adalah, Komunitas Blogger Pekalongan (KBP), Kumpulan Emak Blogger (KEB), Ibu-Ibu Doyan Nulis (IDN), Gandjel Rel, Warung Blogger, Blogger Crony Community (BCC), dan beberapa komunitas blogger lainnya. Nah, kali ini aku mau bercerita tentang salah satu komunitas blogger yang lagi ngehits nih, yaitu Bloggercrony Community (BCC) yang didirikan oleh mbak Wardah Fajri (Wawa).

Jika menilik dari profil BloggerCrony sendiri di situsnya kita akan tahu bahwa BloggerCrony adalah komunitas blogger Indonesia, multiplatform, yang berdiri 24 Februari 2015 berbasis di Jakarta. BloggerCrony lahir merespons dinamika dan perkembangan blogging dan pertumbuhan blogger. Komunitas blogger ini juga lahir untuk memberikan alternatif kepada blogger yang membutuhkan komunitas untuk mewadahi dan memfasilitasi teman-teman blogger mengembangkan kualitas dirinya (capacity building), membangun jejaring yang dapat membuatnya bertumbuh (networking), dan berkegiatan khusus untuk blogger agar dapat memproduksi tulisan-tulisan yang informatif, bermanfaat dan inspiratif bahkan membuatnya berdaya secara moral dan material (Empowering). Mau tau lebih tentang Bloggercrony bisa baca di sini.

Yupz, Aku adalah bagian dari komunitas blogger kece ini Bloggercrony Community (BCC). Kurang lebih sudah sekitar 5 tahunan sejak 2017 lalu aku gabung dengan BCC dan sudah banyak sekali ilmu, wawasan serta banyak sekali pengalaman berharga yang Aku dapatkan dari komunitas ini. Tak ketinggalan pula anggota dari komunitas BCC merupakan pribadi-pribadi yang keren, baik serta nyedulur (seperti saudara). Ibaratnya anggota BCC adalah saudara meskipun beda ayah dan ibu serta jauh namun terasa dekat karena sering memberikan perhatian dan kasih sayang dengan tulus.

Menjadi bagian dari komunitas BCC merupakan suatu kebanggaan tersendiri buat Aku. Betapa tidak Aku yang berasal dari kota kecil di provinsi Jawa Tengah tepatnya di Kabupaten Pekalongan diterima dengan baik di dalam komunitas yang berisikan orang-orang hebat dengan latar belakang yang sangat membanggakan. Mulai dari praktisi pendidikan, praktisi hukum, praktisi kesehatan, interprenuer, wiraswatswan dan lain sebagainya. Boleh dibilang para anggota BCC sangat komplit dengan kelebihan masing-masing.

Pengalaman Berkesan



Salah satu pengalaman yang berkesan yang Aku dapatkan dari BCC adalah saat Aku mengikuti rangkaian ulang tahun ke 4 komunitas BBC di Bandung tahun 2019 yang lalu. Event yang digelar dengan tajuk Bloggerday ke 3 menjadi salah satu moment yang tak akan pernah Aku lupakan dalam hidup ini. Acara yang dipusatkan di kota Kembang Bandung tersebut tidak hanya menjadi moment rekreasi tetapi juga moment dimana para member BCC atau yang lebih hits disebut sebagai Squad BBC bisa belajar bersama melalui workshop menulis dan juga workhsop stress manajemen.

Jujur saja moment ultah BCC di Bandung merupakan satu pengalaman berkesan bagiku secara pribadi sebagai anggota BCC. Aku bisa berkunjung di Trans Studio Bandung dan juga bisa mengikuti workshop menulis cepat serta workshop stress manajemen di hotel Crowne Plaza Bandung. Boleh dibilang acara ultah BBC ke 4 di Bandung adalah acara belajar sekaligus acara tamasya yang sangat berkesan. Bukan hanya itu saja lho, moment tersebut juga merupakan sarana bertemu dan mempererat tali silaturrahmi antara member/anggota/squad BBC. Pokoknya menyenangkan dan bahagia sekali bisa mengikuti acara keren tersebut.

Selain pengalaman di atas, ada satu pengalaman yang sangat berkesan terkait dengan Bloggercrony, yaitu program utama dari bloggercrony: Blogger Care. Program ini adalah program donasi atau menyalurkan donasi dari blogger kepada blogger yang membutuhkan. Jujur saja, Aku merasakan betul kepedulian dari BCC ketika Aku dan keluarga terpapar Covid-19 tahun 2021 yang lalu. Melalui program Blogger Care dari Bloggercrony tersebut menunjukkan betapa pedulinya para squad bloggercrony kepada sesama anggota kuminitas. Hal itu menujukkan bahwa Bloggercrony merupakan salah satu komunitas blogger yang memiliki kepedulian sosial yanh tinggi terhadap anggota kunitas khususnya dan kepada masyarakat Indonesia pada umumnya.



Selain dua pengalaman berkesan di atas, ada satu hal lagi yang mengesankan dari Bloggercrony yaitu rangkaian BloggerDay 2022 yang baru dihelat beberapa waktu yang lalu. Acara yang dihelat secara Hybrid dan disiaran secara langsung dari Aston Priority Simatupang Hotel Jakarta berlangsung sangat meriah dan mengesankan. Hadir 100 blogger terpilih untuk mengikuti acara tersebut. Acara selebrasi 7th Bloggercrony yang mengambil tema ScaleUpYourSkill diisi dengan berbagai kegiatan, mulai dari webinar hingga bagi-bagi hadiah bagi member BCC yang beruntung. Semoga di tahun ke 7 perjalanan Bloggercrony Community semakin membawa manfaat bagi para blogger Indonesia serta semakian maju dan jaya, amiin.
Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

1 comment

  1. semangat terus kak ngeblognya jangan kasih kendor follow juga akun saya di info cpns

    ReplyDelete

Post a Comment