Lima Kuliner Enak di Malioboro yang Wajib Kamu Coba! - Cah Kesesi AyuTea

Lima Kuliner Enak di Malioboro yang Wajib Kamu Coba!

Assalamu'alaikum, 

Yogja, adalah kota yang selalu menjadi magnet tersendiri untuk saya. Kota 1001 wisata yang selalu mempertahankan kebudayaanya lokal. Dikenal dengan kota pelajar dengan masyarakat yang ramah. Bagi saya, Yogja menjadi kota dengan jutaan kenangan indah. 

Sayangnya, terakhir saya Yogja beberapa bulan lalu hanya beberapa jam. Waktu itu ada tugas liputan acara pekan olahraga tingkat Nasional, jadi saya nggak sempat eksplor beberapa kuliner yang ada di sekitaran Malioboro karena berangkat habis subuh dari Semarang, lalu pulangnya sore dari Yogja. 

Padahal, kurang afdhol rasanya bila ke Yogja nggak jalan-jalan ke Malioboro. But, karena waktu liputan saya hanya berdua dengan suami tanpa anak-anak, jadi ada rasa bersalah banget jika saya berlama-lama meninggalkan mereka.

Sebelum Ramadhan, saya dan suami berencana ingin ke sana. Itinerary juga sudah saya siapkan, selain beberapa tempat kerabat yang ingin saya sambangi, ada juga list kuliner yang ingin saya coba ketika saya di sana. 

Dan, beberapa kuliner khas bin wajib di sekitaran Malioboro adalah;

1. Gudeg Yu Djum
Sumber: Instagram @tyabastiana

Gudeg merupakan kuliner nomor satu yang paling saya kangenin. Makanan khas Yogya ber-rasa manis ini masih jadi promadonanya kuliner Yogja loh. Biasanya setiap emperan di sepanjang jalan Malioboro banyak penjual gudeg yang rasanya enak. Tetapi menurut saya ada satu Gudeg yang paling enak di kawasan Malioboro yaitu Gudek Yu Djum.

Lokasinya di Jalan Dagen no 2C Maliobro. Oiya Gudeg Yu Djum mempunyai cabang Gudeg terbanyak di Yogyakrta. Satu porsi Gudeg mulai 7k-35k ini, udah ngebayangin menikmati Gudeg sambil menimati keramaian kota Yogyakarta.

2. Lumpia Samijaya

Yang kedua, lumpia Samijaya. rasanya enak. Kalau Lumpia ini saya doang yang mau, karena suami saya tidak terlalu suka makan lumpia. Hihihi. 

Sumber: Instagram @rainbowpacker

Lumpia ini tepatnya berlokasi tidak jauh dari Halte Trans Yogya- Malioboro 2. Lumpia Sanjaya sudah sangat terkenal dengan rasanya yang sangat gurih dan lezat tidak mengecewakan sebarapapun porsinya. Harganya juga sangat terjangkau, mulai 3k rupiah saja. Duh, lap iler. hihi

3. Soto Ayam 61

Nah, ada lagi kuliner Yogya yang tidak kalah menarik untuk dicoba, yaitu soto. Salah satu makanan terfavorit di kota Yogya bisa ditemui di Malioboro. Soto ayam 61, namanya. 


Bisa dibilang soto ini yang paling enak di kawasan Maliobro loh. Sudah banyak testimoninya. Usaha turun temurun sejak tahun 1976 ini, berlokasi tidak jauh dari Ramai Mall. 

Soto yang terus mempertahankan citra rasanya ini disajikan lengkap dengan mie sohun, suwiran ayam, seledri, telur dan lainnya. Untuk satu porsi soto komplit bisa dibeli seharga 11 ribu rupiah saja. 

Biar makin lengkap, kamu bisa makan soto ini dengan makanan pendampingnya seperti sate-satean, telur kecap, hingga gorengan. Lupakan diet deh kalau ke Yogja.. hahaha

4. Gado-gado Bu Hadi

Sumber: Instagram @gadogadobuhadi
Hmm... belum lengkap rasanya bila melewati gado-gado Bu Hadi sebagai daftar menu makan siang di Maliobaro. Gado-gado fenomenal nih karena sudah ada sejak tahun 1952. Rasanya yang enak membuat warung Bu Hadi selalu ramai dengan pengunjung. 

