header cah kesesi ayu tea

Tips Merebus Ayam Supaya Matang dengan Sempurna

Untuk merebus ayam memang bukan hal yang sulit, karena Anda hanya cukup masukan saja ayam ke dalam panic yang telah diisi air. Padahal jika Anda ingin merebus ayam hingga empuk tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada tips yang harus Anda perhatikan supaya daging ayam jadi empuk dan membuat aneka masakan ayam jadi lebih nikmat.



1. Gunakan panci dengan ukuran yang sesuai untuk ayam

Saat Anda merebus ayam jangan lupa untuk memastikan ukuran pancinya sesuai dengan ukuran ayam. Jika Anda merebus ayam dengan ukuran panci yang kecil maka nanti isinya akan penuh dan membuat daging ayam jadi menumpuk dan membuat daging tidak matang dengan sempurna. Tapi jika Anda menggunakan panci yang terlalu besar akan menjadikan air yang dibutuhkan lebih banyak dan membuat air sangat lama mendidih dan daging ayampun jadi mudah hancur. Sebaiknya pilihlah panci yang jumlahnya sesuai dengan ayam yang ingin di rebus, disarankan jika merebus satu ayam utuh pilih panci yang ukurannya 8 liter. Tapi jika ayamnya dipotong pilih saja panci yang diameternya 16 atau 18 cm.

2. Gunakan air dingin hingga semua permukaan tertutup

Menggunakan air dingin untuk merebus ayam dengan air ini memiliki tujuan supaya air dan juga ayam jadi matang dengan bersamaan. Jika merebus ayam dengan menggunakan suhu air yang sudah panas atau hangan bisa jadi ayam jadi matang terlebih dulu sebelum ayam direbus. Setelah memilih ukuran panci yang sesuai lalu tuangkan air dingin secukupnya kedalam panci, masukan air hingga daging ayam terendam dengan sempurna.

3. Masukan bumbu-bumbu

Bumbu yang biasa untuk merebus ayam ini hanya bawang putih dan juga garam. Bumbu ini bisa memberikan aroma yang enak dan juga rasa yang gurih untuk ayam. Sesuaikan bawang putih dan garam yang akan gunakan dengan jumlah ayam. Saat Anda merebus ayam utuh anda bisa menggunakan 2 sendok makan garam dan bawang putih sebanyak 3 siung. Tapi jika ayam yang Anda rebus lebih banyak lagi Anda bisa menambahkan bawang putih dan garam lebih.

4. Rebus dengan menggunakan api sedang

Jika semua persiapan sudah siap Anda bisa langsung merebus ayam dalam panci yang tertutup supaya aroma daging ayam tidak menguap, selain itu daging ayam juga akan kadi lebih cepat matang. Rebuslah ayam dengan menggunakan api yang sedang agar daging ayam matang dengan sempurna. Waktu untuk merebus ayam ini berbeda-beda apalagi ayam yang Anda rebus adalah ayam utuh. Waktu untuk merebus ayam ini sangat penting untuk diperhatikan karena jika terlalu lama merebusnya bisa menjadikan ayam hancur. Ini dia waktu yang tetap untuk merebus ayam:
  • Jika dada ayam yang direbus tanpa tulang hanya membutuhkan waktu 15 sampai 20 menit saja
  • Jika dada ayam yang direbus masih memiliki tulang waktu yang dibutuhkan bisa sampai 30 menit.
  • Jika paha ayam yang akan direbus membutuhkan waktu 30 sampai dengan 40 menit.
  • Jika daging ayam utuh yang direbus, membutuhkan waktu hingga 1 jam supaya bisa matang dengan sempurna.
Itulah dia beberapa tips untuk merebus ayam supaya lebih cepat empuk. Daging ayam yang telah direbus ini bisa Anda jadikan berbagai makanan yang menarik. Anda tinggal mengolahnya sesuai dengan keinginan Anda. Terimakasih sudah membaca artikel ini sampai selesai ya!

Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment