header cah kesesi ayu tea

Tips and Trik Pengelolaan Jurnal Menuju Index Bereputasi (Scopus)

 Assalamu'alaikum, 


Bismillah malam ini, 14 Juni 2021 jam 19.30 sampai selesai, kami rombongan pengelola jurnal hikmatuna Pascasarjana IAIN Pekalongan memulai mengikuti workshop Pengelolaan Jurnal Hikmatuna Terindeks Scopus. 

Kami berangkat dari Pekalongan jam 14.30, sampai Salatiga jam 16.00 wib. Kemudian dilanjut dengan istirahat dan makan malam. Setelah makan malam kami memulai acara selepas sholat isya.


Acara workshop ini mendatangkan dua pemateri yang expert di bidang per-jurnal-an. Yaitu Prof Asfa dan Prof Faisal. Prof Asfa memulai
speech-nya pada jam 20.10 wib, yang mana dimoderatori oleh bapak Achwan. 

Pengantarnya bagus sekali, dimulai dengan bercerita tentang jurnal yang bagus itu yang fokus dengan scopenya. Jurnal yang baik itu yang kredibilitas baik dan konsisten terbit. Hikmatuna sudah menjadi jurnal yang konsisten terbit tapi bagaimana hikmatuna menjadi jurnal yang mempunyai scope yang lebih diperjelas lagi.

Jadi jurnal yang bagus yang seperti apa sih?

Oke ini beberapa rangkuman dari penjelasan Prof Asfa yang saya dengar.

Pertama, Kita fokus pada artikel yang mana mempunyai tema yang sesuai dengan scope jurnal hikmatuna. 

Artikel yang bagus yang seperti apa sih? Yang mempunyai judul yang menarik dan merepresentasikan isi artkelnya. Kemudian mempunyai Asbtrak yang bagus, karena apa? karena orang tertarik membaca tulisan itu awalnya karena membaca asbtraknya. Bahkan orang rela membayar sekian dolar demi bisa membaca abstrak dan artikelnya.

Yang gak kalah pentingnya adalah introduction, di mana tidak hanya mengantarkan tulisan kepada konteksnya, akan tetapi benar-benar dapat mewakili artikelnya.

Tulisan yang baik adalah tulisan yang terstruktur. Bahkan dari introduction hingga conclusion juga harus jelas dan detail. Mempunyai konklusi adalah kontribusi dari penelitian dan limitation. Banyak orang yang belum paham bagaimana jurnal dan tesis itu berbeda. Jadi sensenya tesis dan tulisan untuk jurnal itu beda rasa.

Begitu banyak ya, ilmu yang diberitkan pada workshop ini. Prof Asfa melanjutkan penjelasan materinya dan kemudian mereview satu persatu artikel on going yang sudah dikirimkan ke hikmatuna.

Ada beberapa judul yang direview oleh Prof Asfa, ada 15 judul yang kemudian dilihat satu persatu, mulai dari segi substasi judul, problematicnya, karena apa? Karena mengganti judul dengan bahasa Asing itu bisa jadi benar namun ternyata bila tidak substantif dan problematik ya percuma juga. Kalau bisa juga judul itu tidak menyebutkan satu tempat tertentu, jadi lebih general. 

Dari 15 Judul yang diberi masukan oleh pak Asfa, semuanya belum ada yang 100% sempurna. Semuanya masih butuh diperbaiki, dan bagusnya Prof Asfa ini memberi tahu satu persatu kekurangan dari masing-masing judul.


Pemateri ke dua adalah pak Faisal, beliau mulai berbicara pada jam 20.50 wib. 

Keberhasilan TIM Jurnal ada dua, pertama keberhasilan kerja salah satu anggota tim adalah keberhasilan bersama. Dan kedua adalah keberhasilan tata kelola. 

Tata kelola ini termasuk pada maintenance dari websitenya. Tampilan website jurnal juga harus bagus. Tampilan yang bagus itu yang sederhana, menarik, dan navigasinya jelas. Yang paling penting ketersediaan server dan koneksi yang lancar dan tidak berat. Jangan sampai kita kehilangan kesempatan untuk naik index karena gara-gara koneksinya buruk.


Perlunya membuat citedness dari scopus, deskripsi jurnal harus spesific.

Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

1 comment

  1. Hallo Mbak, salam kenal ya. Semoga dengan mengikuti pelatihan bisa lebih mudah menyusun dan rutin menerbitkan jurnal Scorpus ya.

    ReplyDelete

Post a Comment