header cah kesesi ayu tea

Mengenal Industrial Kitchen, Konsep Dapur Modern

Assalamu'alaikum, guys... 

Dapur merupakan salah satu bagian penting dalam rumah, maka desain interior akan memberi kenyamanan bagi penggunanya. Industrial kitchen misalnya, konsep ini menawarkan tampilan klasik namun elegan dalam satu waktu. Namun sebelum itu, ada sejumlah hal mesti diperhatikan dalam pembuatannya. Bukan sebatas tampilan melainkan ruang dengan keseluruhan alat yang multifungsi.

Konsep Industrial Kitchen

Jika melihat sekilas, industrial kitchen terkesan gelap karena dilengkapi unsur logam yang lebih dominan. Desain interiornya cenderung minimalis dan modern. Selain unsur logam, beberapa orang menggabungkan sejumlah warna pastel untuk menambah kesan manis. Konsep ini memang tak melulu harus gelap, kombinasi desain atau warna masih cocok disesuaikan dengan selera Anda.


Di sisi lain, dapur industrial juga lebih efisien dari segi anggaran lantaran menggunakan barang bekas tak terpakai. Jangan khawatir soal kualitas, karena konsep daur ulang bisa dipastikan fungsinya secara keseluruhan. Pengguna juga bisa menambahkan alat baru jika diinginkan, tak ada batasan bahwa seluruh peralatan mesti barang bekas.

Ada konsep menarik yang paling menonjol dari industrial kitchen, karena umum digunakan oleh jasa cloud kitchen yaitu expose ketelanjangan. Maksudnya, dinding maupun lantai tidak diberi finishing sehingga tampak natural sesuai material dasarnya. Bahkan, banyak pengguna hanya memasang dinding bata yang terlihat secara natural.

Karakter Industrial Kicthen

Jika tertarik menggunakan konsep ini, ada sejumlah karakter bisa dikenali sekaligus menjadi referensi dalam pemilihan material yaitu:

Dominasi Logam dan Besi

Seperti sudah disinggung sebelumnya, unsur logam dan besi adalah karakter yang paling bisa ditandai saat melihat dapur industrial. Layaknya bangunan belum sempurna, konsep ini terlihat lebih menarik dan unik.

Warna Hitam atau Abu-Abu

Untuk warna, hitam dan abu-abu paling banyak dipilih karena dapur merupakan tempat yang sering kotor. Sehingga pemilihan warna terang tak direkomendasikan. Namun pemilihan warna lembut untuk beberapa alat saja cukup bisa menghidupkan suasana.

Lighting

Lighting atau pencahayaan adalah karakter berikutnya yang mudah dikenali. Industrial kitchen cenderung gelap karena pemilihan warna, karena itu, pencahayaan setidaknya harus mendominasi apakah dengan penempatan lampu atau cahaya matahari dengan ventilasi khusus.

Furniture Kayu

Furniture kayu adalah salah satu konsep pilihan yang bisa digunakan, karena membawa desain vintage yang sejuk dan menenangkan. Namun menggunakan furniture ini harus memperhatikan perawatan, karena material kayu rentan terserang rayap atau lapuk karena ditaruh di tempat lembap.

Inspirasi Desain Industrial Kitchen

Setelah mengenal sejumlah karakter, Anda mungkin membutuhkan inspirasi dapur industrial yang cocok. Meski bisa mengkombinasikan warna dan furniture, keluar dari konsep seharusnya justru akan membuat ruangan terlihat aneh. Berikut ini rekomendasinya.

Dominan Hitam

Hitam selalu menjadi pilihan warna dapur ideal, sekaligus cocok dengan model industri. Anda bisa menyiasati set ini dengan pencahayaan natural lebih maksimal, jangan hanya mengandalkan lampu karena penggunaan listrik jelas akan lebih tinggi. Konsep ini umum digunakan untuk cafe maupun restaurant.

Dapur Modern

Berikutnya ada model yang mengusung tema modern, cobalah memadupadankan warna hijau pastel agar tidak menonjolkan kesan terlalu berat. Untuk furniture, cobalah menggunakan furniture kayu solid sekaligus dinding unfinished agar memperkuat kesan industrial.

Penerapan industrial kitchen bukan hanya untuk rumah, namun sangat ideal untuk restaurant agar menambah nilai. Jika Anda adalah pengusaha kuliner yang hendak mencari konsep dapur, cloud kitchen Everplate patut untuk dicoba lantaran mengusung konsep industrial. Meski dapur bersama, fasilitas, hingga desain interior memenuhi kualifikasi dan kualitas dapur modern yang multifungsi. Terkhusus di kawasan Jakarta, Everplate sudah menjangkau tujuh titik bagi siapa saja yang ingin mengembangkan bisnisnya.
Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment