DomaiNesia, Jasa Layanan Domain dan Hosting Murah di Indonesia - Cah Kesesi AyuTea

DomaiNesia, Jasa Layanan Domain dan Hosting Murah di Indonesia

Assalamu’alaikum, 


Teringat seorang teman yang membuka warung kopi di kawasan bumi perkemahan Linggo Asri Kajen, Kabupaten Pekalongan. Kedai Kopi Kapeo yang belum genap sebulan tapi omset perharinya sudah di atas 2 juta rupiah. 

Pengelolanya bercerita ke saya, kalau dia baru promosi di instagram, dan dia pengen promosi ke blog dengan membuat website. Salah satu yang nantinya menjadi isi dari blog itu adalah testimoni pengujung yang di-post di sosial media. 

Ketika ingin membuat blog untuk media promosi, salah satu yang perlu diperhatikan adalah penentuan nama domain untuk blognya. Jika sudah punya brand dari pada produk tersebut, lebih baik menggunakan nama produk tersebut untuk nama domain blog. 

Obrolan kami pun berlanjut dengan secangkir kopi dan sepiring kentang goreng, Karena dia belum paham bagaimana sih untuk bisa bikin blog untuk media promosi yang professional, maka saya harus menjelaskan dulu di obrolan sore itu. Suara tenggeret membuat obrolan kami menjadi lebih hikmad. 

Satu hal penting ketika membuat blog adalah menentukan nama domain. Karena nama domain lah yang nantinya menjadi branding dari blog kita. Kemudian yang kedua adalah menentukan mau menggunakan domain apa? Mau dotcom, dotnet, atau yang lainnya, di mana dengan domain seperti ini, blog akan menjadi terlihat professional. 

Apa itu domain? domain adalah sebuah nama unik yang dipakai pada sebuah website/blog. Nama unik ini berada dibelakang nama website. Dengan menggunakan domain yang unik, website/blog kita akan terlihat menjadi professional. Terutama untuk yang benar-benar serius dalam mengelolanya, suatu website membutuhkan nama dan ciri khas, agar bisa membedakan dengan website yang lainnya. 

Misalnya, teman saya ini ingin membuat blog untuk kedai kopinya, bisa menggunakan nama domain kapeokopi dan untuk domainnya bisa menggunakan dotcom. 

Selanjutnya adalah penentuan niche, untuk kedai kopi begini sudah barang tentu niche nya tentang perkopian. Nanti blognya bisa diisi dengan artikel-artikel pengetahuan tentang biji kopi, manfaat kopi, dan lain sebagainya. 

Nah, jika sudah ada minimal menentukan nama domain, domain, dan niche. Selanjutnya adalah menyewa domain tersebut di penyedia jasa layanan domain. 

Ngomongin masalah penyedia layanan domain dan hosting, saya punya rekomendasi nih, yaitu DomaiNesia. 

Apa Itu Domainesia? 


DomaiNesia adalah salah satu penyedia jasa layanan hosting hingga domain dalam keperluan akses cepat sebuah website hingga blog yang ada di Indonesia. Domainesia menawarkan jasa penyedia layanan domain dan hosting dengan harga yang murah. Meskipun demikian, domainesia tidak murahan, ya. Karena secara kualitas dan kecepatan pelayanan, domainesia bisa menjadi salah satu penyedia layanan domain favorit di Indonseia. 

Berikut saya rangkumkan kelebihan Domainesia:

1. Tampilan Website Friendly, artinya meskipun newbie akan mudah mengerti
2. Proses Pembayaran Cukup Mudah
3. Proses Konfirmasi Cepat, jadi nggak perlu galau bak nungguin doi, yes. 
4. Playanan Yang Cukup Baik, namanya juga penyedia jasa yak an… kalau nggak baik ya bijimane..
5. Opetor pro aktif ketika diminta bantuan untuk pemasangan domain jika bingung atau terjadi masalah. 

Kemudian, setelah membuat website atau blog untuk media promosi, di domainesia juga mendukung tema dan template untuk website yang terlihat professional seperti layaknya ecommmerse. 

Di sini ada software Online Shop yang baik dan bisa mendukung untuk menjadi website yang terlihat professional, perangkat lunak tersebut bernama prestaShop. 

Oiya, saya juga akan sedikit menjelaskan tentang PrestaShop. 

Apa Itu Prestashop? 

Prestashop merupakan perangkat lunak yang sudah diresmikan sejak tahun 2007 di bawah lisensi Open Software. 

Produk ini sangat populer dan telah digunakan oleh lebih dari 250 ribu toko di seluruh dunia. Selain itu, ia juga berperan sebagai wadah bagi komunitas open source ecommerce terbesar dengan peserta lebih dari 700 ribu anggota. 

Produk ini sangat digandrungi oleh banyak orang sebab prestashop gratis. Meskipun gratis, tapi memiliki fitur-fitur yang bejibun, khususnya untuk kebutuhan berdagang online. Oiya, software PrestaShop juga tersedia dalam 63 bahasa yang berbeda, loh. Dan bahasa Indonesia juga termasuk tersedia di dalamnya.. 

Kelebihan Software PrestaShop 

Dikutip dari website domainesia, di sana terdapat kelebihan-kelebihan Ragam kelebihan PrestaShop, semua terpaparkan dari sejumlah fitur yang tersaji. Di mana, fitur yang tersedia memungkinkan para pegiat bisnis online untuk melakukan promosi penjualan secara maksimal, bahkan mendukung pengelolaan internalnya. Jika ditotalkan, fitur-fitur yang tersedia di PrestaShop bisa mencapai sekitar 250 Fitur. Adapun fitur-fitur yang disediakan software PrestaShop di antaranya: 

Templatable, maksudnya, PrestaShop sangat mudah diinstal dan diatur tampilannya, mudah mula mengedit source code-nya. 

Store Builder, artinya, kamu bisa membangun toko kamu dengan cara membuat katalog produk tanpa batasan. 

Shopping cart merupakan fitur yang sangat bermanfaat, sebab memudahkan pelanggan untuk memesan dan melakukan pembelian di toko kamu. 

PrestaShop tersedia dalam layanan mobile, sehingga ketika kamu menggunakan software PrestaShop untuk membuat toko online, toko kamu akan muda diakses oleh berbagai platform web browser. 

Tersedia layanan e-Marketing, di mana kamu bisa bebas berpromosi dan memanjakan pelanggan dengan ragam kemudahan dan kelengkapan informasi. 

PrestaShop mendukung sistem berbasis modules. Artinya, kamu secara dinamis dapat menambahkan fitur-fitur baru di toko online sesuai kebutuhan. 

EO Optimised merupakan satu lagi fitur PrestaShop yang mendukung SEF URL, meta keywords, meta data, dan perangkat lainnya. Ini memungkinkan performa toko online kamu bagus dan diberi peringkat oleh mesin pencari. 

Fitur “Sales Reports” akan sangat membantu dalam mengelola toko untuk menganalisis laporan penjualan dengan statistik yang gemilang. Laporan bisa kamu cek setiap saat. 

Terdapat fitur cart, featured products, tag produk dan ragam pendukung informasi produk lainnya. 

Menyediakan ragam jenis pembayaran yang memudahkan konsumen dalam bertransaksi. Jenis pembayaran yang dimaksud bisa berupa transfer bank, paypal maupun kartu kredit. 

Selain unggul dari segi fitur, PrestaShop telah membuktikan prestasi dan eksistensinya dengan mendapat penghargaan dunia maya sebagai software Solusi Open Source Terbaik E-Commerce pada 2010 dan 2011. 

Kelemahan Software PrestaShop 

Meski kita disuguhkan dengan ragam fitur yang canggih dan menguntungkan, PrestaShop rupanya juga memiliki sejumlah kelemahan. Di antara kelemahan tersebut yakni belum tersedianya media untuk interaksi antara user, sehingga pengguna hanya bisa memberikan komentar. 

Selain itu, perawatan dan pengelolaan backend masih terbilang sangat lambat. Satu hal lagi yang kerap dinilai sebagai kekurangan software PrestaShop yakni dari segi template yang terbatas untuk yang versi gratisan. Namun terlepas dari semua itu, PrestaShop telah sangat besar perannya dalam memajukan geliat bisnis online di tanah air, bahkan seluruh dunia. 


Adanya software ini sangat membantu para pelaku sosial media, khususnya untuk mereka yang ingin mempunyai blog/website untuk promo produk jualannya. Kapeo Kopi juga bisa kan? Udah gratis, manfaatnya banyak pula.

