Soto Kimar Ngaliyan - Cah Kesesi AyuTea

Soto Kimar Ngaliyan

Assalamu'alaikum,
Sebelumnya aku mau ngucapin selamat dan sukses dulu buat komunitas Gandjel Rel Semarang yaa. Di road to 4 tahun usia Gandjel Rel sudah punya banyak cerita dan pengalaman. Aku berterima kasih banyak meskipun sudah hampir empat tahun tidak tinggal di Ngaliyan, tapi aku masih diberi ruang untuk bergabung dan Alhamdulillah setiap anniversary-nya aku bisa datang. Semoga tahun ini nanti ada kopdar lagi, ya. Biar bisa ngelingkarin kalender juga. Hehe.

Nah, di road to 4 tahun usia Gandjel Rel Semarang, ternyata ada challenge nih. Yaitu 4 pekan blogging challenge. Setiap pekannya temanya ditentukan. PIC challenge ini adalah mba Marita, blogger panutanku banget dia. Juoz lah pokokmen, apalagi dia baru aja dapat asus vivobook. Gawe meri wae. Hiks

Well, tantangan pertama adalah ngomongin Semarang. Nah, aku mau nulis tentang Soto Kimar. Sebenarnya tahun 2012 aku udah pernah posting tentang Soto Kimar di blog ini, pas aku baca lagi, lhaa kok dulu harganya masih 6000 per porsi. Tahu sekarang berapa??? 11.000 / porsi.


Bhaaiiqq. Karena aku udah ketahuan bakalan posting soto kimar sama mbak mbak yang ada di Gandjel Rel Grup WA. Jadi yaa sudah lah yaa, posting soto kimar aja sekalian. Wkwkk.

Aku emang kaya semacam maniak banget sama soto. Sebenernya mau soto dari mana saja sih, tapi beneran entah kenapa lidahku ini rasanya kangen kalau ke Semarang terus gak ke soto kimar. Karena ada yang kurang jadinya kalau gak makan soto kimar. Lebay gak sihhh???

Soto Kimar itu soto ayam. Ayamnya pakai ayam potong ayam merah, yang gede-gede gitu. Sotonya di sini porsinya gede. Jadi kalau misalnya kamu kebiasaan makan banyak, haa pasti habis lah, tapi kalau biasanya porsi makannya sedikit, pesen separo porsi juga bisa.

Untuk harga seporsi sekarang sudah 11 ribu rupiah, sedangkan untuk separo porsi sebesar 8 ribu rupiah. Untuk balungan bisa 5 ribu, 8 ribu, atau 10 ribu. Tapiii.. kalau mau balungannya, kamu harus datang pagi-pagi sebelum duhur, ya. Karena kalau habis duhur bisa dipastikan sudag habis :(



Di soto kimar ini juga ada ceker, tapi karena cekernya ceker ayam merah jadinya agak agak keras gitu. Tidak seempuk ceker ayam potong biasa. Tapi kalau udah cinta sama ceker mah ya, mau ceker apapun tetep mau aja dilahap. Wkwkwk.. harga cekernya murah kok. Kemaren aku makan 3 ceker harganya 2 ribu. Semoga ga salah, yes. Hehe


Di sini juga ada bermacam-macam sate. Uuunch lah kalau kulineran di soto kimar ini, karena emang teman-teman sotonya banyak. Ada sate telur puyuh, ada sate telur ayam yang belum jadi telur (nahh lohh paham gak tuh, wkwkwk), ada sate kerang, ada sate kulit, ada sate hati ampela, ada sate usus, dan sate daging ayam. Dari sekian banyak macam sate yang ada di sana, aku paliiiiiiing suka sate ususnya. Dan, pasti ambil tuh sate usus. Sumpah demi usus, itu sate enak banget. Bisa dimasak emvuuq banget, nggak keloloden juga kalau makan sate ini. Pokoke endol markendol lah, ya. Duuuh ini aku kenapa semangat banget sih nulisnya. Wkwkwk..

Oh, kamu pasti nunggu aku nulis gorengan ya? Tenang saja.. lengkaaap! Ada mendoan, ada tahu bakso, ada tahu isi, ada berkedel juga loh. Pengen kerupuk juga ada kerupuk Bandung dan kerupuk gendar. Wis to, pokoke mantap surantap. Itulah kenapa aku masih setia sejak 2006 sampai 2019 masih suka makan soto di situ. Dulu Bu Fitri (yang jualan) belum pakai jilbab, sampai beliau menggunakan jilbab aku masih setia nyoto kimar. Habis enaq sih. 

Soto Kimar ini buka dari jam 8 pagi sampai sehabisnya, biasanya jam 4 sore sudah habis. Ada 2 tempat soto kimar ini, pertama daerah Sulanji, samping SMP Negeri 16 Semarang, dan satunya lagi di Margoyoso 2 belakang kampus 1 UIN Walisongo.

So, kalau kamu penyuka soto, monggo bisa nyobain soto kimar ini. Jangan lupa ajak keluarga, saudara, gebetan, atau yang lain deh. Hmmm. Ajak aku juga boleehh..


Ini ada video vlog aku tentang soto kimar, yuk ditonton, jangan lupa dilike, komen, subscribe ya,..hehehehe

32 comments:

  1. Duuh, jadi kemecer pengen nyoto. Selain bakso, aku juga memfavoritkan soto. Enak, seger, murah lagi

    ReplyDelete
  2. Aku bacanya sambil nelan2 ludah. Apa karena terlalu menghayati ya secara aku suka soto jugaa apalagi soto padang. Hahaha

    ReplyDelete
  3. Mantab tenan mbak,bikin ngiler banyak toppingnya. Kalau saya suka pakai telor puyuh

    ReplyDelete
  4. mau mbak mau banget soto kimar, aku sama suami pecinta soto banget. apalagi pas hujan ya alloh ini makin mantep sotonya

    ReplyDelete
  5. saya juga suka semua soto, Mba. Tapi sejak hamil (trimester pertama), saya belum berminat lagi makan soto. Mudah-mudahan masuk trimester kedua ini rasa sukaku pada soto kembali lagi :D

    ReplyDelete
  6. hmm, sotonya bikin ngiler deeeh Mbak.. ada sate telur puyuhnya nyaam-nyaaamm.
    Anyway selamat 4 thn Gandjrel Rel

    ReplyDelete
  7. kalau main ke semarang tuh ngincer banget sotonya. rasanya kok seger ya makan soto. nafsu makan malah bertambah. apalagi ada tambahan sate usus, hati, paru, dan teman2nya. pasti ga bakal berhenti ngegamyen.

    ReplyDelete
  8. murah ya mba aku jadi pengen dari balungnya sampe cekernya, aku juga suka ceker jadi klo cekernya alot juga nda masalah hahaha

    ReplyDelete
  9. duh kayaknya enak nih, masuk list lah..
    betewe komunitas gandjel rel itu apaan mbak?

    ReplyDelete
  10. Malam2 gini kok jadi lapar mba..Semarang selalu punya hal2 menarik

    ReplyDelete
  11. Sotonya pernah dibooking ama bulikku waktu arisan keluarga, aku jadi ingat waktu lihat si ibu yang jualin soto itu, Pit

    ReplyDelete
  12. soto emang enak sih, malah jadi favorit aku sama suami. Dan bahkan ada orang yang sampe bikin penelitian tentang macam2 soto di Indonesia, saking ngefansnya kali ya, hehehe

    ReplyDelete
  13. wkwkwkwkk ngakak baca nggak keloloden dan endol markendol, iki saking nikmate mesti huakakakaaak.. mingin2i ih mbaa, besok kalo ke semarang tak nyoba ah ..

    ReplyDelete
  14. aduh soto soto di semarang bikin ngiler
    mbak ngambil fotonya juga ahhh tambah menjerit perut nih
    apalagi hujan hujan nih aih rame ya pasti yang ngantri tuh
    happy lunch

    ReplyDelete
  15. Aku liatnya langsung cegluk ngileeer mba.. dan aku pecinta soto asli!

    ReplyDelete
  16. Sumpah, semangatmu maem soto tersurat dalam tulisanmu ini, Mbak. Hahaha. Tapi, manteb yo, soto 11 ribu. Koyok bakso wae. Nek maem di sana biasane habis sampai berapa, Mbak?

    ReplyDelete
  17. Aku tuh suka nyoto apalagi pas panas-panas makan siang hari. DUh sungguh enak. Aku belum pernah nyoba soto ini tapi kayaknya satu porsi ini pas buat aku :)

    ReplyDelete
  18. Penasaran kayak apa rasanya soto Kimar, nah tau namanya aja baru di sini. Kenapa namanya Kimar yah kak? Oiya udah pernah coba soto Makassar? Enak juga 😁

    ReplyDelete
  19. Aduuuuh, sebagai pecinta soto Ujame ngiler liatnya XD
    Mana belom pernah nyobain lagi soto kimar.
    Fix, kalo ke Semarang wajib coba ini :3

    ReplyDelete
  20. Asem ngiler. Aku bukan penggemar soto. Tapi suka makan pas siang2. Anget2 gimana gitu

    ReplyDelete
  21. Asem ngiler. Aku bukan penggemar soto. Tapi suka makan pas siang2. Anget2 gimana gitu

    ReplyDelete
  22. Saya baru tau ayam merah. Seperti apa itu ayamnya? Sotonya kelihatan menggiurkan. Enak kayaknya dimakan siang hari ^_^

    ReplyDelete
  23. Wah enak sekali ya soto Kimar yang isinya potongan ayam yang besar. Belum pernah nyoba jadi penasaran deh

    ReplyDelete
  24. Seger banget mba sotonya, kalo dijawa bakul soto itu ciri khas selalu ada gorengan tempe ya mba..

    ReplyDelete
  25. Aku sama suamiku punya soto favorit di Bantul. Dekat sawah gitu dan rame banget kalo pagi. Antri beut. Tapi soto enak banget.

    ReplyDelete
  26. Wah jadi mau deh liatnya...blm pernah nyoba soto kimar, next klo ke Semarang mau nyiba ah..

    ReplyDelete
  27. Kangen sate telur puyuh sama sate ususnya Ya Allaaaaah!! Kalo makan soto yang bikin kangen dua lauk tambahan itu. Hiks. Enak banget laper ini baca tulisannya pagi-pagi haha. Nyari di Bogor susah. Nggak khas di sini. Paling kerupuk doang.

    ReplyDelete
  28. Aku juga suka soto.
    Suka masak di rumah, tapi kalau keluar, kangen juga sama soto masakan orang.
    Hiihii~

    Enak yaa...ada appetizer nya.

    ReplyDelete
  29. ayam merah itu ayam apa toh Noorma? ayam kampung atau ayam jantan atau apa?

    ReplyDelete
  30. sotonya mirip dengan soto semarang lainnya ya. disajkan dengan pilihan menu tambahan aneka macam sate

    ReplyDelete
  31. Joss tenan rek sotone. Ternyata tiap tahun naik Rp 1000 ya. Inflasinya mantap. Di sini harga soto juga Rp 10 ribuan.

    ReplyDelete
  32. Kalau aku kurang suka soti mbak lebih suka sop..tapi kalau suami soto ceker ayam suka banget tuh.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)