header cah kesesi ayu tea

Pahami Pengertian Liabilitas Dalam Istilah Bisnis Dan Jenis – Jenisnya

Dalam memulai sebuah usaha tentunya anda mengetahui bahwa asset dan modal menjadi salah satu faktor terpenting yang harus dimiliki. Namun kenyataanya saat pertama kali mendirikan bisnis atau usaha terkadang para pelaku bisnis tersebut membutuhkan pinjaman modal atau hutang usaha untuk mengembangkan bisnis yang sedang dijalani agar tetap bertahan.



Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa sebenarnya hutang pinjaman tersebut disebut juga sebagai Liabilitas. Sejatinya saat perusahaan sedang membangun atau mengembangkan usaha bukan hanya asset dan modal saja yang dijadikan sebagai acuan. Melainkan ada juga hutang atau pinjaman yang dilakukan agar bisnis tetap berkembang dengan resiko kerugian yang lebih kecil.

Salah satu contoh cara berhutang yang bisa menguntungkan perusahaan kedepannya adalah dengan cara membeli barang atau jasa dari vendor lain dengan cara berhutang. Cara ini diangap cara yang paling ampuh untuk meningkatkan jumlah asset dalam waktu singkat dengan resiko kerugian yang tidak terlalu besar.

Nantinya setelah barang atau jasa tersebut digunakan barulah hasil keuntungan penjualan digunakan untuk membayar hutang yang ada atau disebut sebagai Liabilitas. Sejauh ini apakah anda sudah paham mengenai apa yang dimaksud dengan Liabilitas? Jika belum maka anda bisa menyimak rangkuman berikut ini.

Secara umum Liabilitas adalah kewajiban yang harus dipenuhi oleh perusahaan ataupu perorangan berdasarkan waktu atau kontrak yang telah ditentukan dengan cara memberikan manfaat ekonomi berupa uang, barang, maupun jasa. Jadi singkatnya Liabilitas adalah kewajiban yang harus dipenuhi seseorang atau perusahaan saat memiliki hutang atau kontrak dengan pihak lain terkait usaha yang dijalani.

Jadi sebenarnya meskipun liabilitas ini dapat meningkatkan asset yang dimiliki oleh perusahaan. Kenyataanya liabilitas ini sangat berbanding terbalik dengan asset karena liabilitas ini merupakan hutang yang harus dibayarkan ataupun dikeluarkan oleh perusahaan untuk memenuhi kewajibannya. Singkatnya asset yang dimiliki merupakan gabungan antara liabilitas dan ekuitas yang dimiliki perusahaan.

Oleh karena itu meskipun pinjaman yang dilakukan oleh sebuah perusahaan sudah berubah dalam bentuk asset tetap saja harus ada liabilitas atau kewajiban membayar hutang yang harus dipenuhi. Jadi liabilitas ini merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh perusahaan sesuai dengan perjanjian atau jatuh tempo yang ada.

Selain itu karena liabilitas ini merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan perusahaan. Sehingga apapun kondisi yang terjadi pada perusahaan liabilitas atau pinjaman yang sudah dilakukan ini harus tetap dipenuhi atau dibayar apapun kondisi yang terjadi, meskipun perusahaan harus menjual asset yang dimiliki sekalipun.

Liabilitas ini sendiri memiliki jenis – jenisnya tersendiri yang dikelompokan berdasarkan jangka waktu peminjaman dan juga pembayaran serta sifat dari kebutuhan atau urgensi dari perusahaan itu sendiri. Berikut ini mengenai penjelasan lengkapnya terkait jenis – jenis pengelompokan tersebut.

Kewajiban Lancar (Jangka Pendek)

Kewajiban lancar atau jangka pendek ini merupakan liabilitas yang biasanya memiliki waktu jatuh tempo pembayaran. Biasanya jenis liabilitas satu ini harus diselesaikan dalam jangka waktu maksimal 1 tahun dari peminjaman.

Kewajiban Tidak Lancar (Jangka Panjang)

Kewajiban tidak lancar ini merupakan liabilitas dengan waktu tenggat pembayaran normal dalam jangka waktu diatas 1 tahun. Contoh kewajiban jangka panjang ini seperti hutang obligasi atau hutang wesel jangka panjang.

Kewajiban Kontinjensi

Kewajiban yang harus dipenuhi dari likuiditas ini tergantung kepada jenis peristiwa yang terjadi pada saat itu atau di masa yang akan datang. Singkatnya liabilitas kontijensi ini merupakan gugatan atau garansi yang terjadi dan diberikan pada produk yang dijual.
Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment