header cah kesesi ayu tea

2 Resep Salad Buah yang Mudah dan Praktis

Hai Guys. Banyak orang yang takut menghadapi pandemi gini. Padahal tips yang paling mudah itu dengan menjaga imun tubuh biar tetep bagus. Salah satunya makan makanan bargizi, perbanyak makan buah dan sayur.



Ngomongin buah, jadi inget salad kan jadinya. Salad buah adalah makanan segar yang terbuat dari berbagai macam buah. Biasanya salad buah disajikan sebagai dessert atau hidangan penutup. Berbeda dengan salad yang biasanya terbuat dari sayuran, jenis dessert ini terbuat dari berbagai macam buah-buahan. Salad buah sebenernya tidak mesti untuk dijadikan sebagai makanan penutup saja, namun bisa juga dinikmati sebagai menu harian. Selain itu dengan kalian sering mengonsumsi salad buah tubuh kalian akan jauh lebih sehat dan segar loh. Nah jika kalian tertarik untuk membuat salad buah, artikel ini akan memberikan beberapa resep salad buah untuk kalian. Berikut di antaranya:


Salad Buah Jelly

Bahan-bahan yang di perlukan:
Dua buah pir
Satu buah jeruk
Satu bungkus nutrijell (bebas yang kamu inginkan)
Satu bungkus susu kental manis
Satu bungkul mayonnies
Satu bungkul keju (ukuran kecil)
Satu cup yoghurt cimory (ukuran kecil)

Cara Membuatnya:

Pertama, kalian buat agar-agar nutrijel terlebih dahulu. Setelah jadi, potong-potong berbentuk dadu

Kemudian potong dadu juga buah pirnya.

Untuk membuat sausnya, kalian bisa campurkan susu kental manis, mayonnies, dan yoghurt, lalu aduk-aduk hingga tercampur merata.

Gabungkan potongan agar-agar nutrijellnya dengan buah pir, lalu siram dengan campuran saus.

Kupas buah jeruk, kemudian tambahkan di atasnya, dan tambahkan juga taburan parutan keju.

Dan salad buah Jelly pun siap dihidangkan

 



Salad Buah Susu Keju Coklat

Bahan-bahan yang di butuhkan:

Buah-buahan segar seperti apel, anggur, semangka, melon, buah naga, dan papaya
180 gr mayoneise
250 gr yoghurt
Susu kental manis secukupnya

Bahan Saus Salad:

Keju cheddar
Coklat batangan

Cara membuatnya:

Pertama, buat saus mayones nya terlebih dahulu, masukkan mayones ke dalam mangkok atau wadah berukuran sedang, kemudian tambahkan susu kental manis putih secukupnya. Aduk dengan sendok hingga saus tercampur dengan rata.

Selanjutnya masukkan yoghurt secukupnya (saus jangan sampai menjadi cair), aduk hingga merata

Jika semua bahan saus sudah tercampur, koreksi rasanya. Apakah rasanya sudah pas atau belum, jika terlalu cair dan terlalu manis maka tambahkan mayones lagi. Tapi jika terlalu kental tambahkan yoghurt lagi. Jika terlalu asam tambahkan susu kental manis lagi hingga rasa benar-benar pas sesuai keinginan kalian.

Setelah membuat saus, selanjutnya siapkan buah-buahan segar, cuci dan kupas jika ada yang perlu di kupas kemudian potong kecil-kecil sesuai selera kalian. Letakan di dalam mangkok, piring, cap atau toples mendatar yang ada tutupnya.

Jika semua buah-buahan sudah siap di tempatnya, segera campurkan setengah dari saus yang sudah dibuat tadi ke dalam wadah buah-buahan berserta sausnya hingga rata menggunakan sendok. Jika sudah rata, campur semua sisa saus lalu aduk kembali sampai benar-benar rata semuanya.

Terakhir sebagai topping, parut keju di sisi atas buah-buahan yang sudah tercampur dengan saus tadi. Sedangkan untuk satu sisinya beri taburan parutan coklat batangan sesuai keinginan kalian. Bisa juga ditambahkan hiasan lagi seperti potongan buah anggur, kiwi, lemon untuk mempercantik tampilan saladnya.

Jika sudah selesai, tutup wadahnya dan dinginkan terlebih dahulu di dalam kulkas (bukan di freezer) kurang lebih selama 2 hingga 3 jam. Karena salad buah lebih nikmat disantap dalam keadaan dingin. Dan salad buah susu keju coklat pun siap disajikan.
Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment