Skip to main content

Penyebab Vertigo Muncul



Vertigo merupakan kondisi yang menyebabkan penderitanya pusing sampai merasa pandangannya berputar-putar. Gejala ini bisa dialami oleh siapapun terutama individu yang menderita diabetes, stroke, migrain, parkinson, atau tumor otak. Terdapat beberapa kondisi yang menyebabkan gejala ini. Dengan mengetahui penyebabnya, maka Anda dapat menghindari kemungkinan terserang gejala pusing sampai memutar. 

Penyakit yang Menyebabkan Vertigo 

Terdapat 2 penyebab utama mengapa seseorang bisa pusing sampai berputar, yaitu perifer dan sentral. Perifer disebabkan adanya gangguan keseimbangan di telinga dalam, sedangkan sentral disebabkan adanya gangguan di saraf atau otak. Berikut kondisi-kondisi yang menyebabkan munculnya gejala pusing berputar. 

1. Labirinitis 

Di telinga dalam terdapat 2 saraf keseimbangan yang nantinya mengirim sinyal ke otak. Kondisi labirinitis terjadi ketika muncul inflamasi pada salah satu saraf tersebut. Inflamasi tersebut membuat saraf tidak bisa mengirim sinyal keseimbangan dan membuat individu tersebut mengalami vertigo. Selain menyebabkan pusing berputar, labirinitis memunculkan gejala lain mual muntah, pergerakan mata tidak bisa dikontrol, dan telinga bersuara. Untuk mengatasi pusing berputar ini, Anda harus mengatasi kondisi labirinitisnya terlebih dulu supaya saraf bisa bekerja normal kembali. 

2. BPPV 

BPPV adalah kondisi ketika otolit dalam vestibular labirin telinga bagian dalam terbentuk kristal. Padahal otolit berfungsi sebagai pemantau gerakan dan posisi kepala. Jika terdapat kelainan di otolit, maka fungsinya tidak akan berjalan dengan normal. Akibatnya, telinga menjadi sangat sensitif dengan gravitasi sehingga membuat kepala akan terasa berputar. Kristal tersebut bisa berpindah ke saluran semisirkular. Kondisi ini menyebabkan telinga menjadi lebih sensitif terhadap gravitasi dan menimbulkan gejala pusing berputar menjadi lebih parah. 

3. Penyakit meniere 

Penyakit meniere adalah kondisi ketika ditemukan telinga bagian dalam rusak, termasuk bagian-bagian di dalamnya. Penyebab penyakit meniere diduga disebabkan oleh adanya peningkatan cairan di telinga bagian dalam yang dicetuskan dari berbagai kondisi seperti trauma, kelainan genetik, infeksi, penyumbatan, migrain, atau alergi. Salah satu manifestasi penyakit meniere adalah vertigo. Agar pusing berputar bisa hilang dan telah diketahui adanya penyakit meniere, maka perlu diketahui penyebab munculnya penyakit meniere tersebut. 

4. Kehamilan 

Ibu hamil mengalami berbagai perubahan kondisi tubuh untuk menyesuaikan adanya janin dalam rahim. Perubahan yang dialami antara lain kadar hormon, glukosa darah, dan kondisi pembuluh darah. Perubahan yang cukup banyak dan signifikan ini berpengaruh terhadap keseimbangan tubuh dan membuat ibu hamil rentan mengalami pusing berputar terutama pada masa trimester pertama. Setelah melewati masa trimester pertama, gejala pusing berputar perlahan akan berkurang. 



Kondisi vertigo bisa disebabkan oleh banyak hal. Mengetahui penyebab munculnya pusing berputar sangat penting karena berpengaruh terhadap manajemen terapi yang akan didapatkan. Konsultasikan dengan tim dokter sehatq.com melalui aplikasi My SehatQ. 

Comments

Popular posts from this blog

Granuloma Umbilikalis Pada Bayi

Assalamu’alaikum, sahabatku.. semoga selalu sehat, ya. Amin. . . Postingan kali ini saya mau bercerita tentang Granuloma Umbilikalis Pada Bayi . Ini tentang Nooha, anak kedua saya yang lahir pada tanggal 5 Januari 2017 yang lalu. Sampai hari ini usianya sudah 3 bulan 4 hari. Alhamdulillah dia tumbuh dengan baik, sehat, dan ceria. Harapannya tentu seperti itu, bukan? Tetapi, ada sesuatu yang pernah membuat saya khawatir, yaitu masalah tali pusarnya. Dia puput usia 7 hari, tapi saya melihat pada pusarnya itu masih ada yang basah, jadi proses lepasnya puput itu seperti belum waktunya gitu. Dan benar saja setiap hari ada bekas seperti nanah pada kaos dalamnya. Kalo saya ibaratkan itu seperti lelehan lilin yang menempel di kaos. Baunya khas tapi tidak seperti bau nanah, enggak pesing, ataupun bau enggak enak lainnya. Setiap hari ada bekasnya di kaos, sesekali membesar berwarna merah, seperti daging tumbuh. Nanti meleleh lagi, terus seperti itu setiap hari. Saya takut k

Kartu ATM Bisa Kadaluarsa

Mungkin pembaca bingung dengan judul postinganku ini, Masa iya sih Kartu ATM bisa kadaluarsa atau expired? Jawabannya adalah IYA. Ini kisah nyata lhoo ya, bukan fiktif. Hihihi.. sebelum mulai bercerita, mau tanya dulu, kalian semua punya kartu ATM kan? Hehehe.. Iya deh iya.. percaya kalian semua punya, bahkan seperti halnya gadget, kalian juga pasti punya lebih dari satu ATM kan? Hihihi..  Oke, mulai ceritanya ya, sebenarnya i ni cerita sudah beberapa tahun yang lalu, jadi waktu itu aku belanja di Mini Market deket kontrakan, karena bawa uang cuma Rp50.000 dan khawatir kurang, aku meminta Aby untuk mengambil uang di ATM dulu, kebetulan ada mesin ATM di dalam mini market tersebut. Nggak lama Aby berdiri di depan mesin ATM itu. Aku kira sudah ambil uangnya, ternyata belum dan Aby bilang kalau Kartu ATMku sudah kadaluarsa. Aku kaget donk ya, kok bisa kedaluarsa? Serius? Dengan deg-degan dan penasaran, aku minta kartu ATMku dan menuju ke mesin ATM. Hmmmm...  ternyata benar, waktu a

Jenis Sabun untuk 7 Langkah Cuci Tangan

Di beberapa tempat dengan gerakan cuci tangan sebagai praktik umum yang biasa dilakukan sehari-hari, banyak terdapat air bersih serta sabun, sebagian besar masyarakat justru tidak menyadari hal penting 7 langkah cuci tangan dengan sabun. Sementara pada lingkungan kumuh atau padat, maka kebiasaan mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun sebenarnya dapat membantu untuk menurunkan separuh dari jumlah penderita diare. Gambar pinjem dari web iinformasitips