Skip to main content

ASUS VivoBook 15 A516, Laptop “all-round” untuk Kerja Lebih Maksimal

Assalamu’alaikum,

Rabu lalu, 23 Juni 2021 ada Surat Edaran no 887 Tahun 2021 tentang system kerja pegawai masa pandemic covid-19 tahun kedua di lingkungan Institut Agama Islam Negeri Pekalongan dengan pedoman SE Menteri Agama no SE 14 Tahun 2021. Inti dari SE tersebut adalah tentang pelaksanaan sistem kerja di kantor (Work from Office) paling banyak 25%. Kota dan Kabupaten Pekalongan kembali menjadi zona merah dengan kasus konfirmasi positif lumayan banyak tiap harinya.

Imbas dari pandemi Covid-19 ini memang ke semua lini dan bidang, salah satunya juga berdampak pada perguruan tinggi, tak terkecuali di IAIN Pekalongan. Bekerja yang biasanya dilakukan di kantor kini dilakukan di rumah masing-masing. Pelaksanaan dari SE ini dimulai dari Senin 28 Juni hingga 9 Juli 2021.

Hari ini, Rabu 30 Juni saya kebagian WFH kedua, untuk unit Perpustakaan menyepakati berangkatnya selang seling gitu, guys. Jadi WFH-WFO-WFH dan seterusnya. Agenda yang masih harus diselesaikan adalah input e-theses untuk skripsi mahasiswa yang lulus tahun kemaren, proses watermark dan input ini dibagi dari tim teknis.

Bulan Juni ini banyaaakk sekali pekerjaan yang harus diselesaikan, selain di unit perpustakaan, saya juga menjadi tim jurnal di Fakultas Syariah dan Pascasarjana. FYI, Jurnal di IAIN sudah banyak yang terakreditasi sinta 2, dan waktu publikasinya pada bulan Juni dan Desember atau dua kali dalam setahun. Jadi bisa kebayang dong tiap hari saya kerjaannya natap layar komputer terus.


SS Grup Perpus, kirim file E-Theses untuk diinput di Web

Kalau pas jadwalnya WFO mah enak, ya. Karena kerja di depan komputer kantor dengan layar yang lega dan lebar. Tapi kalau WFH, mau nggak mau pakai piranti yang saya punya. Asus E203M Notebook PC yang saya punya ini memang sudah setia menemani saya selama 2 tahun lebih. Asus notebook E203MAH layarnya berukuran 11.6 inci, dengan teknologi TFT LCD LED (Light Emiting Diode) backlight dengan resolusi 1366 x 768 piksel. Baterai notebook saya ini memang awet banget, bisa tahan lebih dari 10 jam standby, nggak khawatir pas listrik padam. Tapi… kalau kondisinya yang tiap hari mantengin PC karena kejar target kerjaan, saya butuh banget leptop dengan layar yang lebar biar nyamannya kaya kerja di kantor dengan PC kantor.

Saya dengan notebook E203M kesayangan

Get a WiderView of the World

Baca-baca blognya mbak Dedew, lha kok ada postingan tentang Asus yang punya Layar NanoEdge, ASUS VivoBook 15 A516. Ini nih yang saya idam-idamkan, satu laptop dengan area layar yang luas seperti apa yang saya inginkan bak melihat dunia dalam satu layar. Laptop canggih ini pasti sangat nyaman untuk bekerja, kalau nyaman untuk bekerja, pasti nyaman juga untuk nonton hiburan, yakan? Bisa buat nonton film kesukaan dengan perasaan bahagia.

Penasaran dengan laptop keluaran terbarunya asus ini, saya pun kepo ke website asus, dan WOW langsung mupeng maksimal dengan spesifikasi yang disematkan di dalam ASUS VivoBook 15 A516 ini. Layar luas dengan resolusi Full HD, lengkap dengan sudut pandang lebar plus memiliki lapisan anti-silau mampu mengurangi gangguan sinar sinar manjaahh yang tidak diinginkan, pas banget kalau saya punya leptop ini mata saya akan sangat nyaman tanpa drama-drama lagi.


Layarnya yang lebar 15.6 inci dengan 178 degree wide viewing angle akan membuat input e-theses lancar jaya, karena saya sering salah klik folder nama mahasiswa yang file-nya ratusan, karena tulisannya kecil-kecil, setidaknya kalau layarnya luas gini, tulisan bisa lebih bisa terbaca oleh mata saya yang mulai menua. 😦

Store More, Do More

Kebutuhan hidup itu memang terus berkembang, ya. Kemaren waktu rapat jurnal di pascasarjana, seorang teman bercerita kalau dia baru saja pasang SSD di Jogja. Dia juga memperlihatkan leptop mininya yang juga bermerk ASUS itu sudah bisa diajak kerja karena udah nggak lemot. Dia bilang sebelum dipasang SSD, leptopnya ini udah lemot karena file yang dia simpan di dalam notebook tersebut udah buanyak bin overload 😁

Rapat Jurnal Hikmatuna di Pascasarjana IAIN Pekalongan

“File OJS dan Artikel-artikel yang akan terbit ratusan jenk, mau nggak mau kan harus download semua yang ada di drive, bisa bisa disambi kerja di rumah”.. ucapnya sambil memainkan mouse dan beberapa kali klik-klik file yang ada di layar leptopnya itu.

“Aku seneng sekarang udah nggak lemot, ini lihat.. buka excell aja cuma sekedipan mata, hanya layarnya aja yang cuiliikk (keciill)” tambahnya lagi.

Saya pun menjawab,, “Baik, Kakak.. Anda butuh komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.” Sambil senyum renyah ala-ala SPG, temen saya ketawa sambil berbisik…. “Ntar.. kalau dana udah cair, aku pengen beli yang baru, yang juoz! ASUS VivoBook 15 A516”

Saya aminkan keinginan dia, karena jujur saya pengen upgrade juga. Apalagi laptop ASUS VivoBook 15 A516 ini juga istimiwir pada desain ruang penyimpanan ganda. Di mana kapasitas penyimpanan bisa lebih besar dan kinerja laptop bisa lebih cepat dengan storage berbasis Solid State Drive (SSD) berkapasitas mulai dari 256GB serta HDD hingga 1TB.

Wacana sekolah masih daring di semester depan, hmm.. Notebook E203M ini buat sekolah kakak Noofa, nanti ASUS VivoBook 15 A516 buat umminya. Jadi masing-masing dari kita semangat semuanya. Noofa nggak rebutan lagi dengan umminya. Untungnya sih sekarang masih libur sekolah kan ya, jadi drama rebutan leptop terminimalisir, hehe..

Kebayang nggak sih asyeknya masing-masing dari kami semuanya produktif, kakak Noofa bisa ikut zoom sekolah online dengan tenang dan nyaman karena nantinya punya sendiri lungsuran dari saya, dan saya juga produktif saat WFH dengan Laptop ASUS VivoBook 15 A516. Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2019. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data Anda.


Dulu, waktu beli Asus notebook E203M mikirnya biar simple, kecil, ringan, dan kece sekaligus kekinian. Nah, ASUS VivoBook 15 A516 ini meski layarnya lebar dan secara fisik lebih gede dari notebook saya, ternyata ASUS VivoBook 15 A516 tidak akan menjadi beban hidup loh, karena bobot keseluruhan hanya 1,8 kg, artinya laptop ini sangat portable, laptop ringan yang kekinian dengan dua pilihan warna yang cuantik banget dengan lapisan Transparent Silver atau Slate Grey.

Fast and Efficient

Agenda Unit Perpustakaan sampai bulan Juli 2021 adalah input E-theses di mana dalam satu hari ada target minimal 200 skripsi yang harus diinput ke website e-theses IAIN Pekalongan. Saya butuh banget dong ya, leptop dengan kualitas prosesor terkini. Alhamdulillah ASUS VivoBook 15 A516 punya spesifikasi bagus, mulai dari Intel® Celeron® N4020 Processor sampai level entri tertingginya dengan Intel® Core™ i5 generasi ke-10 dan grafis diskrit NVIDIA® MX330. Untuk kartu grafis ini mendukung teknologi multi-display, yang bisa mengkonfigurasi beberapa monitor untuk menciptakan pengalaman main game yang lebih imersif, contohnya bisa mempunyai bidang pandang yang lebih luas. Selain itu, dengan grafis diskrit NVIDIA® MX330 ini cucok juga untuk Youtuber yang ngedit video berjam-jam karena grafis ini suhu muat lebih rendah, berarti kartu grafis mengeluarkan lebih sedikit panas dan sistem pendinginnya beroperasi dengan baik. Intinya mah ya, Asus VivoBook 15 A516 sangat membantu kita menyelesaikan berbagai hal dengan cepat dan efisien.


Laptop dengan prosesor Intel® Core™ 10th Gen series ke atas didesain untuk performa dan mobilitas. Dengan efisiensi yang tinggi serta dimensi thin and light, laptop menawarkan peningkatan performa dan produktivitas untuk penggunanya. Konektivitas WiFi generasi terbaru juga memungkinkan transfer data 3x lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.

Types and Prices 

Duuhh sebagus itu harganya pasti mahal ya? Eiitts.. kata siapa? Kalau kata orang bilang, ada harga ada rupa. Leptop dengan spesifikasi istimiwir seperti ini cukup terjangkau loh, bisa dilihat table di bawah ini ya untuk type dan harganya.

Just touch to log in!


Untuk mendukung kerja saya yang makin bejibun, saya butuh laptop mumpuni dengan spesifikasi yang aduhai seperti yang dimiliki Asus VivoBook 15 A516. Di samping itu pengen leptop yang aksesnya mudah tapi aman. Komplit gitu karena ASUS VivoBook 15 A516 dilengkapi sensor sidik jari bawaan3 di touchpad dan Windows Hello, saat sudah disetting, jari saya hanya butuh satu kali sentuhan ke laptop ini dong, nggak perlu mengetikkan kata sandi setiap saat yang bikin praktis tapi tetap aman sulaiman.


Kerja lembur hingga malam juga tetap menyenangkan karena
Keyboard3 full-size dengan backlit pada ASUS VivoBook 15 A516 sempurna untuk bekerja di lingkungan yang minim cahaya. Didesain secara ergonomis, konstruksi satu bagian yang kokoh dan key travel 1,4 mm memberikan pengalaman mengetik yang nyaman. Ini jari yang bentuknya kaya jari jempol semua nggak akan kesasar mencet keyboard lagi karena designnya sangat passs di jari.

Constantly Connected


Untuk koneksinya gimana? Tenang sajaaa.. ASUS VivoBook 15 A516 dilengkapi dengan port USB-C® 3.2, yang didesain dapat diputar balik yang membuat menghubungkan perangkat semudah mungkin. Ini juga memberikan kecepatan transfer data hingga 10x lebih cepat, Udah ngebayangin
wus-wus-nya transfer ratusan file skripsi ke leptop ASUS VivoBook 15 A516 impianku ini. Selain port USB-C® 3.2, ada juga port USB 3.2 Tipe-A dan USB 2.0, output HDMI, dan microSD reader. Punya laptop ini jadi mudah menghubungkan semua eripheral, layar, dan proyektor.

Internal protection / HDD protection and chassis enhancements

Kelebihannya apa lagi? oh masih ada dong.. saya jabarin lagi deh yaa.. jadi ASUS VivoBook 15 A516 memiliki fitur peredam guncangan E-A-R® HDD (E-A-R® HDD protection) untuk melindungi data kita dari setiap benturan, sementara sasis (chassis) yang diperkuat meningkatkan pengetikan dan memungkinkan kita untuk membuka dan menutup penutup dalam satu gerakan halus.


Saya kan sering bepergian dan membawa laptop di dalam ransel, selain itu saya juga sering banget kerja saat perjalanan di kereta atau saat di dalam mobil. Saya tidak mau dong laptop yang saya bawa cepet rusak karena seringnya mendapatkan guncangan saat perjalanan. Komponen lempeng pada HDD laptop memiliki kemungkinan bergerak ketika sedang beroperasi. Meski dibatasi dengan sekat, masih ada kemungkinan pergerakan dalam hitungan nanometer yang tidak terlihat secara kasat mata.

Nah, Laptop dengan HDD biasanya lebih rentan potensi kerusakan fisik dibandingkan dengan SSD. HDD pada ASUS VivoBook 15 A516 dilengkapi dengan fitur peredam getaran HDD E-A-R® untuk melindungi data milik kita dari setiap benturan. Perlindungan hard drive aktif secara otomatis mendeteksi getaran dan benturan di tiga sumbunya, untuk secara efektif mengurangi kemungkinan kerusakan HDD, jadi kita tak perlu khawatir saat bekerja, meskipun sedang berada di dalam kendaraan.

Ya Allah, udah kemecer ini pengen upgrade laptop E203M ke ASUS VivoBook 15 A516 yang all-round supaya saya bisa kerja dengan nyaman, cepat, dan efisien, dengan semua serba efisien, dengan begitu kerja saya baik WFO muapun WFH bisa maksimal. Bismillah..
#BiggerDreamWiderScreen





Source:

Comments

  1. Mbaaa lihat in aku jadi mupeng. Pas laptop di rumah ngambek, jadi pengen ini

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)

Popular posts from this blog

Granuloma Umbilikalis Pada Bayi

Assalamu’alaikum, sahabatku.. semoga selalu sehat, ya. Amin. . . Postingan kali ini saya mau bercerita tentang Granuloma Umbilikalis Pada Bayi . Ini tentang Nooha, anak kedua saya yang lahir pada tanggal 5 Januari 2017 yang lalu. Sampai hari ini usianya sudah 3 bulan 4 hari. Alhamdulillah dia tumbuh dengan baik, sehat, dan ceria. Harapannya tentu seperti itu, bukan? Tetapi, ada sesuatu yang pernah membuat saya khawatir, yaitu masalah tali pusarnya. Dia puput usia 7 hari, tapi saya melihat pada pusarnya itu masih ada yang basah, jadi proses lepasnya puput itu seperti belum waktunya gitu. Dan benar saja setiap hari ada bekas seperti nanah pada kaos dalamnya. Kalo saya ibaratkan itu seperti lelehan lilin yang menempel di kaos. Baunya khas tapi tidak seperti bau nanah, enggak pesing, ataupun bau enggak enak lainnya. Setiap hari ada bekasnya di kaos, sesekali membesar berwarna merah, seperti daging tumbuh. Nanti meleleh lagi, terus seperti itu setiap hari. Saya takut k

USAHA MIKRO; TETAP BERTAHAN DI TENGAH PANDEMI BERSAMA PIP

Kurang lebih 6 bulan masyarakat Indonesia berperang melawan pandemi Covid-19, dan hingga saat ini perang tersebut belum ada indikasi berakhir. Pandemi Covid-19 di Indonesia yang diketahui sejak awal bulan Maret 2020 harus memaksa sebagian besar masyarakat Indonesia untuk membatasi aktivitasnya agar penularan dapat dicegah. Dampak dari pembatasan tersebut mengakibatkan berbagai sektor terkena imbas akibat terhentinya aktivitas masyarakat. Di antara sektor yang paling parah terkena dampak Covid 19 adalah sektor ekonomi. Bukan hanya dalam skala makro, pandemi Covid-19 ini pun menghantam sektor mikro, bahkan tak tanggung-tanggung para pedagang kecil dan pelaku UMKM juga terkena imbasnya. Bahkan tidak sedikit dari mereka harus gulung tikar dan tidak dapat melanjutkan usahanya karena mengalami banyak kerugian, mulai dari turunnya pendapatan, hingga tidak lakunya barang-barang hasil produksi mereka.  Jika kita mau menengok lebih dalam lagi, UMKM di Indonesia sangat banyak jumlahnya, usaha ini

Pengalaman Operasi Bedah Mulut (Gigi Bungsu) dengan Menggunakan BPJS

Halo Assalamu'alaikum, Sudah lama banget sebenarnya saya pengen posting pengalaman saya operasi gigi bungsu ( impacted teeth ) di Rumah Sakit Siti Khodijah Pekalongan.  Sebelumnya sudah saya posting di channel youtube saya, bisa nonton di sini dulu biar ada pandangan hehehe. Nah, jadi ceritanya semalam ada yang chat WA ke saya, namanya Doni dari Indramayu dia nanya-nanya soal pengalaman saya operasi gigi bungsu karena semingguan lagi dia juga mau operasi gigi bungsu di rumah sakit di Indramayu.  Dari permintaan dan saran doi akhirnya saya menulis postingan ini. Terasa semangat gitu kan ya kalau postingan kita di sosial media organik terus ada yang nyari kemudian nyari kontak kita untuk tanya-tanya lebih lanjut. Alhamdulillah sekali selama ini masih banyak pembaca blog dan viewer youtube yang kemudian bisa lanjut obrolan dengan chat pribadi. Terima kasih banyak,.. Kenapa Gigi Bungsu Sebaiknya Dicabut? Biasanya gigi bungsu akan tumbuh ketika kita sudah dewa