Lokasi gado-gado Bu Hadi tepatnya di dalam pasar Beringharjo lantai 2. Perpaduan dari kesegaran sayuran dan gurihnya bumbu kacang adalah hal yang paling sederhana membuat gado-gado ini menjadi yang paling favorit di kawasan ini. Selain di juluki sebagai gado-gado legendaris Yogyakarta, juga menjadi kuliner recommended dengan menu andalan lainnya seperti lotek, kupat tahu, dan es kopyor. Gado-gado Bu Hadi buka setiap hari pukul 08.00 pagi hinga pukul 15.00 sore.


5. Es Dawet Campur

Dari tadi ngomongin makanan terus yes, hahaha. Yuk ah, ini ada kuliner es dawet campur. Seger banget loh, saya aja suka nambah jadi 2 porsi, wkwkwk. Es dawet juga menjadi kuliner incaran pengunjung loh. 

Es dawet campur terenak di sekitar ini persis di sebalah kiri dari lumpiah Samijaya. Es yang terbuat buah kelapa muda, melon, alpukat, sawo, plus cendol, kolang kaling, tape hijau, cincau, selasih dan lain-lain. Rasanya sangat segar dan manisnya juga pas. 

Tenang saja gaes, kalau kamu nggak  terlalu suka manis, kamu bisa memesan sesuai selera. Menikmati udara Yogyakarta yang panas, es dawet campur ini sangat recommended untuk dinikmati pada saat berkunjung ke Malioboro. Dibandrol dengan harga 5 ribu-10 ribu rupiah, es khas orang Indonesia tidak membuat kamu merasa eneg. srruuppt!

Nah, itu dia lima kuliner yang wajib kamu coba. Kalau nanti saya ke sana, kepengennya saya juga bisa benar-benar menikmati suasana malam di Malioboro nih. Jadi saya kudu cari penginapan di sekitar Malioboro. 


Untuk masalah booking hotel ini, saya sudah percayakan kepada ahlinya, yaitu di pegipegi dotcom. Di sana ada beberapa list hotel di Malioboro yang harganya bervariasi, tergantung kemauan kita dan disesuaikan dengan bugjet kita. 

Karena menikmati Kota Jogja memang tak bisa hanya sebentar. Kalau dulu masih single bisa nebeng di kosan temen, sekarang udah berkeluarga jadi lebih baik nginepnya di hotel. Bukankah hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk ber-quality-time dengan keluarga?

52 comments:

  1. Pipit, es dawetnya melambai banget itu untuk dinikmati. Nanti kalau traveling lagi ke Jogja, pasti kucari alamatnya nih, mupeng banget sudah lama enggak minum es dawet. Aku sudah punya akun di pegi pegi dong

    ReplyDelete
  2. aku kabita sama es dawetnya mba duh itu seger liat fotonya doang jadi pengen beli hahaha

    ReplyDelete
  3. Es Dawet Campur, lihat fotonya jadi pengen ke Jogja nih mbak, segeerrrr.... Memang kuliner di Jogja sudah tidak diragukan lagi melimpah dan enak serta murah. Semoga ada kesempatan main ke Jogja lagi, dari Medan pesan tiketnya di Pegipegi karena lebih mudah dan murah.

    ReplyDelete
  4. Malioboro memang banyak kuliner enak dengan harga terjangkau. Aku setiap ke Jogja selalu mencari lotek, hahaha.

    ReplyDelete
  5. Gudeg yu Djum ini lho yang bikin penasaran. Kebetulan juga aku lagi rencanain buat famtrip ke jogja sekalian bulan madu. Hahaha.. makasih infonya mbak noormaaaaaa 😍😘

    ReplyDelete
  6. Bener2 menfaat banget buat saya yg baru tinggal di Jogja hahaha. Udah 4 bulan tp baru nyoba no 1 ajaa. Weeken ini siap berburu no 2-5 nya 😄

    ReplyDelete
  7. Wah patut di coba nih.kalau ke malioboro.

    Mpo suka makan makan semuanya .opst meski kosongin perut dulu ya . Harganya juga murah

    ReplyDelete
  8. Mau dong es dawetnya mbak. Enaknya yang seger seger nih siang2 gini. Belum coba juga yg lain lumpia samijaya kaya gmn ya. Next time ke Yogya pengen coba juga. Tfs

    ReplyDelete
  9. wuaa kelimanya bikin pengen coba semuahnya, kayaknya enak-enak :D jadi pengen main ke yogya lagi deh terus kulineran lagi.

    ReplyDelete
  10. Jadi kangen ke malioboro n pengen makan lumpianya nih Mba. Masih ademkah jogja? hehe.. udah lama bgt gak ksana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama akupun kepingin banget ke Jogja lagi, kalau aku pingin es dawetnya niih.

      Delete
  11. Jaannn, Sotonya segeer bangetttt. Soto ini selalu masuk ke dalam daftar kuliner kalau nginep di Jogja.

    ReplyDelete
  12. Aku Kemarin di Jogja makan di tempat siapa ya? Lupa, hahaha. Udah malam sih jadi asal ndeprok aja buat makan. Next time kalau longgar, kudu cobain kuliner Jogja ini

    ReplyDelete
  13. Gudeg Yu Djum memang legendaris banget dan bikin kangen, penasaran sama lumpia samijaya sama es dawet campur, kayaknya enak banget, belum pernah cobain

    ReplyDelete
  14. Yay, Yu djum! Aku juga suka gudeg tetangganya yaitu Yu Narni, Mba. Ah, jadi kangen Jogja.. insyaallah abis lebaran aku ke sana juga nih mba :))

    ReplyDelete
  15. Aahh, ako udah pernah coba semuaaa diajakin temen jogja keliling2 makan ampe subuh hahahhaa, hayu atuh kapan kita nge yu djum barengan..

    ReplyDelete
  16. Hmmm es dawetnya menggoda banget, Mba. Kayaknya nikmat banget diminum siang hari saat cuaca sedang panas-panasnya :)

    ReplyDelete
  17. Oalaaaah, gudeg Yu Djum itu ada di Malioboro juga tooo.... Aku malah taunya yang di sebelah Sheraton Mustika, Mbak.... Enaaaakkk....

    ReplyDelete
  18. Penen jalan2 ke sini, jogja ini kampung halaman ibu mertuaku tapi belum pernah ke sini lagi he he

    ReplyDelete
  19. Kalau pas ke Malioboro andalanku ya makan di warung tenda yang pinggir jalan itu Mbak. Kan banyak bangey ya. Beberapa kali pernah keblondrok, pernah juga rasanya nggak ngalor nggak ngidul, hahahaha.

    ReplyDelete
  20. Semuanya makanan favorit akuh nih..jd kangen jogja dan makan gideg aslinya yg ngangenin huhu..

    ReplyDelete
  21. Hua, ngiler. Aku cuma baru nyicip Gudeg Yu Djum aja nih. Noted deh buat referensinya. Kalo ke Jojga, kudu banget nyicip makanan-makanan itu :)

    ReplyDelete
  22. Huwooo makanannya enak semua, aku belum pernah coba beberapa jadi pengen ke Jogja lagi
    kapan ya, pengen es dawet campurnya keliatan legit banget

    ReplyDelete
  23. Yang bener itu Jogja, Yogya atau Yogja...?
    Hehhe...kota dengan kesederhanaan dan keramahannya.
    Selalu rindu ke Jogja.

    Dan rindu kulinerannya..
    Yaaey~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaget pas gado-gado Bu Hadi.
      Hahaha...jadi ingat sahabat bloher, Nyi.

      Eh, bener kan yaa...nama suaminya, Hadi?

      Delete
  24. ternyata banyaaak juga ya pilihan kuliner tradisional enak di Jogja! Aku paling ngga tahan kalau lihat yang begini hehehe. Looks like I can eat them all :)

    ReplyDelete
  25. Huaaa bikin kangen Jogja, khususnya Malioboro. Kayaknya terakhir ke sana lima tahun yang lalu deh, anak-anak juga masih kecil. Kuliner Jogja gak ada habisnya ya mbak kalo ditelusuri satu-satu, ngangenin pula.

    ReplyDelete
  26. Di jogja itu makanannya enak-enak dan murah banget. suasananya walau ramai tapi nyaman buat jalan-jalan.

    ReplyDelete
  27. Wah, belum ada yg pernah dicoba nih. Padahal udah main di malioboro berkali-kali =D

    ReplyDelete
  28. Gudeg Yu Djum dan Lumpia Samijaya udah pernah cobaaaa. Enaaaak.
    Jogja never disappoint me :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  29. Ooh ada lumpia juga ya di malioboro. Noted!
    Kalo gudeg yu djum aku pernah makan, suami waktu ke jogya pulangnya bawain aku gudeg ini. Enaaak, cuma agak kemanisan dikit buatku sayurnya. Kalo makan langsung di tempatnya pasti lebih enak nih :)

    ReplyDelete
  30. Aku suka banget sama jogja selain makanannya murah meriah harganya dan rasa variasinya juga banyak enak enak

    ReplyDelete
  31. Enak-enak kuliner Jogja jadi makin kangen, kemarin mainnya ke Kalasan doang hihihi..eh nulis paragraf-paragraf awal kok Yogja norma, bukannya Yogya atau Jogja ya..

    ReplyDelete
  32. Ada satu lagi, entah ayam apa namanya, kekinian gitulah macam ka ef si...

    ReplyDelete
  33. pengen gudegnya nyoba langsung di jogja. selama ini cuma dioleh2in doang :D

    ReplyDelete
  34. Wah, lengkap sekali list kulinernya... Mbak noorma dari Jogja? Salam kenal ya..saya jogja juga. .

    ReplyDelete
  35. Jogja itu memang tempat yang membuat saya jatuh hati. Berkali-kali udah ke sana, tapi tetap ingin lagi dan lagi. Wisatanya banyak, kulinernya enak-enak dan harganya murah meriah.

    Kuliner yang sangat diburu bagi pelancong memang Gudeg Yu Djum. Enggak pernah sepi tempatnya.

    Jadi ingin segera ke Jogja lagi.

    ReplyDelete
  36. Di Malioboro itu ada lumpia enak sekali loh mbak, aku kalau ke Jogja pasti selalu mampir beli disitu. Suka kalap belinya.

    ReplyDelete
  37. Makanan-makanan di Malioboro emang enak enak. aku udah nyobain juga gudegnya dan jadi kangen lagi nih mba

    ReplyDelete
  38. duhh kulinernya Jogja tuh ya.. emang bikin nagih.. gak ada yang gak enak kayaknya ya. . hehe

    ReplyDelete
  39. Klo ke Jogja nti kulineran bareng yuk mba,, aku baru gudek yuk djum Aja yg lain blum icip2,, sama akupun pakai Pegipegi nih klo cari cari n stay

    ReplyDelete
  40. Gudeg Yu Djum ini legend banget ya Mbak. Aku pernah dibawakan oleh-oleh dari teman kantor suami ternyata enak banget.

    ReplyDelete
  41. Ya ampun ngiler banget sih lihat gudeg ama soto yang terpampang nyata hehehe.

    Baeklah, tandain dulu ntar kalo ke Jogja bakal aku jabanin :))

    ReplyDelete
  42. Jogja emang selalu jadi wisata favorit pas study tour
    Tape sayang cuma dape cobain es dawet aja :(

    ReplyDelete
  43. Wah boleh juga nih rekomendasinya.
    Sungguh, aku belum pernah mencoba 5 rekomendasi di atas, meski sudah pernah ke Malioboro

    ReplyDelete
  44. Waktu ke sana, baru sempat nyobain gudeg Yu Djum, tapi belom sempat nyobain yang lain. Jadi kangen ke malioboro lagi, deh!

    ReplyDelete
  45. Makasi mba referensi kuliner enak di sekitar Malioboro. Aku jadi inget pernah icip lumpia gitu di depan toko area Malioboro. Enak banget

    ReplyDelete
  46. Cuma nomor satu doank yang pernah kucoba mbak lainnya blm hihihi. Eh ada lagi yg enak mbak, yg angkringan nasi kucing itu lhooo :D Aku lupa namanya :D
    Duh kan jd bikin kangen Malioboro niiiihhh

    ReplyDelete
  47. dari ke lima kuliner di atas baru gudeg yu djum yang sudah dicobain mbak, next perlu coba yang lain deh.

    ReplyDelete
  48. Aku seneng banget klo ke Yogya turun di Tugu jalan kaki ke Malioboro cari jajanan dll. Satu lagi di situ yang enak tuh bakmi cuma aku lupa, apa namanya. Sama jamu gendong

    ReplyDelete
  49. Hayuk kapan² aku ajakin masuk² gang seperti ke Dagen gitu banyak makanan enak Mbak. Misalnya nasi ramesan bu Joko di Dagen 😁

    ReplyDelete
  50. Jogjaaa udah lama banget aku gak kesana. Duh dari semua list itu cuma no 1 dan 5 yang lain belum pernah jadi pengen rencanain liburan akhir tahun ke jogja dr sekarang

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)