20 comments:

  1. Om klo bikin toko online untuk pemula baiknya pakai woocommerce atau prestashop ini ya?

    ReplyDelete
  2. Dengan pemilihan domain dan jasa hosting yang tepat, seperti domainesia, pemasaran usaha secara online akan semakin lancar ya, apalagi juga disediakan software pendukungnya.

    ReplyDelete
  3. Asyik nih sekarang makin banyak aja jasa penyedia domain ya berarti memang profesi blogger dan bisnis jasa website mulai menjanjikan ya

    ReplyDelete
  4. Wah newbie mudah mengerti ya kalau disini heuheu. Saya sendiri domain blog dibantuin mba Lidya dan beruntung banget dibantuin beliau soale saya gaptek hehe.

    ReplyDelete
  5. Operator yang pro aktif itu sangat penting. 'Kan gak semua cutomer bisa mengerjakan sendiri. Kayak saya tipe yang agak gaptek. Kalau operatornya pro aktif jadinya nyaman

    ReplyDelete
  6. Domainesia cocok buat UMKM juga ya?
    Saat menyongsong era industri 4.0 seperti sekarang jual beli sistem digital, promosi pun sudah meningkat salah satunya dengan branding melalui blog ya...

    ReplyDelete
  7. Wah mb Normal aku pas lagi butuh info nih mau bikin blog lagi untuk tulisan khusus review

    ReplyDelete
  8. Dua blok ku juga dibikin di domainesia dan alhamdulillah sih sudah balik modal lagi makin semangat ngeblog dengan beternak blog

    ReplyDelete
  9. Bener mbak untuk nama domain bagusnya memang cari nama yang unik biar bisa bangun personal branding juga. Apalagi kalau yang mau bikin website/ blog itu sebuah olshop. Btw saya baru tahu nih tentang software PretaShop. Thanks penjelasannya ya Mbak, ya siapa tahu juga saya berminat mau buka website Olshop, bisa menggunakan jasa layanan dari Domainesia ini.

    ReplyDelete
  10. Semakin banyak provider yg menyediakan hosting dan domain ya..jd banyak pilihan juga jadinya...

    ReplyDelete
  11. Tampilan Website yang Friendly memang akan sangat memudahkan pengunjung website tersebut yaa, Mba. Dan biasanya bila pengunjung suka pada website yang dikunjunginya pasti akan balik lagi ke website tersebut :)

    ReplyDelete
  12. Saya pakai domainesia, dan alhamdulillah sudah berjalan 3 tahun (sejak memutuskan pindah me domainesia) tidak pernah lagi blog nggak bisa diakses, puas sama layanannya, bahkan pindah http ke https juga dibantuin, cocoklah buat emak gaptek kayak saya

    ReplyDelete
  13. Sejujurnya aku baru tahu ada domainnesia ini hehe.. duh kemana aja deh aku.. tapi memang yang urus domain blog aku biasaya suami aku.. jadi aku kurang paham.. noted mba jadi banyak belajar nih tentang dunia domain di indonesia

    ReplyDelete
  14. Di Domainnesia ini harganya kompetitif gak?
    Hehehe...selalu yaa...emak-emak yang ditanya, pasti harga.

    ReplyDelete
  15. Aku juga baru tau niih ..tapi memang enak sekarang banyak pilihannya mba

    ReplyDelete
  16. Pelayanan yang baik dan cepat dan koneksi hosting yang cepat memang patut jadi acuan ya dalam milih jasa hosting.

    ReplyDelete
  17. Sering denger domainesia tapi blm ada kesempatan pakai. Jadi prestashop ini cocok buat online shop yang punya website gtu aja taua kalau buat blog yg kyk kita punya juga bisa dipakai mbak?

    ReplyDelete
  18. aku kemarin sempat pengen beli hosting dan domain di domainesia lho karna ak liat penawarannya murah murah gitu, CS nya cepat tanggap gak ya kalau ada komplain?

    ReplyDelete
  19. Belum pernah coba Domainesia tapi kata temen suami lumayan baguslah pelayanannya
    Saya baru tahu ada ini malahan

    ReplyDelete
  20. Udah sering dengar nama Domainesia, tapi belum pernah coba sih. Nanti coba intip-intip ah websitenya, siapa tahu ada penawaran atau layanan yang cocok dan bisa aku coba.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)