header cah kesesi ayu tea

Tips Tidak Stress Mengerjakan Skripsi

Setiap mahasiswa di perguruan tinggi tingkat akhir akan melalui proses membuat skripsi. Setelah mahasiswa selesai mengambil seluruh mata kuliah ditambah kewajiban menjalani program Kuliah Kerja Nyata (KKN), maka habis itu tiba saatnya mahasiswa mengerjakan tugas akhir atau biasa disebut dengan skripsi. Bagi sebagian mahasiswa mengerjakan skripsi merupakan momok yang menakutkan, serta sering membuat mahasiswa mandek karena bingung bagaimana menyelesaikan tugas akhir tersebut.

skripsi
skripsi

Sebagai mahasiswa kamu diwajibkan melakukan riset (penelitian) sebagai bahan dalam mengerjakan skripsi kamu. Banyak orang yang menilai bahwa momen mengerjakan skripsi adalah saat terberat bagi mahasiswa selama mengemban status sebagai anak kuliah. Tak sedikit pula mahasiswa yang akhirnya gagal meraih gelar sarjana karena tidak mampu menyelesaikan skripsinya. Namun, tahu gak sih kalian jika sebetulnya membuat skripsi itu tidaklah sulit. Asalkan kalian mengetahui tips dan trik menyelesaikan skripsi, maka tugas akhir tersebut bisa selesai tepat waktu.

Lalu bagaimana caranya? Berikut aku akan membagikan beberapa tips menyusun skripsi yang telah aku praktekkan saat aku menyelesaikan program Sarjana Strata Satu (S1) dan aku terapkan pula saat aku menyelesaikan tugas menyusun Tesis Program Magister (S2).
  1. Memilih tema penilitian yang kamu sukai dan kamu pahami. Hindari memilih tema sulit agar kamu tidak kesulitan dalam mengerjakan penelitian tersebut dan waktumu tidak terbuang sia-sia.
  2. Membuat deadline yang lengkap agar waktu penyusunan skripsi bisa berjalan dengan sesuai rencana. Kalau perlu disertakan pula kata-kata motivasi atau bisa juga peringatan agar kamu merasa rugi kalau menunda mengerjakan skripsi.
  3. Pilih dosen pembimbing yang bisa menunjang penyelesaian skripsi dengan mudah dan cepat. Jika dosen pembimbing diputuskan pihak kampus maka usahakan kamu meminta agar diberikan dosen pembimbing yang memiliki kemampuan dan pengetahuan mumpuni tentang tema skripsi (penelitian) yang kamu pilih serta mudah diajak komunikasi dan diskusi.
  4. Kerjakan skripsimu di tempat yang memang kondusif dan nyaman agar kamu bisa lebih konsentrasi dalam menyelesaikan skripsi. Kalau bisa sih di perpustakaan agar kamu sewaktu-waktu butuh referensi tambahan kamu bisa langsung mencarinya.
  5. Jika kamu mengalami kesulitan, jangan sungkan-sungkan untuk berkonsultasi dengan dosen pembimbing minta arahan dan bimbingan.
  6. Jangan lupa kamu juga bisa memilih teman untuk berdiskusi tentang tema penelitian kamu, siapa tahu ada masukan yang berharga dari teman-teman kamu tersebut.
  7. Kamu juga bisa datang ke acara wisuda teman atau senior agar kamu juga termotivasi agar cepat menyelesaikan skripsi dan bisa segera wisuda.
  8. Kurangi jadwal nongkrong yang nggak berfaedah, kalau mau nongkrong di kafe boleh saja asal punya target dalam diri, supaya kamu lebih fokus dalam menyelesaikan skripsi kamu. Kalau pak jokowi punya tagline, "kerja, kerja, kerja" kamu juga harus punya tagline"skripsi, skripsi, skripsi. WISUDA. Lalu kerja! Hahaha
  9. Mintalah doa sama orang tua agar kamu diberi kemudahan dalam mengerjakan skripsi. Meskipun kedua orang tua berada jauh dari kita, tapi yakinlah doa orang tua sangat manjur dan makbul.
  10. Jangan lupa pula, kamu juga harus rajin berdo'a kepada Allah, karena semua usahamu sangat tergantung dari Ridho Allah.

Me Time itu Penting

Mengerjakan skripsi pada dasarnya mudah, sama sekali tidak sulit asal ada niat. Mengerjakan skripsi bisa dalam waktu satu bulan selesai dengan catatan FOKUS!, kalau dirasa sudah panas pikirannya, nggak masalah kalau kamu melipir dulu sebentar untuk me time. Me time setiap orang beda-beda, ada yang me time nya pergi ke suatu tempat yang sepi, ada me time nya ke salon, atau me time nya main game sekedarnya yang bertujuan untuk merefresh pikirannya. J

Nah me time nya aku dulu itu main games, guys. Jadi dulu itu aku punya target, misal sekali duduk aku harus menambah halaman, misalnya satu kali duduk dalam waktu 2 jam itu aku harus menambah 5 halaman, kalau sudah target, aku biasanya save dulu lalu closed word aku dan buka solitaire untuk main games.

Solitaire.org, Game Klasik untuk Me Time

Otak yang sudah mikir keras, jangan diforsis ya guys, bolehhh banget kalau kamu kaya aku, main games online untuk me time di Solitaire.org. Game Solitaire adalah game klasik era tahun 90 dan 2000-an loh.

Situs game browser Solitaire.org ini sepenuhnya aman dan nyaman untuk digunakan ya guys. Karena ketika kalian bermain di sana, kalian tidak perlu mendaftarkan diri, login atau bahkan membayar deposit atau sejenisnya untuk bermain, semua permainnan bisa kalian mainkan dengan GRATIS!

Ngegame Dulu biar Gak Stress

Tahu gak sih bermain game juga bisa menghilangkan kepenatan akibat mikir terus. So, main games untuk menghilangkan stress itu perlu.

Oiya di Solitaire.org ini kamu bisa memainkan banyak permainan kartu yang bisa bikin kamu cerdas loh, karena di games ini punya manfaat untuk mengasah otak biar tak-tik menyusun kartunya pas. Ada beberapa game di Solitaire yang bisa kamu mainkan, di antaranya:

Solitaire Klasik

Solitaire klasik ini adalah permainan kartu yang tidak asing buat kalian kan? Game ini dulu berjaya loh waktu aku S-1. Permaian solitaire ini mengharuskan kalian untuk mengurutkan 52 kartu yang terbagi menjadi 4 jenis kartu yang berbeda yaitu Waru , Wajik, Keriting dan Hati. Kartu kartu tersebut akan diurutkan mulai dari Kartu AS, King, Queen, Jack sampai dengan kartu angka 2.

Kalau kalian belum pernah main games klasik ini, gausah bingung ya, karena pada tiap jenis permainan dijelaskan secara rinci mengenai permainan yang kalian mainkan. Mulai dari cara bermain, bahkan sampai dengan sejarah bagaimana permainan tercipta yang bisa kalian baca di webnya.

Free Cell Solitaire

Selain klasik, ada beberapa games lain yang bisa kamu eksplore di Solitaire.org loh, Free Cell salah satunya. 


freecell

Dalam permainan Free Cell ini kamu akan melihat empat ruang kosong di sebelah kiri layar, atau biasa disebut dengan istilah sel, yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan kartu sementara. Namun Free Cell tersebut hanya bisa kamu gunakan untuk menyimpan

kartu tunggal saja. Sehingga kamu bisa mengurutkan kartu lain dalam bidang permainan.

Pada awal permainan, kamu juga akan melihat semua kartu. Hal ini dikarenakan karena kartu akan dibagikan menghadap ke atas di awal permainan. Sehingga, hampir setiap pertandingan dapat dimenangkan karena kalian bisa merencanakan atau memperhitungkan beberapa langkah yang akan kamu terapkan pada permaian ini. 

Seperti Solitaire klasik, tujuan dari game ini adalah mengurutkan kartu sesuai dengan jenisnya. Urutan ini didasarkan pada setelan dan peringkat. Misalnya, kartu akan ditumpuk K, Q, J, 10, 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2, A dengan kartu lain dengan jenis yang sama. Gampang kan?

Bukan Hanya Permainan Kartu

Di Solitaire ini ada beberapa kategori permainan yang bisa kamu mainkan selain permainan kartu loh. 

Jadi masih banyak permainan yang ada dan bisa kamu mainkan dengan GRATIS pula. Contohnya adalah genre word game seperti game Scrammble pada Tab Free Online Game ini punya manfaat bisa melatih kemampuan Bahasa Inggris kalian loh. Jadi buat kalian yang ingin mencoba kemampuan menyusun kata dalam Bahasa inggris, kamu wajib banget mencoba game yang satu ini! 




Selain itu ada juga game hidden object atau match 3 dan masih banyak lagi permainan yang bisa kalian mainkan untuk menghilangkan penat saat mengerjakan skripsi. 

Nah, itu guys, beberapa rekomendasi Game yang ada di Solitaire.org yang bisa mengisi untuk me time di sela-sela panasnya otak saat mengerjakan skripsi. Tapi inget, satu hal, HARUS TETAP FOKUS pada skripsi kalian, jangan malah asyek ngegame lupa target, hehe. Semoga bermanfaat!
Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

1 comment

Post a Comment