header cah kesesi ayu tea

5 Keutamaan Sedekah Subuh. Salah Satunya Ada Dua Malaikat Yang Mendoakan

Sedekah adalah salah satu amalan yang dapat mengantarkan umat muslim menuju surga Allah. Selain untuk mendekatkan diri kepada Allah, bersedekah juga secara sosial bermanfaat untuk mengurangi ketimpangan dengan membantu kaum yang lemah secara ekonomi.

Sebenarnya sedekah bisa dilakukan kapanpun. Namun, banyak ulama yang berpendapat bahwa waktu terbaik untuk mengeluarkan harta di jalan Allah adalah ketika Subuh atau sebelum matahari terbit. Waktu paling tepat untuk melakukan sedekah Subuh adalah setelah sholat Subuh dengan memasukkan sedekah ke kotak amal.


Untuk melakukan sedekah Subuh, Anda tidak perlu repot – repot mencari anak yatim atau orang miskin ketika Subuh, namun cukup dengan membuat kotak amal dari kaleng atau botol di rumah. Bersedekah di waktu Subuh ini memiliki keutamaan yang dahsyat bagi umat muslim, salah satunya yaitu dapat membantu mengabulkan hajat Anda dan masih banyak yang lainnya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut dibawah ini akan dijelaskan tentang 5 keutamaan sedekah subuh, diantaranya yaitu :

1. Dua Malaikat Datang Mendoakan

Sedekah Subuh memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah pada waktu Subuh itu akan ada dua malaikat yang mendoakan amalan sedekah Anda. Rasulullah SAW bersabda :

“Setiap awal pagi saat matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu salah satu berkata, ‘Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah’. Malaikat yang satu berkata, ‘Ya Allah, binasakanlah orang – orang yang bakhil.” (HR. Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah).

Berdasarkan hadits tersebut, barangsiapa yang memutuskan untuk memberikan hartanya, maka akan ada malaikat yang mendoakan mereka agar rezekinya semakin lancar dan berkah. Sementara mereka yang enggan bersedekah, maka malaikat akan mendoakan agar rezeki mereka ditahan pula.

2. Dikabulkan Permintaannya

Selanjutnya, salah satu keutamaan dari sedekah Subuh adalah akan dikabulkannya permintaan Anda. Bersedekah subuh yang diiringi dengan doa dapat membantu dikabulkannya permintaan, memperlancar rezeki, mengangkat penyakit, hingga memudahkan segala urusan.

Doa sedekah subuh juga menjadi upaya untuk mendoakan kesehatan dan keselamatan orang – orang yang Anda sayangi, misalnya orang tua.

3. Menghapus Dosa

Keutamaan melakukan sedekah subuh yang lainnya juga adalah dapat menghapuskan dosa dan membawa ketenangan hati bagi yang melakukannya. Hal itu pun disebutkan dalam hadits berikut ini :

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi).

4. Harta Menjadi Berkah

Janganlah Anda takut harta akan berkurang karena bersedekah. Sebab, mengeluarkan sedekah di waktu Subuh kepada yang membutuhkan, justru bisa membuat harta Anda makin bertambah. Artinya, Allah SWT akan mengganti harta tersebut berlipat – lipat.

Meski begitu, ketika bersedekah umat muslim juga harus melakukannya secara ikhlas dan tulus agar amalan sedekahnya diterima dengan baik. Jadi, bukan semata – mata bersedekah karena hanya ingin mendapatkan imbalan berlipat saja dari Allah.

5. Didekatkan Pada Pintu Surga Dan Dijauhkan Dari Api Neraka

Keutamaan sedekah Subuh yang terakhir adalah akan didekatkan pada pintu surga dan dijauhkan dari api neraka bagi yang mengamalkannya. Hal itu pun disebutkan dalam hadits sebagai berikut :

“Orang yang memberikan atau menyumbang dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga, ‘Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan.” (HR Bukhari dan Muslim).

“Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimat thayyibah.” (HR Bukhari dan Muslim).
Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment