header cah kesesi ayu tea

Kiat Diversifikasi, Reksadana Campuran Bisa Jadi Solusi



https://www.pexels.com/id-id/foto/pangkas-pria-tak-berwajah-yang-mengetik-di-laptop-dan-menggunakan-smartphone-5926395/

Mencapai tujuan finansial akan jauh lebih mudah jika Anda juga melakukan investasi. Pengelolaan penghasilan saja tak cukup namun dibutuhkan pula langkah investasi yang tepat. Salah satunya dengan memilih instrumen investasi reksadana yang jenisnya beragam. Bisa dalam bentuk reksadana campuran, pendapatan tetap, pasar uang, juga reksadana saham.

Diversifikasi Reksadana

Demi mengoptimalkan keuntungan reksadana, maka dibutuhkan langkah diversifikasi. Pilihan ini juga diambil untuk meminimalkan risiko kerugian yang mungkin harus ditanggung oleh investor. Berikut adalah beberapa kiat diversifikasi reksadana yang bisa dijadikan sebagai acuan:

Buat Urutan Tingkat Risiko

Ada banyak pilihan bentuk investasi, khususnya untuk instrumen reksadana. Setiap jenis investasi akan memiliki tingkat risiko yang berbeda. Cobalah untuk memahami seperti apa risikonya lalu buat urutan berdasarkan tingkat risiko masing-masing aset atau produk. Misalnya untuk risiko rendah ada reksadana pasar uang lalu risiko moderat ada reksadana campuran dan pendapatan tetap.

Jika Anda sudah berinvestasi pada produk reksadana dengan risiko rendah dan moderat maka bisa mencoba berinvestasi sebagian dana pada produk yang memiliki risiko tinggi. Contohnya adalah reksadana saham yang dikenal punya risiko tinggi. Namun tetap pastikan bahwa semua langkah diversifikasi investasi yang diambil sesuai dengan profil risiko yang dimiliki.

Pahami Setiap Bentuk Reksadana

Jangan lupa, pahami setiap bentuk produk reksadana yang ingin digunakan. Misalnya ingin melakukan diversifikasi reksadana pasar uang dengan campuran maka harus tahu cara kerjanya. Reksadana campuran adalah jenis reksadana yang dananya dialokasikan ke beberapa jenis aset, namun ada catatan porsi yang harus dipahami. Jumlah tiap aset tidak boleh lebih 79% dari total investasi di aset campuran.

Buat Alokasi Dana

Selanjutnya buatlah alokasi dana. Jika ingin melakukan diversifikasi maka secara otomatis ada beberapa jenis aset yang akan digunakan. Oleh sebab itu penting sekali bagi Anda membuat plot pengeluaran dana untuk berinvestasi di setiap aset tersebut. Buat perhitungan dulu lalu tentukan persentase yang tepat di masing-masing aset.

Misalnya 40% untuk reksadana pasar uang, lalu 30% untuk reksadana campuran dan 30% untuk reksadana pendapatan tetap. Ingat, perhitungan alokasi dana ini harus tetap sesuai dengan kondisi keuangan dan profil risiko. Selain itu harus ditentukan juga aset apa yang memiliki alokasi dana paling besar. Pastikan bahwa kemampuan finansial Anda memang mencukupi dan profil risiko Anda cocok untuk perencanaan diversifikasi investasi tersebut.

Sesuaikan dengan Tujuan Keuangan

Sebelum memulai investasi, setiap orang pasti akan menentukan tujuan keuangannya terlebih dahulu. Ingatlah tujuan finansial ini saat Anda akan melakukan diversifikasi. Temukan aset investasi yang memang bisa membantu Anda untuk mencapai tujuan keuangan tersebut. Misalnya, reksadana campuran adalah pilihan tepat karena sesuai perhitungan profitnya bisa mewujudkan tujuan Anda.

Perhatikan Rentang Waktu Investasi

Berikutnya pastikan untuk memperhatikan rentang waktu investasi yang sudah ditentukan sebelumnya. Hal ini berhubungan erat dengan tujuan investasi atau tujuan finansial yang ingin dicapai. Harus dipilih jenis aset yang rentang waktu investasinya bisa sesuai dengan tujuan Anda. Misalnya saja untuk reksadana campuran yang lebih cocok dijadikan sebagai investasi jangka menengah.

Itulah mengapa sangat penting untuk memahami cara kerja serta karakteristik setiap jenis aset investasi reksadana. Harus dipahami dengan baik cara kerjanya agar tahu aset tersebut cocok untuk investasi jangka pendek, menengah, atau panjang. Jadi Anda tidak akan salah pilih aset diversifikasi dan bisa mendapat profit optimal.


https://www.pexels.com/id-id/foto/pangkas-pria-yang-tidak-dikenali-menggunakan-laptop-dalam-kegelapan-5926397/

Aman dan Nyaman Investasi Reksadana di DBS Treasures

Anda bisa mengelola dana investasi reksadana sekaligus diversifikasinya melalui perbankan prioritas DBS Treasures. Investasi reksadana campuran maupun instrumen reksadana jenis lainnya akan jauh lebih mudah dan aman untuk dilakukan. Berikut adalah beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh DBS Treasures:

Bekerjasama dengan Manajer Investasi Profesional

Dana yang Anda investasikan bersama DBS Treasures akan dikelola oleh manajer investasi profesional. Sebagai investor, Anda bisa mempercayakan pengelolaannya pada manajer investasi yang bermitra dengan DBS Treasures. Dana yang akan dialokasikan ke reksadana campuran, pendapatan tetap, pasar uang, maupun reksadana saham akan dikelola secara efektif bersama manajer investasi.

Ada Tim Ahli Finansial sebagai Sumber Wawasan

Melalui DBS Treasures, Anda akan bertemu dengan tim ahli yang siap memberikan wawasan lengkap mengenai investasi reksadana. Reksadana campuran adalah jenis investasi yang perlu dipelajari dengan baik jika ingin dijadikan opsi diversifikasi. Bersama tim ahli dari DBS Treasures, Anda bisa memperluas wawasan sekaligus mendapat analisis dan informasi peluang investasi terkini yang dipersonalisasi serta konsisten dikomunikasikan kepada Anda.

Peluang Diversifikasi

Anda bisa mengoptimalkan profit dan meminimalkan risiko investasi dengan melakukan diversifikasi. DBS Treasures menyediakan berbagai pilihan produk reksadana untuk dijadikan strategi diversifikasi. Bisa dengan memiliki reksadana campuran sebagai aset diversifikasi atau jenis reksadana lainnya.

Dukungan Transaksi dari DBS Treasures

Anda bisa menikmati dukungan transaksi yang sangat praktis dan menguntungkan dari DBS Treasures. Tersedia Aplikasi digibank by DBS yang mendukung proses jual, beli, maupun switching aset reksadana dengan mudah. Semua ini bisa dilakukan lewat satu aplikasi saja dan bisa diakses dimanapun Anda berada.

Produk reksadana yang disediakan juga sangat beragam mulai dari reksadana campuran, pendapatan tetap, pasar uang, hingga reksadana saham. Selain itu aplikasi ini juga ramah bagi investor baru yang butuh Single Investor Identification atau SID. Registrasi SID ini dapat dilakukan di aplikasi yang sama. Tidak perlu berpindah platform atau datang ke cabang, Anda bisa mendapatkan SID melalui satu aplikasi.

Reksadana campuran memang menjadi opsi diversifikasi yang cukup menjanjikan. Namun pastikan untuk menyesuaikan profil risiko sebelum mengambil opsi ini sebagai diversifikasi reksadana. Percayakan pada DBS Treasures yang akan membantu pengelolaan dan pengembangan dana Anda agar yakin mengambil keputusan investasi.

Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment