header cah kesesi ayu tea

Doa-doa yang Bisa Membuat Anda terbebas dari hutang

Assalamualaikum,

Saat seseorang memiliki banyak hutang, hal ini menjadi sebuah kondisi yang cukup sulit bagi beberapa orang. biasanya seseorang nekat berhutang guna memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Apakah didalam agama islam ada doa yang bisa dibaca supaya kita terhindar dari hutang? Jawabannya sudah pasti ada.


Dalam agama islam sendiri hutang ini hukumnya wajib untuk di bayar. Seperti sabda dari Rasulullah SAW yang berbunyi "Barangsiapa yang mengambil harta-harta manusia (berutang) dengan niatan ingin melunasinya, Allah akan melunaskannya. Dan barangsiapa yang berutang dengan niat ingin merugikannya, Allah akan membinasakannya" (HR Bukhari: 2387).

Rasulullah SAW selalu mengajarkan kita supaya sebisa mungkin terhindar dari hutang. Supaya kita bisa terhindar dari hutang ini dia beberapa doa terbebas dari hutang yang bisa Anda baca yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber:

Doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW supaya bisa terbebas dari hutang

“Allahumma robbas samaawaatis sab'i wa robbal 'arsyil 'azhim, robbana wa robba kulli syaiin, faaliqol habbi wan nawaa wa munzilat tauroti wal injil wal furqon. A'udzu bika min syarri kulli syaiin anta akhidzum binashiyatih. Allahumma antal awwalu falaysa qoblaka syaiun wa antal akhiru falaysa ba'daka syaiun, wa antazh zhohiru fa laysa fauqoka syaiun, wa antal baathinu falaysa dunaka syaiun, iqdli 'annad daina wa aghnina minal faqri.”

Artinya: Ya Allah, Rabb yang menguasai langit yang tujuh, Rabb yang menguasai 'Arsy yang agung, Rabb kami dan Rabb segala sesuatu. Rabb yang membelah butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah, Rabb yang menurunkan kitab Taurat, Injil dan Furqan (Alquran). Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau memegang ubun-ubunnya (semua makhluk atas kuasa Allah). Ya Allah, Engkau-lah yang awal, sebelum-Mu tidak ada sesuatu. Engkaulah yang terakhir, setelah-Mu tidak ada sesuatu. Engkaulah yang lahir, tidak ada sesuatu di atas-Mu. Engkaulah yang Batin, tidak ada sesuatu yang luput dari-Mu. Lunasilah utang kami dan berilah kami kekayaan (kecukupan) hingga terlepas dari kefakiran."

Doa supaya bisa mendapat perlindungan dari berbagai kesusahan mengenai hutang

“Allahumma innii a’udzubika minal hammi wal-hazani, wa a’udzubika minal ‘ajzi wal-kasali, wa a’udzubika minal jubni wal-bukhli, wa a’udzubika min gholabatid-daini wa qohrir-rijaali”

Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesusahan dan kedukaan, dari lemah kemauan dan rasa malas, dari sifat pengecut dan bakhil, dari banyak hutang dan kezaliman manusia.

Doa saat terlilit oleh banyak hutang

“Allahummakfini fi hal├ólika ‘an haramik, wa aghnini bi fadhlika ‘amman siwak”

Artinya: Tuhanku, cukupilah diriku dengan jalan (harta) yang Kauhalalkan, bukan jalan (harta) Kauharamkan; dan lengkapilah diriku dengan kemurahan-Mu, bukan kemurahan selain diri-Mu.

Doa supaya diberikan segala kemudahan saat mengalami kesulitan “Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa”

Artinya: Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.

Itu dia beberapa doa singkat yang bisa And abaca supaya Anda terhindar dari hutang, semua doa diatas adalah doa yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Dengan rutin membaca doa yang sudah disebutkan, semoga kita semua selalu dibebaskan dari berbagai jenis hutang dan juga segala macam kesulitan. Terimakasih sudah membaca artikel ini sampai selesai semoga kumpulan doa tersebut bisa bermanfaat untuk Anda.
Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment