Atasi Rambut Rontok dengan Finasteride - Cah Kesesi AyuTea

Atasi Rambut Rontok dengan Finasteride

Assalamu’alaikum,

Apa kabar temen-temen semua? Bagaimana persiapan lebarannya? Sudah punya rencana mau ngapain aja nanti saat Idul Fitri? Baju baru mungkin? Atau mau potong rambut gaya baru?

Bicara soal rambut, saya jadi pengen cerita tentang suamiku nih. Jadi gini, suamiku ini udah beruban sejak duduk di bangku sekolah menengah. Hampir semuanya putih gitu. Sampai saat kuliah jumlah rambut yang berwarna putih sudah hampir separo. Disamping rambut mulai beruban, rambut suami juga sering rontok. Saya berspekulasi bahwa rontok rambut yang dialami oleh suami karena faktor stress akibat terlalu banyak beban pikiran.


Bukan hanya karena tugas akademik, tetapi juga karena suami banyak mengikuti kegiatan intra dan ekstra kampus, sehingga hal tersebut membuat beban pikiran menjadi lebih berat. Belum lagi ditambah dengan beban harus mencari uang sendiri dengan bekerja part time demi bisa membayar uang kuliah sekaligus biaya hidup sehari-hari. Maklum saja suami berasal dari keluarga yang kurang mampu sehingga biaya kuliah harus ditanggung sendiri.

Hal itulah yang aku yakini sebagai salah satu faktor yang menjadikan suami sering mengalami beban pikiran yang mengakibatkan rambutnya sering rontok, meskipun tidak banyak. Selain itu saya juga yakin bahwa penyebab rambut rontok yang dialami suami juga dikarenakan faktor genetik dan keturunan dari orang tua. Apalagi suami pernah bercerita bahwa bapak mertua memiliki rambut yang tipis karena sering rontok sejak muda sampai tua. Selain itu kakak ipar saya juga pernah berkata bahwa rambutnya juga mengalami kerontokan meskipun tidak banyak.

Saya juga beberapa kali membaca informasi dari baik dari surat kabar maupun online bahwa memang tidak bisa dipungkiri bahwa siapapun bisa mengalami kerontokan rambut baik itu pria maupun wanita. Apalagi jika usia seseorang sudah memasuki 30 tahun ke atas, pertumbuhan rambut akan melambat dan volume rambut juga akan berkurang. Sehingga Tidak mengherankan jika seseorang sudah memasuki usia 30 tahun ke atas pertumbuhan rambut akan bisa stagnan, bahkan bisa saja rambut akan mengalami kerontokan dan menipis.

Hal itu pula yang terjadi pada suami saya, dimana ketika saya membandingkan rambut suami saat masih kuliah dulu di usia sekitar 25 tahun dengan saat ini usia suami sudah 35 tahun memang berbeda. Jika dulu rambut suami kelihatan tebal meskipun mulai beruban dan juga beberapa kali rontok, namun kondisi sekarang berbeda dimana rambut suami terlihat lebih tipis dan ubannya lebih banyak lagi.

Dalam hal ini saya menjadi sedikit parno, apalagi saya juga pernah membaca di berita di internet bahwa bahwa kerontokan rambut merupakan salah satu pertanda adanya masalah kesehatan seseorang seperti terkena anemia atau tiroid, maka wajar dunk jika aku menjadi kuatir dengan kondisi kesehatan suami. Apalagi dalam berita yang saya baca dijelaskan bahwa kekurangan protein dapat menyebabkan rambut rontok, sedangkan saya tahu bahwa suami tidak terlalu suka mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar protein tinggi. Hal itu juga ditambah suami kurang suka mengkonsumsi sayuran hijau yang kaya zat besi, padahal yang saya tahu kekurangan zat besi juga dapat menjadi faktor penyebab rambut rontok pada pria. Hal itulah yang menjadi kekuatiran saya, dimana kesehatan suami bermasalah jika melihat faktor rambutnya yang rontok dan kian menipis.

Namun saat ini kekhawatiranku mengenai masalah yang sedang dihadapi suami mulai sirna setelah menemukan informasi tentang cara mengatasi masalah rambut rontok yang dialami suami. Solusi tersebut adalah dengan rutin mengkonsumsi obat bernama finasteride.
Finasteride (28pc) adalah obat minum khusus untuk pria yang sudah disetujui oleh FDA untuk membantu mengatasi rambut rontok. Produk ini melindungi perubahan testosteron menjadi DHT (hormon yang melukai sel rambut) yang menjadi penyebab utama rambut rontok pada pria.

Yang paling penting saat ini saya lakukan adalah senantiasa memotivasi suami agar rutin mau mengkonsumsi Finasteride (28pc), bukan hanya itu saja saya juga mengingatkan suami agar lebih banyak mengkonsumsi makanan sehat yang banyak mengandung protein dan zat besi untuk mencegah kerontokan rambut. Selain mengkonsumsi Finasteride (28pc), menjaga pola makan yang sehat, saya juga senantiasa mengajak suami untuk melakukan olahraga rutin agar kesehatannya terjaga, sehat jasmani dan juga sehat rambutnya agar tidak rontok lagi.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)