Skip to main content

Intip 5 Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang yang Tepat dan Mudah

Assalamu'alaikum, 

Apakah Anda sudah pernah merasakan sakit gigi? Jika sudah, apakah Anda jera dan tidak ingin mengalaminya lagi?


Ya, sakit gigi merupakan penyakit yang sangat mampu membuat penderita merasakan penderitaan penuh. Sampai-sampai ada pepatah yang mengatakan bahwa lebih baik sakit hati daripada sakit gigi, karena memang rasa sakit yang dirasakan tak dapat dibendung lagi. 

Rasa sakit yang dirasakan tak hanya tertuju pada gigi saja, namun juga sakit dapat menjalar ke bagian tubuh lain, mulai dari sakit kepala, pusing berkepanjangan, hingga demam yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi jika sakit gigi yang Anda alami berhubungan dengan gigi berlubang, maka rasa sakitnya menjadi lebih parah ketimbang sakit gigi biasa. 

Gigi yang berlubang menyebabkan kuman mudah masuk ke gusi dan bagian gigi, kuman inilah yang menyebabkan peradangan pada gigi yang efeknya membuat gigi terasa sangat sakit. Namun kini ada cara mengobati sakit gigi berlubang yang tepat dengan cara mudah dan murah yang dapat Anda praktekkan di rumah.

Berikut ini adalah 5 cara mengobati sakit gigi berlubang yang semoga dapat membantu mengatasi permasalahan gigi dan mulut yang Anda alami. Terdapat 5 jenis bahan yang digunakan sebagai cara mengobati sakit gigi berlubang. Apa saja bahan tersebut?

Garam

Cara mengobati sakit gigi berlubang yang tepat dilakukan untuk pertama kali adalah dengan menggunakan bahan garam. Kandungan sodium dalam garam mampu menghilangkan bakteri yang menjadi penyebab gigi berlubang. Tak hanya itu, garam juga dapat menjadi antiseptic alami bagi kesehatan mulut yang mampu membuat mulut lebih sehat dan terjaga dari kuman. Anda hanya perlu memasukkan 2 sendok makan garam ke dalam segelas air hangat, lalu aduk hingga garam tersebut larut. Terakhir gunakan larutan garam tersebut sebagai obat kumur setelah Anda sikat gigi agar kuman dalam mulut dan gigi tak membekas dan dapat hilang.

Lemon

Bahan lain yang dapat digunakan adalah buah lemon. Asam yang terkandung dalam buah lemon dapat berfungsi sebagai alkali alami yang mampu menyeimbangkan pH dalam mulut. Selain itu, lemon juga dapat dijadikan sebagai antibakteri yang berfungsi untuk menghilangkan kuman penyebab gigi berlubang. Cukup peras 1 buah lemon, lalu masukkan perasan tersebut ke dalam segelas air hangat. Gunakan air tersebut untuk berkumur 3 kali sehari sampai kuman dan bakteri benar-benar hilang.

Jeruk nipis

Hampir sama dengan buah lemon, jeruk nipis juga dapat digunakan untuk membasmi kuman dalam mulut. Kuman penyebab gigi berlubang juga akan hilang jika Anda rajin berkumur dengan perasan jeruk nipis setiap hari. Cukup peras jeruk nipis lalu kumurkan dengan air perasan jeruk nipis tersebut.

Belimbing wuluh

Anda dapat juga menggunakan belimbing wuluh untuk menghilangkan rasa sakit akibat gigi berlubang. Belimbing wuluh juga mengandung zat yang sangat efektif dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut. Belimbing wuluh dalam hal ini dapat dijadikan pembersih alami mulut yang dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan mulut. Tumbuk halus 2 biji belimbing wuluh yang belum matang lalu balurkan ke area mulut dan gigi yang sakit.

Daun jambu biji

Daun jambu biji juga dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit akibat gigi berlubang. Daun jambu biji dapat dijadikan antibakteri yang mampu menjaga kesehatan mulut. Daun jambu biji juga mengandung antibakteri, antiiflamasi, serta analgesi yang kuat untuk kesehatan gigi dan mulut.

Comments

  1. Sakit gigi karena gigi berlubang emang bikin tersiksa banget yah. Jadi inget dulu jaman kecil ngalamin sakit gigi gara2 gigi berlubang. Ternyata bahan alami banyak jg ya yg bisa dijadiin sbg obat sakit gigi. tfs mba noorma

    ReplyDelete
  2. Pakai uang segepok sembuh nggak yah Mbak tuh sakit gigi?

    ReplyDelete
  3. Sakit gigi menyiksa banget sih Mbak

    ReplyDelete
  4. Mungkin ini untuk tahap antisipasi ya mbak, soalnya Klo pas lagi sakit gigi cara ini kurang maksimalšŸ™

    ReplyDelete
  5. Pas banget nih mbak, belakangan gigi suka cenat cenut. Makasih ya tipsnya.

    ReplyDelete
  6. Itu pas lagi sakit-sakitnya dipakein gitu? Ngabayanginnya kok malah ngilu.

    ReplyDelete
  7. wah, makasih banget tips nya mbak

    ReplyDelete
  8. Klo aq pernah nyoba pakai garam

    ReplyDelete
  9. aku biasanya kumur pakai air garam
    efektif banget itu

    ReplyDelete
  10. saya ada yang berlubang, saya coba deh, semoga bisa menjadi obat yang ampuh

    ReplyDelete
  11. Garam, lemon, dan jeruk nipis mudah didapatkan. Kalau belimbing wuluh mah di pasar kecamatan jak begitu populer jadi saya taj pernah lihat. Mungkin orang sini tak suka asam. Tips di atas akan sangat membantu saya jika ada di antara keluarga yang sakit gigi. Kalau daun jambu bijinya digimanakan dulu? Direbus lalu kumur?

    ReplyDelete
  12. Toothache is very painful and I hate it so much LOL. It’s good to know there are so many traditional remedies to work on that.

    ReplyDelete
  13. Sakit gigi itu emang sakit yg paling menyiksa, selama ini belum pernah nyobain pakai bahan-bahan tersebut Krn gak tau kalo bahan tersebut bisa dipakai mengobati sakit gigi.

    ReplyDelete
  14. makasih banget infonya, kaka saya lagi terkena sakit gigi, semoga tipsnya benar-benar membantu..

    ReplyDelete
  15. belimbing wuluh juga ternyata bisaaa ya mba..aku belum pernah sih coba cara2 tradisional ini

    ReplyDelete
  16. Jadi inget kemarin sakit gigi berlubang karena terlanjur parah sampai pipi bengkak dan gak bisa tidur terus saya kumur2 jeruk nipis dan itu baik sekali utk mereda sakitnya

    ReplyDelete
  17. Daun jambu bijinya dibikin lalapan gitu Mbak??
    Euugh maklum saya orang Sunda, dedauan suka langsung di ma'em. Kecuali daun pintu, daun jendela sama daun telinga. hehehe

    ReplyDelete
  18. Kalau aku blimbing wuluh aku kunyah enak seger :) ternyata bisa buat ngobatin sakit gigi ya. Jangan sampai deh a aku merasa sakit gigi katanya sama-sama sakitnya kaya sakit hati ya :)

    ReplyDelete
  19. Kutak sanggup menahanya mba, kubawa ke dokter keesokan harinya dan matikan syaraf. hahahaha

    ReplyDelete
  20. Kutambahin ya Mbak, ngunyah permen karet. Hihi. Andalanku itu. Kapan2 aku tulis di blogku.

    ReplyDelete
  21. Aku dulu dibilangin kalau sakit gigi tuh nyobain gigit kapas yang sudah ditaruh minyak kayu putih. Hihihi. Lumayan manjur loh mba Noorma. Hayuk coba :)

    ReplyDelete
  22. Aku gak berani hehe. Biasanya langsung cus ke dokter gigi. Tapi buat pertolongan pertama kyknya sih dulu emang ada yg rekomen kumur2 pakai air garam. Skrng jg ada obat (dari MLM) sih yang buat meredakan gigi berlubang, jd bisa pakai itu jg.

    ReplyDelete
  23. Gigi berlubang emang bikin nggak nyaman ya mbak, apalagi sakitnya juga biasa menjalar ke tubuh yang lain seperti yang mbak sebutka di atas. Btw boleh juga nih dicoba tipsnya

    ReplyDelete
  24. Rada ngilu juga bayangin itu harus balurin belimbing wuluh hehee.... Emang ya, sakit gigi tuh ganggu banget. Ga cuma ngerasain senut2 di area mulut, hati juga ikut senut2 alias emosian.

    ReplyDelete
  25. Wah, jadi keingetan zaman2 SD nih. Aku beberapaka kali sakit gigi karena gigi berlubang. Dan alm. bapak ngasih saran dikasih garam. Alhamdulillah sembuh. Dan kemudian si giginya patah2 sampe akhirnya aku cabut. Sembuh deh si giginya ilang mah. :D

    ReplyDelete
  26. Ternyata bahan-bahan herbal itu ada di sekitar kita yaa...
    Ga nyangka kalau daun jambu biji pun bisa jadi obat pulaa..

    ReplyDelete
  27. Mbak aku plaing pakai gaam aja tapi baru tahu lho yang lainnya bisa menyembuhkan sakit gigi. Tapi alhamdulilah sekarang enggak jarang alhamdulillah tapi ini manfaat banget mbak makasih mbak

    ReplyDelete
  28. Well noted mbak, bapak mertua aku ada masalah di gigi, aku coba info buah buahan ini ya yang dapat mengatasi permasalahan gigi.. ternyata pakai buah buahan juga bisa ya

    ReplyDelete
  29. Waduh ini blbing wuluh bikin kemecer gigi kak. Tapi cepet sembuh ya kalo make ini dulu kayaknya ibuku pernah

    ReplyDelete
  30. Kata ibu ku sih kumur kumur pake garem, atau tempel batu es. Hahaha. Tapi Alhamdulillah belum pernah ngerasain sakit gigi. Semoga gak merasakan hihi

    ReplyDelete
  31. Aku selama ini taunya pake garam doang, Mba. Buat kumur pake air hangat. Oh ya sama teh celup. Jadi teh celup itu pas habis diseduh kan kantongnya masih hangat, ditempelin deh ke gigi yang sakit. Tapi ujung-ujungnya mah aku tetep ke dokter, takut kambuh lagi soalnya, hiks.

    ReplyDelete
  32. Wahhh baru tahu nih, ternyata daun jambu biji bisa buat obati sakit gigi berlubang yaa. Saya tahunya daun jambu biji itu hanya untuk diare :)

    ReplyDelete
  33. Tambah 1 lagi, Mba. Cengkeh. Dulu, waktu gigiku sakit karena berlubang, saya masukin cengkeh ke dalam lubangnya, alhamdulillah langsung sembuh :)

    ReplyDelete
  34. noted ini resepnya.
    dulu sakit gigi karena pengaruh gigi bungsu yg tumbuh gak pada tempatnya (impaksi, klo udah sakit bisa sampai jadi migrain segala, tapi Alhamdulilah sekarang udah gak lagi karena udah dicabut si giginya, operasi kecil :D

    ReplyDelete
  35. wah, boleh dicoba nih cara mengatasi gigi berlubangnya ^^ aku harusnya tambal gigi nih, karena lubang giginya mulai ganggu.. tapi belum sempet aja mau ke dokter gigi.. mungkin cara di atas bisa aku coba sementara belum ditambal, hihi..

    ReplyDelete
  36. Cukup sekali sakit gigi!
    Sungguh menyakitkan sekali.

    Pantesan ada lirik lagu begini nih:

    "...dari pada sakit gigi, lebih baik sakit hati ini, biar tak mengapa..."

    Hahaha, bener ngga sih, gaes?

    Yang lebih baik sih gak dua-duanya, ya.

    Terima kasih ya mba, jadi nambah nih referensi kiat atasi sakit gigi secara tradisional.


    ReplyDelete
  37. Aduh sakit gigi memang bikin nyiksa mba, kalo aku biasanya bawang putih dipotong dan digigit pada bagain yang sedang sakit, lumayan menghilangkan rasa senut"nya

    ReplyDelete
  38. beberapa memang resep turun temurun ya, seperti kumur air garam dan daun jambu biji. Tapi memang sebaiknya segera ditambal. Sakit gigi memang gak enak, lebih sakit dari sakit hati xixixixi.

    ReplyDelete
  39. Garam masih jadi andalan untuk mengurangi rasa sakit saat gigi berlubang karena garam kan memang punya kemampuan untuk anti bakteri penyebab sakit gigi. Kalau belimling wuluh pernah coba, tapi sekali aja. Saya nggak tahan dengan rasa asamnya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)

Popular posts from this blog

Granuloma Umbilikalis Pada Bayi

Assalamu’alaikum, sahabatku.. semoga selalu sehat, ya. Amin. . . Postingan kali ini saya mau bercerita tentang Granuloma Umbilikalis Pada Bayi . Ini tentang Nooha, anak kedua saya yang lahir pada tanggal 5 Januari 2017 yang lalu. Sampai hari ini usianya sudah 3 bulan 4 hari. Alhamdulillah dia tumbuh dengan baik, sehat, dan ceria. Harapannya tentu seperti itu, bukan? Tetapi, ada sesuatu yang pernah membuat saya khawatir, yaitu masalah tali pusarnya. Dia puput usia 7 hari, tapi saya melihat pada pusarnya itu masih ada yang basah, jadi proses lepasnya puput itu seperti belum waktunya gitu. Dan benar saja setiap hari ada bekas seperti nanah pada kaos dalamnya. Kalo saya ibaratkan itu seperti lelehan lilin yang menempel di kaos. Baunya khas tapi tidak seperti bau nanah, enggak pesing, ataupun bau enggak enak lainnya. Setiap hari ada bekasnya di kaos, sesekali membesar berwarna merah, seperti daging tumbuh. Nanti meleleh lagi, terus seperti itu setiap hari. Saya takut k

Kartu ATM Bisa Kadaluarsa

Mungkin pembaca bingung dengan judul postinganku ini, Masa iya sih Kartu ATM bisa kadaluarsa atau expired? Jawabannya adalah IYA. Ini kisah nyata lhoo ya, bukan fiktif. Hihihi.. sebelum mulai bercerita, mau tanya dulu, kalian semua punya kartu ATM kan? Hehehe.. Iya deh iya.. percaya kalian semua punya, bahkan seperti halnya gadget, kalian juga pasti punya lebih dari satu ATM kan? Hihihi..  Oke, mulai ceritanya ya, sebenarnya i ni cerita sudah beberapa tahun yang lalu, jadi waktu itu aku belanja di Mini Market deket kontrakan, karena bawa uang cuma Rp50.000 dan khawatir kurang, aku meminta Aby untuk mengambil uang di ATM dulu, kebetulan ada mesin ATM di dalam mini market tersebut. Nggak lama Aby berdiri di depan mesin ATM itu. Aku kira sudah ambil uangnya, ternyata belum dan Aby bilang kalau Kartu ATMku sudah kadaluarsa. Aku kaget donk ya, kok bisa kedaluarsa? Serius? Dengan deg-degan dan penasaran, aku minta kartu ATMku dan menuju ke mesin ATM. Hmmmm...  ternyata benar, waktu a

Jenis Sabun untuk 7 Langkah Cuci Tangan

Di beberapa tempat dengan gerakan cuci tangan sebagai praktik umum yang biasa dilakukan sehari-hari, banyak terdapat air bersih serta sabun, sebagian besar masyarakat justru tidak menyadari hal penting 7 langkah cuci tangan dengan sabun. Sementara pada lingkungan kumuh atau padat, maka kebiasaan mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun sebenarnya dapat membantu untuk menurunkan separuh dari jumlah penderita diare. Gambar pinjem dari web iinformasitips