header cah kesesi ayu tea

Bulan Inklusi Keuangan

Assalamu'alaikum, Alhamdulilah, puji syukur kepada Allah karena pada buulan Oktober 2021 saya masih diberi kesempatan untuk bisa belajar tentang keuangan dan segala seluk beluknya. Terus terang saja, saya sangat bahagia karena saya mendapatkan kesempatan untuk menghadiri Pameran Virtual Fin Expo BIK 2021. Pameran ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Bulan Inklusi Keuangan (BIK) yang jatuh pada bulan Oktober setiap tahunnya. Ohiya, Fin Expo ada sejak 18 Oktober dan akan berlangsung sampai 2 November 2021 lho.

Apa itu Bulan Inklusi Keuangan?

Peraturan OJK No 76/POJK.07/2016 menjelaskan bahwa Inklusi Keuangan merupakan ketersediaan akses pada berbagai lembaga, produk, dan layanan keuangan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bulan Inklusi Keuangan (BIK) ditetapkan pada tahun 2016 lalu, Tujuannya adalah untuk meningkatkan inklusi keuangan di masyarakat.



Bertepatan dengan Bulan Inklusi Keuangan ini sudah seharusnya kita lebih menyadari pentingnya literasi dan inklusi keuangan. Karena dengan hal tersebut akses terhadap produk dan layanan finansial dapat memberikan banyak manfaat serta kemudahan dalam hidup masyarakat. Diantara manfaatnya adalah memfasilitasi kehidupan rumah tangga, merencanakan bisnis, membantu keluarga, hingga memiliki dana darurat sekaligus dana pensiun.

Selain itu, diantara tujuan memahami inklusi keuangan adalah; agar kita bisa mempelajari kembali kembali rencana-rencana kita, seperti mengikuti asuransi tertentu untuk mendaftarkan asuransi jiwa, atau menyiapkan dana pendidikan anak kita kelak. Pemerintah sendiri juga memiliki target di tahun 2021 yakni Inklusi keuangan akan meningkat menjadi sebesar 90% pada tahun 2021. (PerPres No. 114 Tahun 2020 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) dan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 4 Tahun 2021).

Sementara itu pemerintah telah berusaha meningkatkan inklusi keuangan dengan beberapa upaya, diantaranya;

1. Edukasi keuangan

2. Fasilitas keuangan publik

3. Pemerataan informasi keuangan

4. Fasilitas intermediasi dan saluran distribusi

5. Perlindungan konsumen

6. Pemanfaatan teknologi keuangan

Nah pada Oktober 2021 dalam rangka memperingati BIK diselenggarakanlah FIN EXPO BIK 2021. Bagi kalian yang belum tahu tentang apa itu Fin Expo BIK 2021, sini saya kasih tahu. hehehe

Fin Expo BIK 2021 merupakan sebuah pameran produk/jasa keuangan yang diselenggarakan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Karena saat ini masih dalam kondisi Pandemi Covid-19, maka tahun ini Financial Expo (Fin Expo) dilakukan secara virtual.

Pameran virtual Fin Expo BIK tahun 2021 ini diikuti oleh banyak partisipan di bidang keuangan. Sementara itu beberapa kegiatan yang ada di Fin Expo BIK 2021 adalah:

1. Penjualan produk/jasa keuangan berinsentif (pemberian diskon, cashback, point, bonus atau reward)

2. Fasilitas pemberian kredit/pembiayaan bagi masyarakat serta pelaku usaha kecil dan mikro antara lain melalui kegiatan business matching.

3. Akuisisi pembukaan rekening, polis, dan lainnya.

4. Edukasi keuangan melalui webinar

5. Pameran virtual

6. Kampanye dan publikasi program literasi dan inklusi keuangan serta perlindungan konsumen secara masif

Kalau kalian tidak mengikuti kegiatan keren ini, kalian bakal rugi lho, karena di sana kalian bisa belajar banyak tentang ilmu-ilmu keuangan. Salah satunya tentang Asuransi. Nah kebetlan di sana ada Prudential, saya kepo maksimal dong!

Mengenal Prudential



Kalian tahu gak sih, kalau Bulan Inklusi Keuangan (BIK) tahun ini digelar sekaligus dengan memperingati Hari Asuransi, sehingga tema yang diambil dalam BIK 2021 adalah “Literasi Asuransi Untuk Negeri, Kenali-Pahami-Miliki”.

Kenapa harus asuransi? Asuransi sangat penting dimiliki seseorang sebagai jaminan perlindungan atas kerugian finansial yang timbul akibat ketidakpastian, serta dapat digunakan sebagai jaminan dalam mempersiapkan pendidikan anak di masa mendatang. Di sinilah fungsi asuransi jiwa dibutuhkan untuk memastikan masa depan yang lebih baik.

Nah kebetulan pada pameran Fin Expo BIK 2021 salah satu yang ikut berpartisipasi adalah asuransi Prudential. Saya pun mengunjungi Virtual Booth Prudential Indonesia. Di booth Prudential tersebut, kita akan mendapatkan informasi lengkap seputar asuransi. Salah satu informasi seputar asuransi adalah tips memilih asuransi kesehatan menurut Merry Riana. Dia memberikan tips memilih produk asuransi kesehatan yaitu:

(1) Siapkan anggaran

(2) Pilih asuransi sesuai kebutuhan dan fasilitas yg diinginkan

(3) Pilih jumlah premi

(4) Pahami masa pertanggungan

(5) Pelajari jenis penyakit yang ditanggung dan daftar rekanan rumah sakit

Nah, tips yang dibagkan oleh Merry Riana tersebut bisa jadi dasar kita ketika mau mencari produk asuransi kesehatan abgi kita dan keluarga tercinta kita.

Kenapa harus Prudential? Jawabnya karena asuransi Prudential merupakan salah satu asuransi yang sudah berpengalaman dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Tak tanggung-tanggung asuransi Prudential sudah berusia lebih dari 168 tahun. Jadi tidak salah jika banyak masyarakat Indonesia yang mempercayakan asuransinya kepada Prudential.

Beberapa produk Prudential juga dipamerkan di virtual booth ini saat Fin Expo BIK 2021, yaitu :

a. Asuransi Jiwa Syariah PRUCinta

b. Asuransi Jiwa Syariah PRUCerah

c. PRULink Syariah

d. PRUWARISAN

Bila temen-temen ada yang mau bertanya-tanya tentang produk di Prudential langsung saja pada Booth Prudential menyediakan fitur "Hubungi Kami" yang bisa membantu pengunjung untuk bertanya seputar produk asuransi dari Prudential Indonesia. Fitur ini langsung terhubung dengan WhatsApp customer service Prudential. Lengkap kan? Jadi, tunggu apa lagi yuk kunjungi virtual booth Prudential Indonesia di Financial Expo BIK 2021 ini.
Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

24 comments

  1. wah asik ya di bulan inklusi keuangan ada banyak literasi keuangan dan promo menarik untuk yg mau belajar ttg keuangan, invest, dan asuransi. mantep nih virtual exponya

    ReplyDelete
  2. Wajib banget meningkatkan inklusi keuangan utk masyarakat ya mba
    supaya terjadi pertumbuhan ekonomi yg adil dan merata.

    ReplyDelete
  3. Banyak sekali manfaat kalau kita memahami iklusi keuangan ya Mbak. Bahwa mengatur keuangan gak berarti selalu berhemat dan menabung. Dengan memahami inlkusi keuangan kita pun jadi mengerti banyak sekali instrumen-instrumen yang bisa dimanfaatkan agar kesejahteraan keluarga lebih baik

    ReplyDelete
  4. Aku baru tau loh kalau Oktober itu bulan inklusi Keuangan. Bagus juga ya untuk meningkatkan edukasi keuangan masyarakat diadakan FinExpo. DI sini juga kita bisa tau produk asuransi dari Prudential

    ReplyDelete
  5. Bulan Inklusi Keuangan jadi moment penting buat mengedukasi masyarakat seputar keuangan dan asuransi ya..secara lagi muncul kasus pinjol ilegal juga..Aku juga mampir ke booth Prudential nih..

    ReplyDelete
  6. Baru tahu sih ada Bulan Inklusi Keuangan dan ternyata emang semakin banyak info soal literasi keuangan ini biar para ibu2 rapi menata keuangan keluarga ya

    ReplyDelete
  7. Pastinya di expo itu gak hanya tentang asuransi, ya. Tetapi, asuransi Prudential emmang bagus. Wajib banget untuk menyimak produk-produknya

    ReplyDelete
  8. Bagus acara BIK 2021 ini mbak. Tujuan inklusi keuangannya juga jelas banget yaa. Sehingga acara ini bisa mengedukasi masyarakat tentang pentingnya melakukan inklusi keuangan agar bisa merencanakan berbagai kebutuhan terkait finansial dan kesehatan. Salah satunya merencanakan asuransi untuk keluarga.

    ReplyDelete
  9. Keren ya ada Bulan Inklusi Keuangan. Masyarakat jadinya teredukasi untuk bisa mengatur keuangan sekaligus memberi kesempatan untuk memilih produk keuangan yang cocok dan sesuai kebutuhan. Aku kepengen lihat exponya deh.

    ReplyDelete
  10. Nah senangnya setelah lihat pameran meski virtual dan dapat info yang keren banget seputar keuangan terutama asuransi kalau tertari ada kurang jelas bisa ke fitur "Hubungi Kami" yang bisa membantu pengunjung untuk bertanya seputar produk asuransi dari Prudential Indonesia. Lengkap dan keren memang Fin Expo BIK 2021

    ReplyDelete
  11. Sudah lama sekali ya teryata Prudential ini, mba. Aku baru tahu udah 168 tahun. Aku kira masih puluhan tahun. BAgus juga ada pameran virtual seperti ini yang menambah ilmu tentang keuangan dan dunia asuransi ya mba

    ReplyDelete
  12. perlu banget ini edukasi soal keuangan sebab akan menambah wawasan soal uang bahkan asuransi serta investasi, kayak mengenal jenis asuransi yang ada ya..

    ReplyDelete
  13. Bagus banget ini acaranya. Zaman sekarang harus melek finansial ya. Ternyata boothnya banyak ya, bisa buka rekening sampai ada layanan konsultasi juga.

    ReplyDelete
  14. Karena m asih pandemi ya makanya financial expo-nya berlangsung secara virtual gitu?
    Seru kalau ikutan acara bahas finansial bikin nyadar dan melek banget cara ngatur keuangan.
    Wah dapat oleh2 info soal asuransi yang dibutuhkan juga yaa

    ReplyDelete
  15. Aku ingin menyoroti perlindungan konsumen nya mbak. Semoga pemerintah benar2 bisa kasih solusi terkait teman2 yg bermasalah dengan produk financial di Indonesia

    ReplyDelete
  16. Angka unbanked people di negara kita masih tinggi. Salah satu penyebabnya memang masalah akses dan literasi keuangan yang masih terbatas pada golongan tertentu. BIK ini penting sekali untuk memberikan pemahaman pada masyarakat tentang berbagai transaksi keuangan yang dapat mempermudah alur transaksi.

    ReplyDelete
  17. Seru ya bisa dapet banyak pengetahuan seputar produk keuangan dengan pameran virtual ini. Seakan berkunjung ke pameran beneran ya, kita bisa mampir ke berbagai booth yang tersedia. Booth Prudential nih keren, kita bisa ulik di sana untuk mengetahui aneka produk asuransi yang dibutuhkan oleh keluarga.

    ReplyDelete
  18. semangat mengikuti webinar FIN BIK 2021 yaa, kak..
    karena banyak sekali insgiht yang diperoleh. Dan ini termasuk dalam program pemerintah pula.

    ReplyDelete
  19. Beberapa kali menghadiri pameran virtual, tapi entah mengapa FinExpo Bulan Inklusi Keuangan 2021 ini menurut saya adalah yang terbaik. Suka banget sama tampilan dan vibes pamerannya.

    ReplyDelete
  20. Waaah banyak banget promo menarik pada finexpo bulan inklusi keuangan ini ya maaaak.. kayanya aku mesti mampir lagi nih, masih ada produk keuangan yang mau aku cariiii.. hihi

    ReplyDelete
  21. Wah, tipsnya Merry Riana mantap banget itu, tetapi saya kayanya harus belajar banyak soal pengaturan keuangan. Selama ini saya cuek saja soal keuangan. Nabungnya masih pakai sistem jadul peninggalan nenek saya, hihihi.

    ReplyDelete
  22. oh jadi Fin Expo BIK 2021 itu pameran produk dan juga jasa keuangan yang diselenggarakan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) ya, cuman karena pandemi jadi dibuat online eventnya

    ReplyDelete
  23. Sama euy, baru tahu ada bulan inklusi keuangan. Semoga semua berjalan lancar ya mba.

    ReplyDelete
  24. Tahukah kalian apa kelebihan sablon discharge ? Jenis sablon discharge atau yang biasa dikenal dengan teknik sablon cabut warna merupakan metode sablon yang akan memberikan hasil sempurna

    ReplyDelete

Post a Comment