header cah kesesi ayu tea

Persiapan yang Perlu Dilakukan untuk Masuk ke Dunia Kerja

Assalamu’alaikum,

Dulu waktu aku kecil ditanya orangtua, besok kalau udah besar mau jadi apa? Atau besok kalau udah besar cita-citamu apa? Pertanyaan-pertanyaan yang sangat maklum dipertanyakan pada anak balita.

Jawaban setiap anak pun berbeda-beda, bahkan kadang ditanya oleh dua orang yang berbeda di waktu yang sama juga akan mengeluarkan jawaban yang berbeda, hehehe. Dasar celoteh anak itu lucunya kebangetan.

Pun aku yang sering ditanyain almarhum bapakku dulu, jawabannya berbeda-beda pula, kadang jawab pengen jadi dokter, pengen jadi polwan, pengen jadi guru, dan keinginan menjadi profesi lain yang memang sudah sebelumnya diperkenalkan oleh orangtua.

Berbeda dengan anak aku yang kalau ditanya besok gede mau jadi apa, dia dengan cepat menjawab pengen jadi artis Korea atau pengen jadi Girl Band seperti Black Pink. Hihihii. Padahal sampai detik ini ibunya gak pernah suka sama drama Korea loh. Uuupstttt

Sebagai orangtua tentu mendukung apa yang dicita-citakan anak-anaknya, ya. Entah apa yang nantinya menjadi pekerjaannya kelak. Seperti saya dulu punya cita-cita jadi dokter, tapi ternyata sekarang jadi dosen dan juga seorang blogger.

Kalian tahu gak sih guys, saat kita punya niatan berkarir, kita akan berada pada dunia kerja, dunia di mana merupakan lingkungan yang berhubungan dengan pekerjaan yang sedang kita geluti, dari definisi tersebut kita ketahui bahwa kita ditujukan kepada pekerjaan yang kita sukai dan kita kuasai. Maka dari itu jangan sampai salah memilih bidang pekerjaan kita yang tidak sesuai dengan kemampuan kita. Hal ini bertujuan untuk kenyamanan diri kamu saat berada dalam dunia kerja.

Kesiapan yang paling penting untuk diperhatikan saat kita berada di dunia kerja adalah mental, kenapa? Karena mental merupakan bagian dari diri kita yang bisa menerima keadaan seperti apa saja. Siap nggak siap, mental harus tetep stay on dan menerima, bukan denial.

Lalu, apa saja sih yang perlu diperhatikan untuk menyiapkan diri? Baik aku akan coba menjabarkan satu persatu, di antaranya:

1. Mental

Mental ini penting banget loh guys, kamu harus kuat dan jangan merasa lemah. Mulai dari berpikir positif akan tanggapan orang di sekitar kamu. Bila ada kritikan, jangan terlalu memikirkan kritikan orang lain, buatlah kritikan tersebut menjadi motivasi tersendiri untuk diri kita ke depannya.

2. Mengenali Diri

Yang kedua adalah kenali diri kita sepenuhnya, kita harus paham apa kelemahan dan kelebihan kita, ketahui kekurangan yang kita miliki dan perbaiki sepenuhnya agar kita siap menghadapi dunia kerja.

Apabila terdapat kekurangan, itu wajar, namanya juga manusia, namun kita coba untuk perbaiki setiap kekurangan baik dari fisik maupun mental supaya kita lebih percaya diri, dan carilah banyak pengalaman agar semakin terlatih untuk percaya diri.

3. Mengasah Kemampuan

Ketika kita sudah mengetahui di mana letak kekurangan dan kesalahan dalam diri kita, saatnya untuk mengetahui kelebihan diri kita. Mengasah kemampuan diri dapat membuat kita semakin percaya diri di lingkungan kerja.

Mengasah kemampuan bisa dengan mencoba peluang yang ada dan dijadikan media pembelajaran untuk mendukung pekerjaan kita.

4. Mengontrol Emosi

Tak hanya bicara tentang mental saja yang harus kita jaga ya, kita juga harus bisa menguasai emosi agar tidak ada masalah ke depannya dalam dunia kerja. Biasanya akan diuji saat kita ada masalah di dunia kerja, nah terkadang kita sangat sulit untuk mengontrol emosi.

Lakukan dengan tenang, kalian dapat menahannya dengan cara menarik nafas dalam dan menghembuskannya secara perlahan dan tenang.

5. Menjadi Pendengar yang Baik

Mencoba menjadi pendengar yang baik adalah salah satu aspek penting dalam dunia kerja. Kita bisa mendapat apresiasi dan dihargai oleh kolega kita. Orang akan senang jika mendengarkan nasehat-nasehat mereka yang dapat merubah diri kamu ke depannya.

6. Mau Belajar dan Upgrade Diri

Yakin sudah puas dengan kemampuan kita yang kita punyai saat ini tanpa butuh upgrade diri? Hmmm, jangan sombong ya guys. Dalam dunia kerja butuh yang namanya belajar hal baru agar ilmu dan kemampuan kita bisa bertambah. upskilling dan reskilling ini perlu sekali untuk meningkatkan kemampuan kita dalam dunia kerja.

Misalnya kita punya branding yang kuat dalam bidang X, penting juga bagi kita mencari tahu cara meningkatkan personal branding dalam diri kita. Supaya personal branding kita makin kuat, atau ketika diri kita mewakili nama perusahaan, kita juga harus bisa meningkatkan kemampuan dengan cara meningkatkan personal branding dari perusahaan yang kita bawai.

Karena upskilling dan reskilling adalah cara kita untuk bisa bertahan, bukan menjadi quitter yang hanya bisa berdiri diam di tempat. Kita harus bisa berdaya, harus berani melangkah ke depan menjadi climber yang bisa mencapai kesuksesan itu.

Belajar Gak Ribet dengan QuBisa

belajar gak ribet

Salah satu yang bisa kita lakukan adalah dengan mengikuti kursus online gratis di aplikasi QuBisa. Baiklah, apa sih itu QuBisa? QuBisa adalah sebuah platform terpercaya untuk pendidikan dan pembelajaran. Misinya adalah untuk mempersiapkan lulusan baru dan profesional muda untuk menjadi lebih kompeten dan kompetitif dalam MEA (Masyarakat Ekonomi Asean).

QuBisa punya tujuan mulia yaitu ingin meningkatkan akses untuk Pendidikan & Pelatihan berkualitas bagi semua orang, yang bisa diakses di mana saja, kapan saja, juga sebagai Road Map karier yang dapat membimbing lulusan baru untuk menemukan sesuai jalur mereka. Melalui aplikasi maupun situsnya, kita dapat belajar di manapun & kapanpun dari para instruktur ahli di bidangnya.
aplikasi siap kerja


Alhamdulillah QuBisa sudah mempunyai banyak hal, yaitu :
  • 300+ instruktur atau pengajar yang terdaftar
  • 200+ webinar berkualitas
  • 500+ kursus gratis maupun berbayar
  • 2000+ judul microlearning
  • 120000+++ murid yang terdaftar
Nah, dari banyaknya instruktur di QuBisa ini bisa dikatakan, QuBisa adalah tempat yang tepat untuk meningkatkan kemampuan kita. Atau dengan kata lain, QuBisa ini adalah aplikasi siap kerja yang bisa dijadikan tempat belajar online dengan maksimal.
Aku sama dengan yang lain, aku juga mengambil Kursus online gratis di QuBisa. Kalau ada cara belajar efektif dan belajar gak ribet kenapa milih yang ribet dan gak efektif??? Ya nggak? Kita gunakan QuBisa sebagai media aplikasi belajar online dan aplikasi siap kerja yang mendukung banyak hal dalam mempersiapkan diri kita untuk masuk di dunia kerja.

kursus online gratis
lagi nyimak kursus di QuBisa

Kelebihan QuBisa seperti yang sudah aku singgung di atas, Selain menjadi aplikasi siap kerja, aplikasi belajar online, karena banyak yang gratis maka kita bisa mengambil kursus online gratis yang mana manfaatnya bisa digunakan seumur hidup. Menurut aku di sini kita bisa menentukan bagaimana cara belajar efektif dengan aplikasi QuBisa ini, agar cara belajar efektif yang kita pilih ini menjadi cara yang bisa bermanfaat untuk kita dan bisa kita share ke temen-temen lainnya.

Kita juga bisa mendapatkan sertifikat dari kursus yang kita ikuti dengan syarat semuanya harus selesai sempurna dan memberikan rating. Jangan sampe ketinggalan untuk ikuta lomba blog QuBisa yaaa gus... dan  yang mau belajar Silakan langsung unduh link App Store atau Play Store.
Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment