Kopdar Investarian: Belajar Investasi Bareng Manulife - Cah Kesesi AyuTea

Kopdar Investarian: Belajar Investasi Bareng Manulife


Kopdar Investarian: Belajar Investasi Bareng Manulife. Kopdar Investarian di “Kira Kira Resto” Sekayu, Semarang hari Sabtu tanggal 16 Maret 2019 kemarin merupakan kopdar terakhir blogger Semarang dan sekitarnya bersama PT. Manulife Asset Management Indonesia (MAMI) cabang Semarang. Sejatinya kopdar investarian dilaksanakan empat kali, namun karena beberapa hal akhirnya kepodar ketiga kemarin digabung sekaligus dengan kopdar keempat. 


Karena merupakan pertemuan gabungan maka materi yang diberikan juga digabung. Namun, meskipun materi yang diberikan sangat padat akan tetapi pertemuan tersebut tetap menyenangkan karena materi yang disampaikan dengan santai oleh pemateri utama Presiden Direktur PT. Manulife Asset Management Indonesia (MAMI) Bapak Legowo Kusumonegoro dari Jakarta. 

Acara dimulai sekitar jam 10.00 WIB dengan diawali kuis Menti, kuis ini menuntut para blogger yang hadir untuk menjawab pertanyaan langsung tentang materi seputar investasi reksa dana yang telah diberikan pada pertemuan pertama dan kedua. Kuis ini sendiri akhirnya dimenangkan oleh Koko dan berhak mendapatkan hadiah berupa payung, begitu juga dengan pemenang kedua dan ketiga.

Acara kemudian berlanjut dengan sambutan dari pihak Manulife Semarang yang disampaikan oleh mas Surya. Mas Surya mengatakan bahwa kopdar investarian bertujuan agar para blogger dapat memberikan informasi lengkap seputar Manulife Reksa Dana kepada masyarakat luas melalui tulisan-tulisan di blog masing-masing. Beliau tak lupa mengucapkan terima kasih kepada para blogger yang telah ikut dan mau untuk belajar tentang investasi bersama Manulife cabang Semarang.

Mengulang materi

Pak Legowo Kusumonegoro kembali mengulas kembali tentang materi yang sudah disampaikan pada pertemuan pertama dan kedua. Beliau mengatakan pentingnya investasi, karena hal itu merupakan salah satu cara untuk melawan inflasi. Lebih lanjut, pak Legowo juga menjelaskan beberapa jenis investasi diantaranya adalah saham, obligasi, logam mulia, reksa dana, tanah dan bangunan dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Pada pertemuan tersebut tak ketinggalan beliau juga mengulas kembali tentang saham dan obligasi. Saham adalah jenis investasi yang sifat pendanaannya berasal dari patungan dari beberapa orang, sedangkan obligasi merupakan jenis investasi yang pendanaannya berasal dari pinjaman. Perbedaan lainnya adalah; pemegang saham dalam perusahaan merupakan pemilik perusahaan tersebut dan berhak mengatur jalannya roda perusahaan. Sedangkan obligasi hanya pemilik yang berhak mengatur perusahaan. Bukan hanya itu saja, hasil atau keuntungan yang diperoleh dari investasi saham dibagi rata kepada semua pemilik dan nilainya tergantung prosentase saham yang ditanam dalam perusahaan tersebut. Sedangkan obligasi hasilnya berupa bunga pinjaman. 

Masuk ke materi selanjutnya adalah tentang reksa dana saham, dimana RD saham sendiri terdiri dari sebagian besar saham itu sendiri, murni saham. Dengan minimal jumlah saham yang harus diinvestasikan sebesar 80%, oleh sebab itulah besar hasil dan peningkatan cukup tinggi. Yang menjadi catatan adalah jika kalian ingin berinvestasi saham, maka kalian harus secara rutin mengecek naik dan turunnya saham setiap saat, bahkan saat ini pegerakan saham juga bisa di cek secara online. Sehingga jika rutin monitoring pergerakan saham, kalian bisa tahu kapan akan membeli saham dan kapan akan menjualnya.

Mengenal Reksa Dana Campuran

Salah satu materi yang dijelaskan oleh pak Legowo adalah reksa dana campuran. Prinsipnya reksa dana campuran merupakan gabungan beberapa produk reksa dana, bisa RD pasar uang dengan RD pendapatan tetap, atau RD saham, obligasi dengan pasar uang. Reksa dana campuran itu variasinya sangat banyak, menyesuaikan dengan mana campuran yang paling banyak. Yang menjadi catatan adalah bahwa RD campuran itu komposisinya banyak tetapi tidak boleh berubah itu menurut penjelasan pak Legowo.

Komposisi reksa dana campuran itu bisa 50:50 atau lebih banyak salah satunya, tergantung peraciknya. Reksa dana campuran itu sederhana, kalian tinggal memilih campuran produk reksa dana sesuai keinginan kalian. Jika ditinjau dari resiko, maka resiko yang ditimbulkan dari reksa dana campuran itu sedang, sehingga keuntungan yang dihasilkan juga sedang. Sementara itu jika dilihat dari tujuannya, reksa dana campuran itu memiliki target jangka menengah yaitu kisaran 5-7 tahun. 

Apa itu Reksa Dana Syariah?

Menurut pak Legowo keuangan syariah dan reksa dana syariah khususnya memang terlambat, karena baru berkembang dua tahun belakangan. Tapi meskipun terlambat hal itu penting mengingat mayoritas penduduk di Indonesia adalah muslim. Jadi sangat wajar jika kehidupan muamalah, salah satunya berkaitan dengan investasi harus sesuai dengan syariah Islam. Oleh sebab itulah reksa dana syariah yang hadir saat ini juga senantiasa tunduk kepada aturan syariah. Bahkan manager investasi reksa dana syariah juga harus memiliki lisensi syariah.

Dalam hal ini, investasi syariah seperti reksa dana syariah harus memenuhi aturan syariah yang dibuat oleh MUI dan lembaga terkait serta pengelolaannya harus memenuhi unsur-unsur syariah yang telah ditetapkan lembaga terkait. Dan yang lebih penting lagi bahwa investasi syariah mengutamakan etika sesuai dengan syariah Islam. 

Beberapa hal yang harus diketahui dalam investasi syariah adalah tentang apa yang dihalalkan dalam investasi dan apa yang diharamkan dalam investasi. Yang menjadi keunggulan dari reksa dana syariah adalah tim pengawas yang lebih komplit dibanding tim pengawas dalam investasi umum salah satuanya berasalah dari dewan syariah. Inilah salah satu keunggulan yang diberikan oleh reksa dana syariah, khususnya untuk memberikan kemantapan bagi investor muslim yang akan berinvestasi melalui reksa dana.

Setelah penjelasan tentang reksa dana syariah oleh pak Legowo, acara penting lainnya adalah penjelasan mengenai tata cara melakukan transaksi reksa dana melalui klik MAMI dari awal sampai akhir. Transaksi reksa dana bisa dilakukan melalui bank, indomaret maupun secara langsung di klik MAMI Manulife. Setelah penjelasan tentang cara transaksi reksa dana selesai, kemudian acara diakhiri dengan foto bersama. 

25 comments:

  1. Banyak event blogger yang membagikan ilmunya tentang investasi termasuk raksadana kaya gini ya, jadinya kita lebih melek dan siap untuk ikut berinvestasi juga demi masa depan keluarga

    ReplyDelete
  2. Saya suka dengan investasi, sudah beberapa ikut mbak, cuma memang baru kenal MAMI. Produk Manulife memang keren dan ingin pelajari lebih lanjut produk ini.

    ReplyDelete
  3. Saya juga buka reksa dana syariah Manulife mba, lebih tenang dan aman insha Allah.
    Berinvestasi sejak dini itu penting banget, agar gak menyesal di kemudian hari :)

    ReplyDelete
  4. Silaturrahmi sekaligus mendapatkan pengetahuan itu sesuatu banget ya mba.. nampak teman dan nambah ilmu, apalagi ilmunya bisa bermanfaat bagi orang banyak.. bahagianya.. Bismillah semoga reksa dana syariah manulife ini bisa diketahui masyarakat lebih luas ya mba

    ReplyDelete
  5. Jadi makin ngerti soal investasi yaa apalagi yang investasi syariah gini. Sebagai single, kudu mulai mikir ini nih

    ReplyDelete
  6. Mba minta dicerirain lg dong ttg investasi syariah nya Mba, exciting topic nih :)

    ReplyDelete
  7. Asiknya bisa berinvestasi . Secara uang terus saja habis buat makan. Memikirkan masa depan dengan investasi itu penting.

    Apalagi kaya bunda ,masa depan tidak ada yang tahu. Saatnya mulai mengurangi jajan dan belanja dan beli Reksadana Syariah Manulife

    ReplyDelete
  8. Ikut acara seperti ini sangat besar manfaatnya ya mbak, kita jadi melek informasi seputar investasi dari yang tadinya ragu jadi yakin bahwa investasi itu sangat penting demi kehidupan masa depan yang lebih baik.

    ReplyDelete
  9. Senengnya bisa kopdar. Aku belajar juga ya soal investasinya. Masih meraba-raba nih investasi yg coxok

    ReplyDelete
  10. Awalnya saya kurang tertarik dengan bahasan ilmu ekonomi. Tapi belakangan, harus paham juga ya. Karena kebutuhan kita meningkat dan kita juga harus melek ilmu ekonomi terutama ekonomi Islam

    ReplyDelete
  11. Wah, seru banget nih eventnya. Bikin kita jadi tahu investasi yang bagus yang minim kena inflasi. Aku lagi nyoba invest reksa dana Manulife ini. Walopun cuma seuprit. Yang aku suka, laporannya detil. Transparan semuanya. Gak pandang kalo aku nasabah ecek-ecek. :D

    ReplyDelete
  12. Aku paling lemot kalau urusan keuangan, investasi dan temen-temennya.
    Apa karena dari awal sudah defense duluan yaa...?
    Padahal, belajar banyak hal kan ga ada buruknya yaa...

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah kemarin juga sudah diajari Reksa Dana MDKS ini
    Sekarang punya reksa dana atas nama suami. Semoga bertambah dan saat akan dicairkan nominalnya pas.

    ReplyDelete
  14. Belajar investasi ternyata seru dan menyenangkan
    sampe saat ini belum praktik langsung aku kak hahahha
    kapan-kapan mencoba ah.

    ReplyDelete
  15. Ngumpul berfaedah banget ya kak, btw temenku juga menyarankan untuk ngambil reksadana di manulife soale terpercaya dan udah lama.

    ReplyDelete
  16. Waaaawww, materinya langsung dibawakan sama presdirnya ya Mba. Mantap jiwa.
    untuk investasi sendiri aku sebenernya belum terlalu melek dan paham. Masih ngandelin suami aja yang main reksadana dan saham, hihi.
    Padahal jaman sekarang udah banyak banget ibu rumah tangga yang melek investasi. Kereeen lah, kumau juga belajar dikit-dikit :D

    ReplyDelete
  17. Asyik juga udah ikuta banyak kopdaran mba.. jadi dirimu invest di mana jadinya mba? I atill learn all of these

    ReplyDelete
  18. Keren banget mbak bisa dapet kesempatan belajar investasi dengan manulife. Jadi tertarik juga nih dengan investasi reksadana syariah.

    ReplyDelete
  19. Makin banyak investasi jadi makin pintar dan tahu ingin ke arah mana mba.. Investasi seperti dua sisi mata pisau yaa

    ReplyDelete
  20. eh itu nama kotanya Sekayu? Mirip kota kabupaten di sumatra selatan, tempat orang tuaku berasal. Sekayu juga sama. Btw, aku suka dengan reksadana syariah. Dulu pernah ikutan dan lumayan terbantu pas ngawinin anak

    ReplyDelete
  21. Bagus bangeet materinya, saya juga udah punya akun MAMI, baca artikel ini jadi pengen dilanjutin lagi deh

    ReplyDelete
  22. Oke juga nih yang reksa dana syariah, diawasi oleh dewan syariah, jadi sudah jelas ya menjalankan investasi sesuai aturan yang telah ditetapkan dalam Islam. Jadi enggak khawatir lagi terhadap hukum2 kehalalan dari suatu usaha yang kita jalankan.

    ReplyDelete
  23. Asyik banget ya eventnya. Aku penasaran pengin tau juga investasi syariahnya. Mulai cari tau ah, karena ternyata ya investasi penting ya.

    ReplyDelete
  24. Bisa silaturahmi sambil dapet pengetahuan baru itu berkah dan manfaatnya terasa dobel-dobel yaa..

    ReplyDelete
  25. Aku harus belajar langsung nih sama pakarnya Reksadana, baca2 masih gak 100% paham :(

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)