header cah kesesi ayu tea

Inilah Perbedaan Antara Condominium dan Apartemen yang Perlu Diketahui

Apabila Anda sedang mencari hunian yang nyaman, maka ada dua alternatif bisa dipilih, yakni antara apartemen atau kondominium. Namun, mungkin beberapa orang masih belum memahami betul apa perbedaan di antara keduanya. Oleh karena itu, pada pembahasan kali ini akan dijelaskan mengenai perbedaan antara apartemen dan condominium sehingga kemudian Anda bisa menentukan mana paling tepat dipilih saat ini.

Pada dasarnya, keduanya tetap menawarkan hunian terbaik bagi setiap orang, terlebih harganya yang cukup terjangkau. Selain itu, biasanya bangunan tersebut terletak di lokasi strategis sehingga akan mudah mengakses berbagai fasilitas umum seperti rumah sakit, sekolah, universitas, halte, supermarket, pengisian bahan bakar, dan lain-lain.

Pengertian Kondominium

Mungkin di beberapa kesempatan Anda pernah mendengar istilah ini, apalagi ketika berbicara dalam dunia properti. Lalu, apa sebenarnya kondominium itu? Secara istilah, kondominium merupakan gabungan dari bahasa Latin, yakni Con yang berarti bersama dan Dominium berarti kepemilikan. Dari kedua istilah tersebut sudah bisa diketahui bahkan kondominium berarti kepemilikan bersama.

Namun, hal itu masih belum menjawab secara pasti mengenai wujud dari istilah tersebut. Menurut beberapa sumber, kepemilikan bersama ini mengacu pada sebuah properti yang berwujud hunian vertikal. Para pemilik kondominium biasanya akan berbagi area pada hunian tersebut seperti tempat parkir kendaraan, pusat kebugaran, kolam renang, dan lain-lain.

Fungsi Kondominium

Lantas, apakah fungsi dari kondominium? Seperti halnya dengan hunian lainnya, kondo mempunyai fungsi utama sebagai tempat tinggal pribadi. Hanya saja, tempat tinggal tersebut berada pada sebuah bangunan vertikal. Secara lebih ringkas, dapat dikatakan bahwa kondo diibaratkan sebagai tempat tinggal dengan hak penuh, namun tidak untuk fasilitas bersamanya. Selain itu, kondo juga berfungsi sebagai instrumen investasi, baik disewakan maupun diperjualbelikan.

Karakteristik Kondominium

Meskipun serupa, ada beberapa karakteristik khusus dari kondo. Karakteristik tersebut antara lain mempunyai biaya perawatan lebih rendah, biaya unit dibebankan pada penghuninya, kesempatan bersosialisasi lebih besar, dan mendapatkan rasa nyaman layaknya tinggal di rumah pribadi. Akan tetapi, biasanya juga ada beberapa aturan ketat sehingga tidak bisa dikatakan penghuni memegang kendali penuh atas bangunan tersebut.

Pengertian Apartemen

Setelah penjelasan tentang kondo, kini beralih ke pembahasan tentang apartemen. Apartemen berarti satu set tempat tinggal pada satu lantai bangunan. Akan tetapi, ada juga pendapat yang mengatakan bahwa apartemen dikategorikan sebagai unit perumahan mandiri. Artinya hanya menempati sebagian bangunan saja, namun terdiri dari kamar mandi, toilet, dapur, serta pintu depan.

Fungsi Apartemen

Fungsi utama dari apartemen adalah sebagai tempat tinggal, khususnya untuk yang membutuhkan akses cepat ke berbagai tempat publik seperti kantor, sekolah, universitas, rumah sakit, atau pusat perbelanjaan. Selain itu, apartemen juga kerap digunakan seseorang untuk meningkatkan status sosial mereka. Dengan tinggal di apartemen, maka status sosial akan terlihat jauh lebih tinggi.

Ada beberapa alasan kenapa banyak orang lebih memilih tinggal di apartemen. Selain karena lokasinya strategis, fasilitas yang diberikan juga sangat lengkap. Bahkan, untuk kelas atas terdapat fasilitas keamanan 24 jam penuh, kolam renang, akses internet, ruang parkir luas, pusat kebugaran, taman, jogging track, balkon, lobby, dan masih banyak lagi. Tentu saja ini akan membuat penghuni menjadi nyaman.

Karakteristik Apartemen

Karakteristik apartemen tentu juga berbeda jika dibandingkan kondo. Properti ini biasanya dibuat secara vertikal dan terdiri dari beberapa lantai. Kemudian, terdapat berbagai tipe dengan ukuran berbeda-beda tergantung kebutuhan penyewanya. Konstruksi bangunan juga dibuat lebih ringkas agar lebih efisien dalam melakukan perawatan.

Dari penjelasan tentang keduanya, apartemen adalah pilihan tepat jika ingin mendapatkan hunian berfasilitas lengkap dengan harga terjangkau. Di sisi lain, condominium lebih cocok dipilih apabila Anda membutuhkan tempat tinggal serasa rumah pribadi.

Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment