header cah kesesi ayu tea

Prospek dan Keuntungan Reksadana di Tahun 2022

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/pemasaran-exit-penulisan-teknologi-7413936/ 

Sudah banyak succes story para pelaku investasi di Indonesia. Sekarang saatnya giliran kamu untuk meraih kesuksesan tersebut. Kamu bisa memulainya dari jenis investasi yang mudah dijalankan, yaitu Reksadana. Keuntungan Reksadana sendiri tergolong potensial karena investasi ini minim risiko.

Untuk mendapatkan keuntungan Reksadana yang optimal, kini sudah banyak lembaga keuangan yang menyediakan produk tersebut. Bahkan juga sudah banyak yang sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Keuntungan Investasi Reksadana

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/tangan-uang-sen-koin-3943714/ 

Keuntungan Reksadana tidak hanya dari imbal hasilnya saja. Ada banyak keuntungan lain yang juga dimilikinya. Berikut apa saja keuntungan yang dimilikinya:

1.  Minim Risiko

Sampai saat ini, Reksadana tetap menjadi jenis investasi yang minim risiko. Pasalnya, investasi ini memiliki sistem diversifikasi investasi yang menempatkan dana pada beberapa produk investasi sekaligus.

Contohnya, diversifikasi Reksadana obligasi, deposito, dan saham. Artinya, semua dana milik investor akan dialokasikan pada produk-produk Reksadana tersebut agar jika salah satunya mengalami kerugian, maka masih berpeluang untung dari produk lainnya.

2.  Banyak Pilihan Produk

Keuntungan Reksadana yang lainnya yaitu terletak pada banyaknya pilihan produk yang tersedia. Kamu bisa memilih berbagai produk Reksadana sesuai dengan keinginan. Bahkan kamu juga bisa memilih-milih produk dengan tingkat risiko minim dan imbal hasil yang lumayan besar.

Keuntungannya ini menjadi bahan pertimbangan investor saat berencana berinvestasi. Di tengah kondisi ekonomi yang tidak jelas akibat pandemi Covid-19, Reksadana menjadi pilihan terbaik untuk menanamkan modal.

3.  Modal Minim

Kamu juga bisa memulai investasi dengan modal yang minim. Pasalnya, modal yang ditawarkan oleh penyedia Reksadana tidaklah besar. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan modal dengan kemampuan finansial untuk memulai berinvestasi.

Prospek dan Keuntungan Reksadana Saat Ini

Menurut sejumlah pakar investasi, prospek Reksadana, khususnya pasar uang akan tetap solid hingga tahun depan. Hingga saat ini, bahkan Reksadana menjadi instrumen investasi yang lebih menarik dan populer dibandingkan dengan deposito.

Berikut sudah kami rangkum prospeknya untuk berbagai jenis produk Reksadana yang saat ini sedang populer.

1.      Reksadana Pasar Uang

Salah satu keuntungan Reksadana yang masih tetap stabil hingga saat ini adalah pasar uang. Pasalnya, jenis Reksadana yang satu ini tidak mengutamakan imbal hasil yang setinggi-tingginya, sehingga kinerjanya tetap terjaga dan stabil.

Reksadana pasar uang juga memiliki karakteristik yang mirip dengan deposito, akan tetapi murah, imbal hasilnya tinggi, dan lebih likuid. Itulah kenapa, saat ini pasar uang menjadi Reksadana yang menjadi pilihan banyak investor.

Menurut data yang kredibel, jumlah investor Reksadana pada bulan Oktober 2021, berhasil menembus 6,1 juta. Bahkan setengahnya adalah investor Reksadana yang menempatkan dananya di pasar uang. Ini menjadi bukti bahwa instrumen tersebut menjadi salah satu produk yang banyak peminatnya.

2.  Reksadana Saham

Meskipun pasar uang menjadi pilihan yang paling populer, bukan berarti jenis Reksadana lainnya kurang diminati. Contohnya seperti saham yang tetap menjadi pilihan Reksadana dan diversifikasi bagi kebanyakan investor.

Namun, saham merupakan produk Reksadana yang memiliki tingkat risiko menengah. Bahkan beberapa manajer investasi mengkategorikannya ke dalam produk investasi dengan tingkat risiko yang tinggi.

Meski begitu, semakin tinggi risikonya, peluang untuk mendapatkan keuntungan yang besar pun semakin terbuka. Selain itu, cara menghitung keuntungan Reksadana saham pun mudah karena investor akan menerima laporan investasi dari penyedia Reksadana.

3.  Prospek Reksadana Obligasi

Selain pasar uang, obligasi merupakan pilihan Reksadana yang juga tak kalah populer. Bahkan obligasi adalah aset dasar Reksadana pendapatan tetap. Saat ini, perhatian investor sudah beralih dari tapering ke inflasi dan juga suku bunga.

Bahkan ada rencana pada tahun 2022, tepatnya setelah tapering selesai di bulan Juni mendatang, Amerika merencanakan kenaikan suku bunga. Jika hal tersebut terwujud, maka Indonesia pun akan mengambil langkah yang serupa.

Perlu kamu ketahui, menghitung keuntungan Reksadana obligasi tidak terlepas dari suku bunganya. Pasalnya, jika suku bunga turun, maka harga obligasi akan naik, Begitu juga sebaliknya, jika suku bunganya naik maka harga obligasi akan turun. Selain itu, obligasi juga dipengaruhi oleh inflasi.

Cara Meningkatkan Pendapatan Dari Reksadana  

Menghitung keuntungan Reksadana juga bisa kita lihat dari seberapa besar modal yang dikeluarkan. Karena semakin besar modal yang kamu keluarkan, maka keuntungannya pun akan semakin tinggi.

Keuntungan Reksadana bisa dihitung dengan cara menghitung jumlah dana yang kamu keluarkan sebagai modal, jangka penempatan investasi, kemudian kalikan dengan bunganya. Semakin besar dan semakin lama jangkanya, maka akan semakin tinggi keuntungannya.

Keuntungan Reksadana di Aplikasi digibank by DBS

Berencana untuk berinvestasi Reksadana? Aplikasi digibank by DBS bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena di aplikasi ini, kamu bisa berinvestasi Reksadana secara mudah, aman dan terpercaya.

Berikut apa saja keuntungan yang menjadi kelebihan Reksadana dari aplikasi digibank by DBS.

  • Terdapat 50 lebih produk Reksadana yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan dan tingkat risiko yang berbeda-beda.

  • Proses daftar SID, jual, beli, dan switch Reksadana bisa kamu lakukan langsung melalui aplikasi.

  • Investasi Reksadana bisa kamu mulai dengan modal minimum Rp100.000.

  • Pembelian berkala yang fleksibel.

  • Menyediakan 3 pilihan Reksadana terbaik yaitu Reksadana dengan kinerja terbaik, terpopuler, dan Reksadana dengan scoring terbaik.

Reksadana masih menjadi investasi yang menguntungkan. Bahkan, keuntungan Reksadana datang dari berbagai produk mulai dari pasar uang, obligasi, hingga saham. Tertarik untuk berinvestasi? Yuk, langsung pasang aplikasi digibank by DBS sekarang juga!


Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment