Penyebab Vertigo Muncul - Cah Kesesi AyuTea

Penyebab Vertigo Muncul



Vertigo merupakan kondisi yang menyebabkan penderitanya pusing sampai merasa pandangannya berputar-putar. Gejala ini bisa dialami oleh siapapun terutama individu yang menderita diabetes, stroke, migrain, parkinson, atau tumor otak. Terdapat beberapa kondisi yang menyebabkan gejala ini. Dengan mengetahui penyebabnya, maka Anda dapat menghindari kemungkinan terserang gejala pusing sampai memutar. 

Penyakit yang Menyebabkan Vertigo 

Terdapat 2 penyebab utama mengapa seseorang bisa pusing sampai berputar, yaitu perifer dan sentral. Perifer disebabkan adanya gangguan keseimbangan di telinga dalam, sedangkan sentral disebabkan adanya gangguan di saraf atau otak. Berikut kondisi-kondisi yang menyebabkan munculnya gejala pusing berputar. 

1. Labirinitis 

Di telinga dalam terdapat 2 saraf keseimbangan yang nantinya mengirim sinyal ke otak. Kondisi labirinitis terjadi ketika muncul inflamasi pada salah satu saraf tersebut. Inflamasi tersebut membuat saraf tidak bisa mengirim sinyal keseimbangan dan membuat individu tersebut mengalami vertigo. Selain menyebabkan pusing berputar, labirinitis memunculkan gejala lain mual muntah, pergerakan mata tidak bisa dikontrol, dan telinga bersuara. Untuk mengatasi pusing berputar ini, Anda harus mengatasi kondisi labirinitisnya terlebih dulu supaya saraf bisa bekerja normal kembali. 

2. BPPV 

BPPV adalah kondisi ketika otolit dalam vestibular labirin telinga bagian dalam terbentuk kristal. Padahal otolit berfungsi sebagai pemantau gerakan dan posisi kepala. Jika terdapat kelainan di otolit, maka fungsinya tidak akan berjalan dengan normal. Akibatnya, telinga menjadi sangat sensitif dengan gravitasi sehingga membuat kepala akan terasa berputar. Kristal tersebut bisa berpindah ke saluran semisirkular. Kondisi ini menyebabkan telinga menjadi lebih sensitif terhadap gravitasi dan menimbulkan gejala pusing berputar menjadi lebih parah. 

3. Penyakit meniere 

Penyakit meniere adalah kondisi ketika ditemukan telinga bagian dalam rusak, termasuk bagian-bagian di dalamnya. Penyebab penyakit meniere diduga disebabkan oleh adanya peningkatan cairan di telinga bagian dalam yang dicetuskan dari berbagai kondisi seperti trauma, kelainan genetik, infeksi, penyumbatan, migrain, atau alergi. Salah satu manifestasi penyakit meniere adalah vertigo. Agar pusing berputar bisa hilang dan telah diketahui adanya penyakit meniere, maka perlu diketahui penyebab munculnya penyakit meniere tersebut. 

4. Kehamilan 

Ibu hamil mengalami berbagai perubahan kondisi tubuh untuk menyesuaikan adanya janin dalam rahim. Perubahan yang dialami antara lain kadar hormon, glukosa darah, dan kondisi pembuluh darah. Perubahan yang cukup banyak dan signifikan ini berpengaruh terhadap keseimbangan tubuh dan membuat ibu hamil rentan mengalami pusing berputar terutama pada masa trimester pertama. Setelah melewati masa trimester pertama, gejala pusing berputar perlahan akan berkurang. 



Kondisi vertigo bisa disebabkan oleh banyak hal. Mengetahui penyebab munculnya pusing berputar sangat penting karena berpengaruh terhadap manajemen terapi yang akan didapatkan. Konsultasikan dengan tim dokter sehatq.com melalui aplikasi My SehatQ. 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)