header cah kesesi ayu tea

8 Tips Dalam Memilih Web Hosting Berkualitas



Assalamu'alaikum, 


8 Tips Dalam Memilih Web Hosting Berkualitas. Persaingan provider dalam menawarkan suatu layanan web hosting semakin ketat. Tidak sedikit dari mereka yang menawarkan berbagai macam fasilitas yang lengkap dengan harga yang terjangkau. Pada umumnya, web hosting berkualitas dengan harga yang murah mempunyai keterbatasan infrastruktur seperti pada servernya.

Ketika ada banyak website dengan traffic yang tinggi, maka server akan menanggung beban berat, sehingga website kamu akan sulit untuk di akses oleh pengunjung bahkan dapat sering mengalami down. Oleh karena itu, sebelum kamu menentukan web hosting terbaik, kamu harus jeli dalam memilihnya. Di mana ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan saat kamu ingin membuat website dengan membeli hosting. Berikut ini adalah beberapa tips memilih web hosting terbaik yang berkualitas premium.

Tips Memilih Web Hosting Berkualitas

Berikut ada 8 tips dalam memilih dan membeli web hosting berkualitas yang perlu kamu perhatikan, yaitu :

1. Spesifikasi dan Kecepatan dari Server




Jika ingin memilih web hosting, pastikan kamu mengetahui spesifikasi server dari penyedia hosting tersebut terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan, terkait kestabilan dari website kamu akan dipertaruhkan pada spesifikasi server dari provider supaya ada bisa menemukan web hosting berkualitas.

Pada umumnya, minimal spesifikasi pada prosesor Quad Core Processor dengan kapasitas RAM 8 GB. Jika penyedia hosting tidak mencantumkan detail spesifikasi server, ada baiknya anda bertanya kepada pihak provider atau CS (Customer Service).

2. Lokasi dari Server

Jika kamu sudah mengetahui spesifikasi server, kamu juga harus mengetahui lokasi tempat server berada untuk menjaga kestabilan website kamu. Jadi sebelum kamu membeli hosting, pastikan apa tujuan audience terlebih dahulu jika mengunjungi website kamu. Jika website dibuat untuk lokal atau di Indonesia saja, maka kamu pilih provider hosting yang servernya yang berada di Indonesia.

Jika website kamu ditujukan kepada audience global atau untuk seluruh dunia pengguna internet, maka kamu pilih penyedia web hosting berkualitas yang servernya berada di Singapura ataupun USA. Karena ke 2 negara tersebut mempunyai kestabilan internet terbaik daripada Negara-negara lain.

3. Jumlah Klien Provider

Pada saat kamu ingin memilih provider web hosting berkualitas, tentunya kamu tidak akan menyerahkan kepada hosting yang baru berdiri atau kurang pengalaman. Kamu bisa mengetahuinya dengan cara kamu melihatnya dari jumlah klient untuk mengetahui bahwa provider tersebut sudah berpengalaman atau masih baru.

Apalagi jika ada website terkenal yang memiliki jumlah pengunjung atau traffic yang tinggi, maka dapat dipastikan itu merupakan web hosting berkualitas terbaik. Karena website yang berkualitas pasti mempercayakan kepada mereka.

4. Jumlah dan batasan Bandwith



Perhatikan pada bandwith dari penyedia hosting, jangan sampai website kamu  mengalami down saat masuk pada pertengahan bulan. Oleh karena itu, kamu harus pastikan jumlah bandwith masih mempunyai banyak space atau ruang, anda bisa juga dengan mencari penyedia web hosting berkualitas yang bandwithnya tidak terbatas atau unlimited. Tetapi kamu akan mengeluarkan uang lebih sesuai dengan kebutuhan supaya anda tidak perlu pusing jika bandwith cepat habis dan bisa membuat website mengalami down.

5. Kapasitas atau Space Hosting

Mencari penyedia layanan web hosting berkualitas dengan harga termurah, tentu merupakan hal yang diinginan pemilik website. Namun, jika space hostingnya sangat kecil akan membuat kamu sulit untuk mengelola website. Apalagi jika penyedia hosting hanya memberikan ruang 1 GB, belum sampai satu bulan data dari website sudah akan memenuhi space hosting kamu. Jika sudah seperti ini, kamu harus melakukan upgrade atau bisa dengan mencari penyedia yang lain lagi dengan penawaran kapasitas hosting yang lebih besar.

6. Add On Domain

Add on domain adalah salah satu fasilitas dari penyedia web hosting berkualitas, agar kamu bisa memakai beberapa domain dengan satu akun saja. Fasilitas ini bersifat opsional atau pilihan, sebab jika kamu hanya mempunyai satu website, domain tidak perlu menjadi hal yang utama. Sementara untuk kamu yang memiliki lebih dari 1 website, maka kamu perhatikan fasilitas add on domain untuk menekan atau menghemat pengeluaran. Di mana kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli hosting yang baru pada website yang baru.

7. Harga Web Hosting

Pada dasarnya harga tidak akan menipu, tetapi tidak ada salahnya kamu lakukan perbandingan dari beberapa penyedia web hosting berkualitas yang ada. Apakah harga tersebut sesuai dan cocok dengan berbagai fasilitas yang diberikan oleh provider hosting. Jadi kamu tidak akan merasa kecewa jika memilih provider dengan harga yang murah, tetapi tidak mempunyai kredibilitas. Apalagi dengan harga yang mahal, pastikan berbagai fasilitas dan spesifikasi servernya di atas rata-rata atau sesuai dengan biaya yang kamu dikeluarkan kepada mereka.

8. CS (Customer Service)




CS atau customer service adalah bagian penting pada provider hosting, sebab saat website kamu mengalami down atau error, kemana lagi kamu harus bertanya dan berkeluh kesah? Jadi pastikan penyedia web hosting berkualitas mempunyai tanggung jawab dengan menyediakan CS yang siap melayani 24 jam. Ini dikarenakan kita tidak akan tahu kapan website tersebut akan mengalami gangguan.

Kesimpulan

Berdasarkan beberapa tips di atas untuk memilih web hosting berkualitas, IDwebhost telah memenuhi kriteria tersebut. IDwebhost merupakan web hosting terbaik indonesia. Berpengalaman sejak tahun 2004 dan telah dipercaya untuk melayani lebih dari 100 ribu pelanggan yang telah tersebar di seluruh Indonesia ataupun yang berada di luar negeri.

IDwebhost menyediakan paket paket jaminan harga hosting termurah se-indonesia. Selain itu juga kamu bisa mendapatkan gratis domain .com dan SSL gratis selamanya.  IDwebhost siap melayani kamu dengan penuh cinta selama 24 jam non-stop. IDwebhost memberikan garansi uptime sebesar 99.9% kepada pelanggan supaya website kamu ON terus sepanjang tahun tanpa jeda dan tanpa lambat.

Dengan IDwebhost, akses web kamu menjadi 40x lebih cepat daripada sebelumnya. Lalu kamu juga akan mendapatkan fasilitas gratis lainnya seperti seluruh data kamu di-backup secara terpisah pada dedicated cloud backup server serta kamu mendapatkan garansi 30 hari uang kembali jika kamu kecewa dengan pelayanan IdWebHost. Tanpa Syarat!

Dan yang terakhir,  IDwebhost secara rutin akan selalu membagikan berbagai artikel edukatif untuk menambah wawasan kamu terutama mengenai internet, database, server, dan lain sejenisnya. Semoga dapat membantu kamu, ya!
Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment