header cah kesesi ayu tea

Kenapa Harus Beli Produk Lokal? Simak 6 Alasan Ini!

Assalamu’alaikum, apa kabar guys?

Semoga selalu dalam keadaan bahagia selalu, masih awal bulan gini menuju pertengahan bulan, masih aman lah ya.. hehe, jadi inget temenku kemaren cerita kalau mendapatkan pesanan masker batik untuk souvenir pernikahan customernya. Dia seneng kalo masih banyak orang mencintai produk UMKM dan produk lokal.




Kalian tahu dong ya, dengan kita berbelanja produk lokal, selain karena kita bangga buatan Indonesia, hal itu juga akan membantu stabilitas ekonomi negara loh. Sudah banyak ya guys kampanye mengenai mencintai produk lokal, dan massiv dan santer digaungkan dan diperbincangkan baik oleh Pemerintah sendiri maupun oleh komunitas masyarakat. Percaya nggak sih kalau kualitas Produk dalam negeri sebenarnya tidak kalah bersaing dengan produk dari luar negeri. Aku juga gitu, lebih memilih membeli produk lokal tapi ori daripada beli produk luar negeri tapi KW lantaran kalau beli asli kita tidak mampu atau lebih kepada memaksakan kehendak.

Kali ini aku akan membantu kalian untuk lebih mencintai produk Indonesia. Kenapa? Karena aku ingin kita sama-sama meningkatkan kebanggaan dan kualitas produk dalam negeri, juga sebagai bentuk cinta kita kepada bangsa sendiri. Oiya pernah lihat bule bawa tas rotan yang biasa dijadikan tas belanjaan di pasar ngga? Ternyata ya, banyak orang luar negeri yang bangga terhadap produk Indonesia dan digunakan sebagai merchandise di negara lain. Unik kan? Makanya kita sebagai empunya, harus lebih bangga dong….



Ada beberapa hal yang perlu digaris-bawahi, Kenapa Harus Beli Produk Lokal.

1. Membantu Perekonomian Indonesia

Kita, hampir semua pengalami ini, terutama sejak pandemi menyerang pada 2020, ekonomi Indonesia sempat menurun. Bagi masyarakat, cara terbaik untuk ikut andil dalam membantu perekonomian negara untuk Kembali ke kondisi normal dengan membeli produk lokal. Hukum alamnya, jika hal ini dilakukan oleh sebagian besar masyarakat, hasilnya bukan tidak mungkin akan meningkatkan PDB (Produk Domestik Bruto) dalam negeri.

Dengan membeli produk lokal, kita akan turut berkontribusi dalam eksistensi produk lokal yang ada di dalam negeri sendiri. Terlebih dari itu, kita akan membantu ekonomi saudara-saudara kita yang bergerak di bidang UMKM. Seperti temen saya yang punya usaha souvenir masker kain yang aku ceritakan di awal paragragh di atas, di mana dengan membeli produknya, secara otomatis akan berdampak pada meningkatnya pendapatan negara.

2. Bangga Terhadap Produk Lokal

Selain membantu perekonomian negara Indonesia, kita juga harus bangga buatan Indonesia. Saat Anda bangga membeli dan menggunakan produk lokal. Citra dari produk tersebut akan semakin meningkat. Kamu juga bisa menunjukan rasa bangga dengan selalu mengkampanyekan pembelian produk lokal dalam negeri. Saat ini persaingan produk dalam negeri bersaing lebih keras. Kalau produk lokal sudah dicintai oleh masyarakatnya, Insya Allah akan lebih dikenal luas di belahan dunia lainnya.

3. Memberdayakan Komunitas Lokal

Di tempat kalian banyak UMKM ga? Industri dalam negeri Indonesia, terutama bagi industri yang bergerak di sektor UMKM selalu memanfaatkan bahan baku dan sumber daya lokal. 

Berbelanja produk lokal akan membantu memberdayakan komunitas lokal. Berbelanja bisa melalui store-store di sekitar kalian, di tempat wisata, maupun di toko online seperti Blibli. 



Semakin meningkatnya permintaan produk atau jasa dalam negeri tentu akan membuka peluang bagi komunitas lokal yang lebih luas lagi. Mulai dari masyarakat sekitar tempat produksi, maupun hingga masyarakat lain yang berkontribusi langsung terhadap produksi produk tersebut.

4. Produk Lebih Awet dan Berkualitas

Seperti yang sudah aku singgung di atas, lebih baik membeli lokal tapi ori daripada tidak, kalian gausah takut saat membeli produk dalam negeri karena produk dalam negeri terbukti awet dan berkualitas loh. Ada cukup banyak pengrajin produk-produk lokal yang memilki produk berkualitas dan tidak kalah dengan produk impor

Sebut saja produk berbahan baku eceng gondok yang ada di kabupaten Semarang, produknya sudah dikenal hingga mancanegara karena kualitas produk itu sendiri. Belum lagi produk batik dari Pekalongan yang kualitas ekspornya luar biasa loh. Ada juga produk lokal seperti kerajinan-kerajinan dari Bali, di mana produkya yang selalu menjadi incaran turis mancanegara saat berkunjung ke Indonesia. 

5. Meningkatkan Lapangan Kerja

Jadi inget temanku yang membuat aneka souvenir dari kain batik di sini, karena banyajkk orderan akhirnya dia butuh bantuan orang lain, diapun membuka lowongan pekerjaan untuk membantu dia. Ketika permintaan produk lokal meningkat, bukan tidak mungkin akan membuka lapangan-lapangan kerja baru, kan? Setiap muncul satu produsen baru maka akan tumbuh lapangan-lapangan kerja baru. Sehingga membantu mereka juga loh.

6. Membawa Produk Lokal Lebih Unggul

Tak dapat dipungkiri, produk lokal akan terus bersaing dengan produk lokal lainnya, bahkan juga mereka juga harus bersaing dengan produk impor. Ketika kalian ingin produk lokal bisa lebih unggul dibandingkan dengan produk impor wajib kiranya untuk berbelanja produk lokal. Inget! belanja produk lokal yaaa guys..

Ketika permintaan produk lokal meningkat tentu akan membuat lebih banyak produk-produk lokal lainnya. Hal ini akan membantu produk lokal bisa lebih unggul dari produk impor.
Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment