Serunya Rafting di Lolong Adventure Pekalongan - Cah Kesesi AyuTea

Serunya Rafting di Lolong Adventure Pekalongan



Assalamu’alaikum, temen-temen..

Bismillah, mumpung badan agak mendingan. Mumpung kepala bisa diajak kerjasama. Saya mau bikin postingan tentang Lolong Adventure. Baru sempet nulis karena dua minggu sama sekali nggak bisa betah lama-lama di depan leptop. Bawaannya mual terus. Setelah ke dokter, ternyata Asam lambung saya naik. Pantas saja saya ngerasa benar-benar nggak nyaman banget. Sebulan terakhir ini yang saya rasain pusing, dada sesak buat nafas, mual, leher kaku. Masa ya... setiap di depan leptop langsung kunang-kunang gitu dan harus selalu didopping minyak kayu putih atau freshcare. Mungkin emang kudu lebih banyak istrahat dan kurangi begadang, ya. hihihi.. 


Tapi... kalau ada yang ngajak jalan-jalan ya tetep seneng. Kaya dua minggu lalu, sebenere badan aduhai manjalita demam, hehe. Tapi karena semangat mau rafting di Lolong Adventure, Alhamdulillah sampai di Lolong, bawaanya bahagia gitu.. *__*


Pekalongan, banyak orang mengenalnya hanya kota batik. Udah gitu doaang... padahal Pekalongan itu dibagi menjadi 2, kota madya yang dikenal dengan kota batik dan kabupaten yang dikenal dengan kota santri. Kota Pekalongan memang dikenal sebagai kota batik, wisatanya pantai dan kota tua. Tapi... jarang banget ada yang tahu kalau Pekalongan juga punya wisata alam yang keren-keren. 

Salah satu wisata alam yang populer di Pekalongan adalah wisata Lolong Adventure di Desa Kabalong Kec Karanganyar Kab Pekalongan. Nahh... belum banyak yang tahu kan kalau Pekalongan punya sungai Sengkarang yang cucok banget buat Rafting?? 

Sungai Sengkarang yang ada di desa Kabalong ini adalah sungai yang punya karakter baik. Debit air pas buat rafting, kalau debit air sedang, bisa rafting dengan jarak 9 KM dengan estimasi perjalanan kurang lebih 2 jam. Sedangkan jika debit air lebih tinggi lagi, kamu bisa rafting dengan jarak tempuh 12 KM dengan estimasi perjalanan kurang lebih 3 jam.


Saat saya rafting dengan teman-teman Blogger Pekalongan. Alhamdulillah cuaca sangat mendukung. Air terlihat sangat jernih, matahari terik bersinar indah. “alam berpihak pada kita” ucap saya kepada Gita (ketua GenPi Pekalongan).

Start siap-siap untuk rafting jam 10 pagi. Bareng juga sama rombongan 4 orang dari Philipina dan Bandung. Setelah pakai pelampung dan helm, kami dibriefing terlebih dahulu sama rescuenya. Mas Dwi namanya, orangnya ramaaaaaaaaahh syekalii.. karena klik sama keramahan dan kebaikan mas Dwi ini, akhirnya saya minta mas Dwi untuk menjadi leader di prahu kami (saya, Nyi, Gita, dan Farida). Sedangkan tim cowok ada Angga, mas Arul, Hadi, dan anak mas Arul (5 tahun).

Perjalanan dimulai dari turun ke sungai. Pertama kali naik prahu, kami langsung disambut dengan batu besar dan jeram Welcome. Dannn... adventure kita dimulai dari jeram welcome ini. 

Ada 10 Jeram yang akan kita lewati saat rafting di sungai Sengkarang ini, di antaranya jeram Welcome, Giron, Si Otong, Kaji, Jembut, Kamid, Wahid, Sarwono, Juri, dan Jeram DPR. Jeram-jeram ini bikin kita gak move on, nggak mauuu pulaaaang maunya digoyaaang.. 

kejengkaaaaaaaaaaang
Waktu saya bertanya sama mas Dwi tentang asal usul nama-nama jeram tersebut, katanya memang nama-nama itu sudah ada sejak dahulu kala, seperti contohnya saat melewati jeram jembut, di situ konon dulu banyak sekali lumut sehingga diberi nama jeram jembut. Terus jeram Sarwono, karena di samping sungai banyak sawahnya pak Sarwono. Sayangnya ingatan saya tidak begitu baik sehingga saya lupa asal-usul nama 10 jeram hingga jeram DPR. Nanti deh, kalau ke sana lagi saya inget-inget, ya. haha

Oiya, asyiknya rafting di lolong adventure ini karena kita bisa jumping juga dari tebing 4 meter ke sungai dengan kedalaman 5 meter. Saya pengalaman pertama tuh lompat tinggi begitu. Saya takut ketinggian tapi nggak takut naik pesawat. Haha. But, Alhamdulillah banget saya melawan ketakutan saya dan berhasil lompat ke sungai walau dengan ekspresi wajah yang ....... lihat sendiri deh gambar di bawah ini. wkwkwk



Eeiimm, kalau kamu emang takut lompat, jangan dipaksa, ya. daripada kenapa-napa. Yaa kaan.? tapi kalau siap tantangan ya jangan sampai enggak jumping. Pengalaman booo’!

Di titik selanjutnya, kita diberi waktu untuk berenang bebas. Itu air sungai muter kaya lingkaran, jadi kita gak akan hanyut. Cocok buat yang belum bisa berenang untuk belajar renang di sini. Seruuu banget asli!


Perjalanan dilanjutkan, masih dengan jeram-jeram yang bikin seerr-seerr gitu lah. Pokoknya bener-bener seru banget rafting di sini. Kalau yang suka flipflop challenge, yaa silakan juga. Biasanya kalau yang perahunya mau dibalik itu ada permintaan, ya. Sekali lagi saya bilang.. kalau emang nggak berkenan dibalik perahunya, bilang saja sama rescuenya, mereka tidak akan melakukannya tanpa ijin tamu. Okay!

Weellll, kalau begini jadi pengen rafting lagi kaann jadinya.. kebayang-banyang serunya waktu itu.. saya pasti akan ke sana lagi, pengen cobain solo traveller gitu, terus ntar raftingnya bareng sama rescue-rescuenya. Wkwkwk

Okay, kurang afdhol ya kalau belum ngasih tips buat kamu kalau mau rafting.

Pertama, pastikan kalian benar-benar fit. Tapi percaya deh, saya demam waktu dari rumah, sampai sana berinteraksi dengan sejuknya alam sekitar, jadi sembuh. Wkwk. So, kalau yang demam saja bisa sembuh, apalagi yang bener-bener fit. Tapi, pastikan juga kondisi badan nggak yang parah banget, ya. karena kan kita nantinya main air lama.

Kedua, siapkan mental dan keberanian. Karena di lolong adventure ini ada jumpingnya juga. Ini sih kalau yang udah biasa lompat tinggi pasti akan merasa ... “aahhh lompat dari tebing 4 meter mah keciiiiiiiiiiiiiilll” gitu ya. hahaha

Ketiga, pakai baju yang nyaman dan fit. Ini pengalaman saya gara-gara pakai celana training olahraga yang lupa talinya nggak kenceng jadinya melorot-melorot terus. wkwkwk. Kalau ada celana leging atau celana olahraga lainnya, jangan pakai jeans ya, beraaaattt!

Ke empat, usahakan perut udah diisi makanan dulu. Biar nggak masuk angin. Hehe
Sebelum lanjut ke tips selanjutnya, tonton video ini dulu yuk..



Ke lima, datanglah pagi-pagi. Jam 8 pagi lah sampai Lolong. Karena kaya sekarang kan musim hujan, kann. Biasanya kalau siangan habis duhur gitu turun hujan, kalau debit air tinggi banget, sungai nggak bisa buat rafting. So, jangan sampai nyesel karena nggak jadi rafting sesampai sana. hiks

Ke enam, bawa duit yang banyak! karena apaaa???? Lolong ini kan juga dikenal sebagai desa DUREN. Habis rafting pengen durian kalau nggak bawa duit, gimana dong?

Ke tujuh, bawa baju ganti jangan sampai lupa, ya. nggak mungkin kan kamu mau nungguin baju kering sendiri?

Ke delapan, sebisa mungkin saat rafting pakai alas kaki, ya. kemaren saya nggak pakai alas kaki jadi sakit. Hiks


Udah itu saja tipsnya, yang paling penting yaa niat untuk bersenang-senang di sana, karena kalau kita ke sana gak untuk senang-senang mau apa? Selalu menyebarkan aura positif. Saat di rafting kalian pasti bisa fresh, teriak aja kalau emang teriak bisa menghilangkan kepenatan. Ya kaann?

Ooh iya, satu lagiii... harga paket rafting di lolong Adventure ini muraahh meriah banget asli! Bisa cek gambar di bawah ini, ya.


Dan kalau mau tanya-tanya atau kalian mau ke Pekalongan, jangan sungkan-sungkan kalau mau tanya-tanya bisa ke saya, ya, di WA 0896-6954-5600.

43 comments:

  1. jujur, aku pun mengenal Pekalongan sebagai kota batik. Di mana pun aku berada, mendengar org berkata batik pasti langsung menuju kata Pekalongan. Begitu kuatnya pengaruh batik Pekalongan di hati para penggemar batik. Terima kasih atas artikelnya. Krn telah membuatku tau bahwa Pekalongan tdk hny batik nya yg terkenal namun juga kaya akan tempat wisata

    ReplyDelete
  2. Ternyata di pekalongan ada wisata rafting toh, perlu dicoba nih,
    Makasih author udah membagikan informasi yang bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Sepertinya seru sekali raftingnya. Apalagi sudah lama ga rafting. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Bisalah diagendakan utk rafting di sana. Lagi musim hujan, debit air pasti jga lagi tinggi. Cocok untum rafting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terjangkau banget di sini. Yuk ah cuss ke sini kita rafting bareng

      Delete
  4. Padahal sudah beberapa kali ke Pekalongan, malah baru tau ada tempat wisata begini. Wkwk. Suwun infonya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walahh hahaha.. gpp.. setelah tahu langsung agendakan ya

      Delete
  5. Terimakasih atas informasinya, artikelnya bagus dan jadi nambah list tempat untuk dikunjungi.
    Senangnya bisa melakukan aktivitas seperti camping, rafting..., saya bisa lagi kapan ya...nunggu anak rada besar dulu baru bisa jalan jauh-jauh. Belum pernah jalan- jalan ke Pekalongan juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mumpung ada aku mba Maya. Bisa ke Pekalongan sekarang wkwkkw

      Delete
    2. Monggo mba ke Pekalongan. Kapan. Agendakan. Kita najalan jlaan bareng

      Delete
  6. Aku pengen ajak keluarga wisata rafting. Soalnya dulu pernah sama kantor dan seru abis. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mbak Sissy.. segera agendakan rafting bareng keluarga

      Delete
  7. Walah seru men Mbak. Gaya pas lompat dari ketinggian juga bikin memori yang tak terlupakan ya. Meskipun terlihat menakutkan tapi kelihatan kok kalau menyenangkan, seperti kata Mbak Noorma.

    ReplyDelete
  8. Seru banget sih raftingnya. Jadi pengen rafting juga deh. Ah, jadi kangen Mbak Noorma juga nih.

    ReplyDelete
  9. Di Pekalongan da rafting juga ya? Kirain cuma batik aja yang terkenal disana hihihi. Tantangan banget nih kalau mau ikut rafting, tapi kelihatannya untuk pengaman keselamatan udah oke kan mba? Saya agak Cemen soal ginian nih...cuma penasaraan

    ReplyDelete
  10. Seru yaa rafting itu. Dari dulu pengen coba belom kesampaian. Kalo sekarang belom yakin mau nyoba karena masih ada bayi 🤣

    ReplyDelete
  11. Nagih kak, aku pengen rene meneh yok ah kapan abi dijak

    ReplyDelete
  12. yes mba aku salah satunya yang tahu Pekalongan cuman batik doang hahaha ternyata yah rafting seru bisa disini, dulu aku rafting cuman berapa meter aja. Btw tipsnya setuju pake pakaian nyaman dan yang ga bikin berat kalau basah pengalaman suami rafting bareng emak2 yang all out pakainnya pas jatuh doi tenggelam karena bajunya berat *pengen ketawa takut karma :D

    ReplyDelete
  13. aku jadi pengeeen ikutaaan terjun dan rafting bareng-bareng nih mba. Ngeliat fotonya aja udah seru bangeeet apalagi kalau langsung kaan hehehe

    ReplyDelete
  14. Kangen banget sama rafting. Suami sempat ajakin bulan Desember lalu. Tetapi, karena satu dan lain hal, saya menolak. Mudah-mudahan nanti bisa rafting lagi

    ReplyDelete
  15. Wah, ada anak kecil juga ya. Pemberani banget ini ya.

    Oiya, Mbak, apa kabar asam lambung? Mbak Pipit lagi sering marah2 kah akhir2 ini? Banyak2 istighfar ya, Mbak, mohon ampun sama Allah. Semoga lekas pulih sedia kala ben iso njegur banyu maneh.

    ReplyDelete
  16. Omg crazy bnget adventurenya, mau dong diadain di Makassar 😆😆 kebersamaannya berasa banget yah kak,

    ReplyDelete
  17. Waah.. di Pekalongan ada tempat rafting juga! Seru juga nih, Apalagi bareng dengan temen-temen, pasti asyik ketawa-ketawa sambil teriak-teriak ya...

    ReplyDelete
  18. Setuju sih, kalo sakit dibuat senang-senang pasti deh sakitnya terhempas, hahahaa

    Btw, aku mana berani jumping setinggi 4 meter gitu. Takut jatuh,tapi juga pengen sih ngerasain sensasinya

    ReplyDelete
  19. Setuju sih, kalo sakit dibuat senang-senang pasti deh sakitnya terhempas, hahahaa

    Btw, aku mana berani jumping setinggi 4 meter gitu. Takut jatuh,tapi juga pengen sih ngerasain sensasinya

    ReplyDelete
  20. Fiuuh asyik banget nih..sdh lama pengen ikutan berafting ria..liat ini jd makin pengen deh..

    ReplyDelete
  21. Seru ya rafttingnya ternyata bisa berenang2 juga dalam perjalanannya. Keluargaku sukanya adventure kaya gini nih

    ReplyDelete
  22. Duh, seru banget. Macu adrenalin ya. Aku terakhir rafting itu waktu outbond dari kantor. Kangen lagi deh...

    ReplyDelete
  23. Lolong itu emang sesuatu. Bismillah smoga bisa ke sini lagi

    ReplyDelete
  24. Ya allah itu beranian lompaaaat, aku makin tua makin takut ketinggian niih. Hoho

    ReplyDelete
  25. Akupun pernah mba dan ketagihan kepingin lagi seru ya mnguji adrenalin dn hrs kerjasama yg baik

    ReplyDelete
  26. Uuh, aku jg sesekali kayaknya pelu coba rafting nih buat adrenalin rush, lepasin stress banget kayaknya dg rafting gini yaa

    ReplyDelete
  27. Baru tau kalau di pekalongan ada rafting juga, rasanya pekalongan lagi banyak wisata baru ya jadi pengen kesana

    ReplyDelete
  28. Aku sebelum nikah hobby banget rafting sampai coba yang ajaib-ajaib hahaha. Pernah coba rafting bareng temen-temen di saat hujan deras banget, Ya Allah..kalau ingat sedih dan bahagia karena temenku itu sudah alm setahun lalu, hiks

    ReplyDelete
  29. Huhuuii cucok nih buat penyuka olah raga arung jeram. Aku penasaran pengin loncat dari tebing 4 meter itu, berani ndak yaaa...
    Itu pembagian grup enggak dicampur ya cewek cowok? Biasanya agar balance dan ada yang bantu-bantu, setiap perahu paling tidak ada cowoknya. Biar kalau ada yang jatuh bisa bantuin angkat selain mas kaptennya ;)

    ReplyDelete
  30. Aku belom pernah rafting sama sekali mba. Hiks.
    Seru banget sihhh adventure nyaa. Jadi mupeng

    ReplyDelete
  31. Aku pernah body rafting mbak seru sih tapi asli bikin deg-degan sewaktu kaki kram.

    ReplyDelete
  32. kok aku pengen ya mbak, keknya seru banget sih

    ReplyDelete
  33. Tadinya iya Mba, aku taunya Pekalongan ya kota batik, hihi.
    Terus pas kapan liat videonya Innayah tentang alam Pekalongan. Masya Allaaah, bagus banget dan masih alami banget!

    Dan membaca postingan Mba Noorma, jadi inget udah lamaaa nggak main rafting. Padahal pas gadis mayan sering liburan yang memacu adrenalin gini. Pengen lagi!

    ReplyDelete
  34. Sedih aku udah gak berani rafting lagi. Padahal salah satu pengalaman seru dan menyenangkan. Soalnya dulu pernah di tengah-tengah rafting eh asma ku kambuh :(

    ReplyDelete
  35. kk saya sudah 2 kali dinas ke Pekalongan mba dan bener dia cuma tau Pekalongan itu kota batik padahal ternyata ada wisata alam seperti ini juga ya mba. Nanti aku kasih tahu dia deh.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)