Kursus Setir Mobil Rp. 150.000, LANGSUNG BISA! - Cah Kesesi AyuTea

Kursus Setir Mobil Rp. 150.000, LANGSUNG BISA!

Assalamu'alaikum,


Kayaknya asyik ya kalau kita bisa nyetir mobil sendiri. Kita gak akan bergantung pada orang lain. Dan, nyetir mobil sendiri itu menguntungkan banget. Aku sendiri pengen bisa nyetir mobil sejak lama. Sejak Ibuku beli mobil Toyota Rush 3 tahun lalu. Tapi kalau mau latihan gitu rasa-rasanya masih agak takut. Padahal.. seandainya dulu aku beneran mau belajar, mungkin sekarang aku udah lancar, ya. Hehe..

Foto sama mobil dinas wkwkwk

Kini aku gak berani metuliskan resolusi di dream-plan hidupku. Sejak aku baru bisa mewujudkan impianku punya rumah sendiri meleset dua tahun. Jadi dulu resolusi 2016 aku pengen punya rumah sendiri. Tapi baru kesampaian di tahun 2018. Aku jadi kurang percaya diri gitu untuk menuliskan resolusi hidup. Padahal kalau mau jujur, resolusi yang belum tercapai masih terus dipikir dan dibathin gitu, gimanaaa caranya biar aku bisa mewujudkan cita-cita. Meskipun tantangannya berat, melawan ego diri sendiri.

Sifat yang kaya pengen apa-apa harus punya sendiri itu yang bikin aku enggan latihan nyetir mobil sampai sekarang. Jadi, prefeksionis gitu pengen bisa bawa mobil ya mobilnya sendiri. Hahaha. Dulu pernah sih, bapak rasan-rasan katanya mau belikan aku mobil kecil kaya Ayla atau Agya gitu. Tapiii... Sampai sekarang belum juga kesampaian, lantaran ada sesuatu yang lebih urgent dari membeli sebuah mobil baru untuk aku. Ngalah dong ya. Lagipula, aku mikirnya kalau beli rumah aja bisa sendiri (bukan warisan orangtua). Berarti mobil aku bisa dong!! Haha. Pede banget yes! Tapi pliiss aminkaan yaaa..


Terus, Desember 2018 kemaren, kan ceritanya bapak sakit kan ya. Terus bingung ada mobil tapi ga ada yang bisa nyetirin. mau opname ke rumah sakit harus manggil tetangga buat nyetirin mobil nganterin baoak ke rumah sakit. Akhirnya kan ga efisien dan efektif banget!. Di rumah yang bisa nyetir mobil cuma adik ipar, itu kalau sibuk yaa ga bisa diganggu gugat waktunya.

Sampai akhirnya Ibu ngomong terus nyuruh aku latihan mobil. Ya kali aku langsung mau?? Enggak.. karena ya itu tadi, aku pengennya mobil milik sendiri. Wkwkwk. Egois pol! Eh gak egois ini, justru semangat akhirnya kalau hidup ada target. Ya gak sih?

Tapi.. luluh juga lah ya hatiku, karena ngerti dan melihat sendiri betapa susahnya kalau gak ada tenaga yang bisa nganter2in kalo pas ndilalah bapak sakit. Bapak ku juga gak bisa nyetir mobil. Ibuku juga. Jadi bisa beli gak bisa bawa. Wkwkwk #uuuupps

Yaudah akhirnya aku mulai berani minta tolong om ku untuk melatih aku nyetir mobil. Yang pertama sih cuma muter-muter lapangan doang sih, ngelancarin ngegas dan kopling, serta rem. Yang penting tahu dulu tetek-bengeknya yang ada di kendali supir. Seperti lampu sign, nambah gigi, dan lain sebagainya.

Tapi, dirasa-rasa kok kalau sama om kurang greget, ya. Haha. Yaudah aku coba deh les setir mobil di sekolah setir. Yang paling dekat dari rumah ada kursus setir mobil Kusuma Negara. Ada di Kecamatan Karanganyar Pekalongan. Sebenarnya ada beberapa cabang sih tapi aku milih di Karanganyar saja yang lebih dekat dan merupakan kantor pusat.

Aku ambil paket 1, paket yang paling murah yaitu 150.000 dengan estimasi waktu 1.5 jam. Kalau dilihat dari keseluruhan harga sih ya, 100.000 itu untuk belajar nyetir 1 jam. Ada yang bilang mahal dibanding di kota lain. Mungkin karena nggak ada saingannya kali ya makanya harganya masih mahal dibanding di Jogja. Etapi ada yang bilang murah dibanding di Jakartam wkwk. 

Mas Andre, namanya. Guru les ku yang kemaren ngajarin aku. Pertama aku dikasih tahu teorinya dulu, nama-nama dan fungsi. Diajarin cara ngerem, ngegas, kopling, lampu sigh, lampu tembak, dll.

Aku sih pengennya bisa bikin vlog keseluruhan kegiatan latihan setir mobil, tapi karena aku murid baru yang sungguh masih amatir yaa aku ga bisa. Tapi ada kok vlog cuplikannya. Bisa dilihat di video ini ya..

Nah, beneran nggak sih cuma bayar 150.000 kita akan langsung bisa nyetir mobil?? Jawabannya tentu saja tergantung oranynya. Nyetir mobil itu kan skill ya. Meskipun dia ada teorinya tapi besar praktik dan skillnya. Kalau emang skillnya mampu menguasai dalam 1.5 jam itu ya pasti bisa. Karena ada yang sudah habis 3 juta biaya kursus stir mobil ternyata dia belum juga lancar.

Yang penting adalah niat dan tekad kuat. Naik motor juga gitu kan? Yang penting mentalnya kalau pas di jalanan kan ketemu dengan banyak kendaraan yang dibawa oleh orang yang berbeda karakternya. Naik kendaraan begini kan gak cuma buat gaya-gayaan saja. Apalagi tujuan aku latihan nyetir mobil udah jelas, biar aku nggak bergantung sama yang lain, dan kalau ada apa-apa urgent aku sebisa mungkin enggak ngrepotin orang lain.

Hmm.. aku sih udah bisa dari 1.5 jam kemaren aku belajar. Cuma ya belum lancar, belum diajarin cara nyelip juga. Wkwkwk.

Kalau memungkinkan, aku mau kursus lagi. Tapi kalau gak ya ngelancarinnya sama om saja. Hehe.

Kamu udah bisa nyetir mobil sendiri, belum?

32 comments:

  1. Bener tergantung orangnya & nyalinya hihihi. Ayo kalau udah lancar kita balapan yuk hahaha ditangkep pak polisi.

    ReplyDelete
  2. Aku baru 2 tahun kemarin baru bisa nyetir mobil. Duh umur setua ini baru belajar nyetir haha, terpaksa karena suami kerja di luar kota dan di kotaku waktu itu belum ada gojek dkk nya.
    Dalam waktu 1.5 jam kalo cuma jalan maju biasa, di jalan yg nggak terlalu rame sih mungkin bisa, tapi untuk nyetir di jalan yg rame, puter balik, nyelip sana sini, jalan di tanjakan dan parkir mundur, tentu butuh waktu latihan yg berulang kali *menurutku sih hehe.

    ReplyDelete
  3. Aku waktu itu les nyetir mobil satu paket, mba. Jadi maksudnya biar sekalian gitu. Tapi nyetir kalau nggak dipersering biasanya jadi nggak lancar seperti yang aku alami :) Semangat belajar ya mba

    ReplyDelete
  4. Aku juga udah lama disuruh belajar nyetir sama suami, tapi akunya males, maunya suami aja yg ngajarin, eh dianya yg ogah karena katanya aku ngeyelan kalau diajarin, mending sama orang lain aja. Akhirnya sampai sekarang gak belajar-belajar deh :))

    ReplyDelete
  5. Temenku bilang yang susah itu bukan belajar nyetirnya, tapi ngurus SIMnya, karena ujian bikin SIM baru itu susah banget katanya. Bikin aku makin mengkeret aja mau belajar nyetir, padahal perlu banget bisa nyetir sendiri buat jaga-jaga pas konsisi darurat yaa

    ReplyDelete
  6. Kalau menyetir mobil, saya udah bisa sejak SMA. Begitu kuliah, langsung dibeliin mobil sama orang tua. Tetapi, yang gak bisa sampai tuh bawa motor. Udha nyerah deh saya. Gak pernah bisa udah belajar beberapa kali juga :D

    ReplyDelete
  7. belum bisa nyetir hehehe naik motor aja belum lancar :D 150rb belajar mobil sampai bisa itu sih lumayan mba terjangkau :D

    ReplyDelete
  8. Semangat!!
    Aku Mbak, udah kursus bayar 850rb 1 paket, ujung-ujungnya sampai sekarang belum bisa juga. Karena suami nyetirin mulu plus kemana-mana pun ada taxi online, suami ga pernah kasih nyetir sendiri. Lha kalau ada dia ngapain aku nyetir logikanya.....
    Ibuku sudah menyemangati padahal tapi blm juga lancar.

    ReplyDelete
  9. Aku juga pengen belajar nyetir, nggak ada yang sekali datang gitu adanya harga paket kursus nyetir 1,5 jt sampai 2 jtan

    ReplyDelete
  10. Sebelum nikah sempat belajar nyetir mobil matic. Pakai mobil temen karimun tuh. Terus dr tembalang aku pernah nyetir sampai ke simpang 5. Pas di jl Pahlawan sempat kacau tuh, jalanan ramai, blm bs nyalip. Pernah jg pas di ngesrep agak ngebut, berasa kyk nyenggol motor. Saking takutnya tncap gas mgumpet masuk ke perumahan. Takut di kejar hahaha... Masih pengin belajar nyetir mobil manual tp blm ada waktunya.

    ReplyDelete
  11. Hahha...aku sampe sekarang masih belum berani bawa kendaraan, ya mobil ya motor, takuuut. Sampe diledek ama adekku. Suka iri sih liat yg bisa wara wiri kemana-mana sambil bawa kendaraan XD

    ReplyDelete
  12. Aku awal2 nikah sempet kursus stir mobil...tp memang mentalnya hra disiapin yak..

    ReplyDelete
  13. Dari dulu pengen juga bisa nyetir mobil. Dan yang dari dulu suka aku pikirin sampai amazing adalah cara parkir satu baris di tepi jalan dengan space hanya pas buat satu mobil. Itu gimana caranya ya?

    ReplyDelete
  14. Aku dulu ga pake kursus haha langsung aja nyetir sendiri gitu pake mobil bapak pernah nubruk juga tapi Alhamdulillah modal nekat malah langsung bisa

    ReplyDelete
  15. Aku belum bisa mengendarai motor, mbak. Apalagi mobil. Huhu. Sepeda aja masih sempoyongan. Huwaaa. Tapi bener sih, buat orang-orang yang terlalu banyak excuse ini mesti dikasih challenge yang membuat dia terpaksa harus belajar motor dan mobil segera wkwk. Sekarang Bapak udah sehat kan ya? Mudah-mudahan Allah kasih kesehatan terus setelahnya dan sakitnya Bapak jadi penggugur dosa :)

    ReplyDelete
  16. At least, ada basic dulu, ya. Jadi, uang dan waktu nggak sia-sia. Di sini, kayaknya nggak ada deh yang tarifnya per jam. Udah langsung paket.

    ReplyDelete
  17. Aku kepikiran juga buat belajar nyetir, padahal ya belom punya mobil, ortu juga. Tapi kan siapa tahu di masa depan ada mobil gitu. Tetanggaku masa punya mobil tapi jarang dipakai. Istrinya mau kursus gak dibolehin. Kan sayang...

    ReplyDelete
  18. Aku support 100 persen kak, cepet bisa ya Kak hahaha biar kalo kemana-mana bisa nebeng kamu hahahah. Sukses belajar setirnya yo kak, aku masih belum berani hahaha

    ReplyDelete
  19. memang tergantung nyali banget deh, tetanggaku ibu-ibu langsung ngacir keliling jakarta bawa anak 3 loh kecil-kecil, beraninya. Lah, temanku gak lulus-lulus malah nekat nabrak motor, untung gak apa-apa

    ReplyDelete
  20. Murah amaaatttt 150k doang bayarnyaaaa! Aku lho kursus mobil 1.5jt tapi masih belum bisa2. :D Sekarang kalo disuruh kursus lagi ya aku emoh :D

    ReplyDelete
  21. Wuidih, murah banget ya. Kalo di sini ada, aku mau deh ikutan kursus. Di sini mahal2. Jadinya aku gak bisa aja nyetir mobil.

    ReplyDelete
  22. Aku juga belajar mobil sama teman waktu SMA. Betul banget mbak yang penting niat dan tekad yang kuat untuk belajar mobil yakin deh sebentar aja bisa.

    ReplyDelete
  23. Huaa keren ya bisa langsung bisa,, btw saudara dulu bisa sih nyetir mobil tapi dia ga bisa parkirnya hehe. Aku juga pengen bisa nyetir mobil tapi tunggu punya mobilnya dulu hehe.

    ReplyDelete
  24. Di Bandar Lampung sini kisaran tarif kursus menyetir juga 100ribuan. Tapi ya untuk 1 sesi aja. Satu hari memang rasanya kurang. Enaknya seminggu kursus trua selebihnya ngelancarin sendiri tp di awal2 ditemani yang sudah bisa dulu.

    ReplyDelete
  25. Di Semarang tuh kursus setir mobil biayanya 350ribu selama 5 kali jalan. Bebas sih mau pilih 5 hari berturut-turut atau seling-seling

    ReplyDelete
  26. Nyetir mobil ga cuma mengandalkan skill, tapi juga keberanian. Tahun 97 dulu aku udah punya SIM A dan bisa nyetir mobil. Gara2 pernah serempetan dengan truk hingga pintu bagian kanan pas tempat nyetir peyok, akhirnya sampai sekarang kalau udah duduk di belakang kemudi langsung telapak tangan keringatan tak brenti2. Traumanya cukup mendalam sampai sekarang. Hehehee malah curcol yak.

    ReplyDelete
  27. Mayan murah ya mba. Kalo di sini pake paketan gitu , paling murah 500 ribuan tapi gurunya galak wahahah *pengalaman pribadi

    ReplyDelete
  28. Jadi Mbak Noorma ceritanya, mau belajar nyetir karena terpaksa. Terpaksa karena bapak sakit. Apapun kalo udah kepepet malah jadi loh! hihihi Jadi bisa nyetir mobilnya kan? :))

    ReplyDelete
  29. Aku mau naik motor lagi tapi ga dibolehin sama suami
    Surabaya rawan buat orang kagetan kayak saya katanya hahaha

    ReplyDelete
  30. Kirain beneran bayar 150rb langsung bisa mba :D, judulnya mengecoh nih hehehe...
    Tapi bener kok tergantung skill ya, aku sudah 6 kali pertemuan nyetir mobil dulu gak bisa-bisa wkwkwkk... Akhirnya bisa setelah ada mobil dirumah ya nyoba-nyoba sendiri ditemeni temen eh langsung bisa malah :D

    ReplyDelete
  31. Mbak Norma targetku tahun 2019 ini adalah bisa nyetir mobil. Dari kemarin nyari2 kursus setir mobil di Jogja. Udah dapat yg pas tapi blm dapet waktu yg pas.

    ReplyDelete
  32. Jadi pengen nanya mba, hmm kalau ngga bisa nyetir motor, tetep bisa kan ya nyetir mobil kalau kursus dan latihan terus??

    Soalnya aku ad masalah keseimbangan kayanya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)