header cah kesesi ayu tea

4 Cara Menghilangkan Stres, Nomor 4 Jangan Diskip!

Assalamu’alaikum,

Suatu ketika ada seorang teman datang dengan wajah lesu, datang dan nggak lama kemudian dia menangis, dia bilang dia stres, dia butuh hiburan. Hmm... Stres tidak pernah lepas dari kehidupan manusia. Biasanya stres muncul dari hal kecil hingga besar, mulai dari masalah di tempat kerja, bertengkar dengan teman, masalah rumah tangga, hingga tagihan-tagihan yang harus dibayarkan tiap bulan.

Efek Stres dalam Hidup


Manusiawi loh, sebenarnya stres tidak selalu berorientasi buruk pada hidup kita. Adanya stres mendasari semua tindakan yang kita lakukan. Kalo kata temen aku yang seorang psikolog, adanya stres itu wajar, tanpa adanya stres, kita tidak memiliki kekhawatiran untuk melakukan hal ini dan itu. Namun akungnya, tidak semua orang tahu cara menghadapi dan mengatasi stres dengan baik sehingga menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan, apalagi kalau udah gitu seringnya penderita nggak doyan makan, murung, dan mengunci diri dalam kamar. Hmm, jangaaann! Banyak hal yang bisa dilakukan kok untuk mengurangi stres yang kita alami.

Stres yang tidak terkendali dalam jangka panjang bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan loh guys, contohnya tekanan darah tinggi, penyakit jantung, atau depresi. Selain itu, stres juga bisa menimbulkan berbagai gangguan, seperti sakit kepala, nafsu makan menurun atau binge eating, nyeri otot, insomnia, dan sulit untuk konsentrasi. Hmm, jangan sampai seperti itu ya guys. Aku juga beberapa kali mengalami stres, kalau ngga ada teman cerita, ada beberapa cara unik yang biasa aku lalukan untuk menghilangkan stres, mungkin cara ini bisa kalian lakukan juga J

1. Melakukan Tarian atau Joget

Terkesan aneh ya, lagi stres malah joget-joget. Hehe.. beban yang terasa berat dapat menjadikan stres, mengistirahatkan mental dan fisik dengan menari spontan dapat menjadi penyelamat dari suasana hati yang buruk.

Menggerakkan tubuh sambil bernyanyi dengan mengikuti irama adalah cara unik dan sederhana untuk menghilangkan stres. Sebab hati akan menjadi lebih senang dan pikiran akan teralihkan dari segala masalah. Setelahnya, otak jauh lebih fokus dan dapat berpikir jernih untuk mencari solusi dari masalah yang sedang dihadapi. Biasanya bisa dengan bikin konten di aplikasi video pendek yang nggak ada followersnya, hahaha

2. Menyanyi atau Karaoke

Selaras dengan melakukan beberapa gerakan tarian, yang biasa aku lakukan saat pikiran aku sedang nggak menentu adalah karokean, entah dengan aplikasi karaoke gratis atau pun dengan menggunakan alat elektronik yang ada di rumah.

Menyanyikan beberapa lagu yang related dengan keadaan hati atau lagu-lagu lain yang menggugah semangat akan membawa kondiri diri ke dalam keadaan yang lebih baik dan menjadi segar, karena secara tidak disadari dengan menyanyi otot-otot menjadi tidak tegang kembali, sesekali menyanyikan lagi yang bernada tinggi, cara ini biasanya aku lakukan untuk berteriak sekuat tenaga melepas penat tapi tidak ketahuan kalo lagi teriak, karena aku nyanyi. hahaha

3. Tertawa lepas

Selain tersenyum, tertawa juga bisa menjadi cara unik dan sederhana untuk menghilangkan stres. Tertawa dapat mengubah sistem dalam tubuh yang dapat mengurangi stres dalam jangka panjang. Beberapa penelitian menyebutkan, tertawa mengurangi kadar hormon stres dalam tubuh, kortisol, dan sebagai gantinya melepaskan hormon bahagia, yaitu endorfin sehingga dapat mengubah cara pandang kita terhadap hal-hal yang membuat kita stres.

Ada banyak hal yang bisa memancing kita tertawa, misalnya bermain dengan anak kecil tetangga sebelah rumah, menonton video-video lucu, cari lelucon lucu, atau bahkan main games online saat memenangkan permainan.

4. Bermain Game

Iya, bermain game biasanya aku lakukan saat stres melanda. Guys... aku itu orangnya jarang banget main game loh, makanya ngegame ini menjadi salah satu cara aku untuk mengurangi stres. Ada banyak games yang biasa aku mainkan, tapi biasanya saya main yang klasik dan mudah saja. Kan kebutuhannya untuk menghilangkan stres, kalo main yang susah-sudah yang ada tambah stres, haha

Biasanya saya langsung buka leptop dan masuk ke web plays.org untuk mencari permainan yang akan aku mainkan. Kalian tahu Plays.org ga? 

Apa Itu Plays.org?

Plays.org ini adalah sebuah situs yang nyediain ratusan game klasik berbasis web yang bisa kalian mainkan sepuasnya dan semuanya gratis! 


Game yang ada di Plays.org ini banyak banget dan ditampilkan dalam beberapa katogori atau genre, seperti Funny, Music, Alphabet, Animal, Science, dan sebagainya. Kalian yang mau ngegame di Plays.org bisa memilih game apa yang ingin kalian mainkan.


Nah, game yang biasa aku mainkan di Plays.org ada di kategori Funny, nama gamenya Mr. Bean Backyard Junk: Pick Up the Trash Game


This is a fun and simple cleaning cartoon game where players control a cartoon version of Mr. Bean in an effort to clean up the yard without getting hit. The first level of the game is quite easy, but the difficulty level ramps up quickly

Jadi main games ini tuh aku bisa ketawa sendiri guys, lucu banget, apalagi kalo yang kebuang malah Mr Bean-nya. Bukan sampah kaleng atau sampah seperti kertas. Duh kalian wajib banget cobain main permainan Mr Bean ini deh, tujuannya untuk hiburan ya, jadi gausah baper kalo ternyata kalian kalah dari musuh. wkwkwkwk

Game lain yang biasanya aku mainkan itu ada di kategori Music. Nah, di sini tuh banyak pilihannya, aku suka main Bandemonium: Educational Music Game. Game ini bisa banget untuk game edukasi pengenalan instrumen musik dan kategorinya. Bila kalian eksplore lagi lebih dalam, kalian bisa memilih kategori instrumen yang ada di games bandemonium ini, seperti Brass, Keyboard, Percussion, Strings, dan Woodwind. 


Karena hobiku emang bermusik, jadi sesuatu yang berhubungan dengan musik. Pun dengan musik aku bisa merasakan damai dan fresh juga. Salah satu alasan aku kenapa lari ke karoke dan main games saat stres adalah karena keduanya dapat dengan cepat membantu aku menghilangkan stres. 

Temen-temen mungkin punya cara sendiri untuk bisa menghilangkan stres, nah, silakan share di kolom komentar ya, biar bisa sama sama saling sharing cara untuk menghilangkan stres. Semoga bermanfaat ya :)

Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment