8 Tips Dalam Memilih Web Hosting Berkualitas - Cah Kesesi AyuTea

8 Tips Dalam Memilih Web Hosting Berkualitas



Assalamu'alaikum, 


8 Tips Dalam Memilih Web Hosting Berkualitas. Persaingan provider dalam menawarkan suatu layanan web hosting semakin ketat. Tidak sedikit dari mereka yang menawarkan berbagai macam fasilitas yang lengkap dengan harga yang terjangkau. Pada umumnya, web hosting berkualitas dengan harga yang murah mempunyai keterbatasan infrastruktur seperti pada servernya.

Ketika ada banyak website dengan traffic yang tinggi, maka server akan menanggung beban berat, sehingga website kamu akan sulit untuk di akses oleh pengunjung bahkan dapat sering mengalami down. Oleh karena itu, sebelum kamu menentukan web hosting terbaik, kamu harus jeli dalam memilihnya. Di mana ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan saat kamu ingin membuat website dengan membeli hosting. Berikut ini adalah beberapa tips memilih web hosting terbaik yang berkualitas premium.

Tips Memilih Web Hosting Berkualitas

Berikut ada 8 tips dalam memilih dan membeli web hosting berkualitas yang perlu kamu perhatikan, yaitu :

1. Spesifikasi dan Kecepatan dari Server




Jika ingin memilih web hosting, pastikan kamu mengetahui spesifikasi server dari penyedia hosting tersebut terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan, terkait kestabilan dari website kamu akan dipertaruhkan pada spesifikasi server dari provider supaya ada bisa menemukan web hosting berkualitas.

Pada umumnya, minimal spesifikasi pada prosesor Quad Core Processor dengan kapasitas RAM 8 GB. Jika penyedia hosting tidak mencantumkan detail spesifikasi server, ada baiknya anda bertanya kepada pihak provider atau CS (Customer Service).

2. Lokasi dari Server

Jika kamu sudah mengetahui spesifikasi server, kamu juga harus mengetahui lokasi tempat server berada untuk menjaga kestabilan website kamu. Jadi sebelum kamu membeli hosting, pastikan apa tujuan audience terlebih dahulu jika mengunjungi website kamu. Jika website dibuat untuk lokal atau di Indonesia saja, maka kamu pilih provider hosting yang servernya yang berada di Indonesia.

Jika website kamu ditujukan kepada audience global atau untuk seluruh dunia pengguna internet, maka kamu pilih penyedia web hosting berkualitas yang servernya berada di Singapura ataupun USA. Karena ke 2 negara tersebut mempunyai kestabilan internet terbaik daripada Negara-negara lain.

3. Jumlah Klien Provider

Pada saat kamu ingin memilih provider web hosting berkualitas, tentunya kamu tidak akan menyerahkan kepada hosting yang baru berdiri atau kurang pengalaman. Kamu bisa mengetahuinya dengan cara kamu melihatnya dari jumlah klient untuk mengetahui bahwa provider tersebut sudah berpengalaman atau masih baru.

Apalagi jika ada website terkenal yang memiliki jumlah pengunjung atau traffic yang tinggi, maka dapat dipastikan itu merupakan web hosting berkualitas terbaik. Karena website yang berkualitas pasti mempercayakan kepada mereka.

4. Jumlah dan batasan Bandwith



Perhatikan pada bandwith dari penyedia hosting, jangan sampai website kamu  mengalami down saat masuk pada pertengahan bulan. Oleh karena itu, kamu harus pastikan jumlah bandwith masih mempunyai banyak space atau ruang, anda bisa juga dengan mencari penyedia web hosting berkualitas yang bandwithnya tidak terbatas atau unlimited. Tetapi kamu akan mengeluarkan uang lebih sesuai dengan kebutuhan supaya anda tidak perlu pusing jika bandwith cepat habis dan bisa membuat website mengalami down.

5. Kapasitas atau Space Hosting

Mencari penyedia layanan web hosting berkualitas dengan harga termurah, tentu merupakan hal yang diinginan pemilik website. Namun, jika space hostingnya sangat kecil akan membuat kamu sulit untuk mengelola website. Apalagi jika penyedia hosting hanya memberikan ruang 1 GB, belum sampai satu bulan data dari website sudah akan memenuhi space hosting kamu. Jika sudah seperti ini, kamu harus melakukan upgrade atau bisa dengan mencari penyedia yang lain lagi dengan penawaran kapasitas hosting yang lebih besar.

6. Add On Domain

Add on domain adalah salah satu fasilitas dari penyedia web hosting berkualitas, agar kamu bisa memakai beberapa domain dengan satu akun saja. Fasilitas ini bersifat opsional atau pilihan, sebab jika kamu hanya mempunyai satu website, domain tidak perlu menjadi hal yang utama. Sementara untuk kamu yang memiliki lebih dari 1 website, maka kamu perhatikan fasilitas add on domain untuk menekan atau menghemat pengeluaran. Di mana kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli hosting yang baru pada website yang baru.

7. Harga Web Hosting

Pada dasarnya harga tidak akan menipu, tetapi tidak ada salahnya kamu lakukan perbandingan dari beberapa penyedia web hosting berkualitas yang ada. Apakah harga tersebut sesuai dan cocok dengan berbagai fasilitas yang diberikan oleh provider hosting. Jadi kamu tidak akan merasa kecewa jika memilih provider dengan harga yang murah, tetapi tidak mempunyai kredibilitas. Apalagi dengan harga yang mahal, pastikan berbagai fasilitas dan spesifikasi servernya di atas rata-rata atau sesuai dengan biaya yang kamu dikeluarkan kepada mereka.

8. CS (Customer Service)




CS atau customer service adalah bagian penting pada provider hosting, sebab saat website kamu mengalami down atau error, kemana lagi kamu harus bertanya dan berkeluh kesah? Jadi pastikan penyedia web hosting berkualitas mempunyai tanggung jawab dengan menyediakan CS yang siap melayani 24 jam. Ini dikarenakan kita tidak akan tahu kapan website tersebut akan mengalami gangguan.

Kesimpulan

Berdasarkan beberapa tips di atas untuk memilih web hosting berkualitas, IDwebhost telah memenuhi kriteria tersebut. IDwebhost merupakan web hosting terbaik indonesia. Berpengalaman sejak tahun 2004 dan telah dipercaya untuk melayani lebih dari 100 ribu pelanggan yang telah tersebar di seluruh Indonesia ataupun yang berada di luar negeri.

IDwebhost menyediakan paket paket jaminan harga hosting termurah se-indonesia. Selain itu juga kamu bisa mendapatkan gratis domain .com dan SSL gratis selamanya.  IDwebhost siap melayani kamu dengan penuh cinta selama 24 jam non-stop. IDwebhost memberikan garansi uptime sebesar 99.9% kepada pelanggan supaya website kamu ON terus sepanjang tahun tanpa jeda dan tanpa lambat.

Dengan IDwebhost, akses web kamu menjadi 40x lebih cepat daripada sebelumnya. Lalu kamu juga akan mendapatkan fasilitas gratis lainnya seperti seluruh data kamu di-backup secara terpisah pada dedicated cloud backup server serta kamu mendapatkan garansi 30 hari uang kembali jika kamu kecewa dengan pelayanan IdWebHost. Tanpa Syarat!

Dan yang terakhir,  IDwebhost secara rutin akan selalu membagikan berbagai artikel edukatif untuk menambah wawasan kamu terutama mengenai internet, database, server, dan lain sejenisnya. Semoga dapat membantu kamu, ya!

32 comments:

  1. Sebelum memilih tempat web hosting memang harus teliti dulu ya seperti yang ditulis Mba noorma, terima kasih mba sharingnya.

    ReplyDelete
  2. Jadi, lokasi pun ngaruh, ya. Banyak yang harus ditelaah, nih. Makasih infonya, Mbak.

    ReplyDelete
  3. Noted ini kriterianya Mbak. Ini saya kepikiran mau ternak blog juga, tapi masih maju mundur. Pengennya sih emang pakai webhost dari IDWebhost, krna blog utamaku jg beli domainnya dari sana :)

    ReplyDelete
  4. Masalah hosting suka jadi pembicaraan para blogger.

    Memilih hosting yabg tepat , Hal inilah yang bisa membantu kita untuk menjalani profesi sebagai blogger

    ReplyDelete
  5. Pernah juga pakai wp dot org. Dan faktor CS yang bisa online 24 jam ini penting banget buat saya yang gaptek. Trus kapasitas bandwith juga nih. Kalau kita nggak pintar-pintar ngatur postingan apalagi foto, bisa cepet abis ya jatahnya.

    ReplyDelete
  6. Kalo mau lebih profesional, emang lebih baik pake hosting ya. Aku ngeblognya masih nanggung nih

    ReplyDelete
  7. wah idweb oke juga ya servicenya, mantul euy..
    aku sendiri akhirnya balik lagi ke google punya biar enggak ribet haha

    ReplyDelete
  8. Yaampun ini perlu saya bintangin karena masih belajar banget jadi narablog. Akhir 2018 kemarin udah berencana jadi narablog profesional jadi mesti sering-sering ningkatin wawasan mengenai poin-poin dasar kayak gini. Thanks for sharing, Mbak Noorma :D

    ReplyDelete
  9. lumayan banyak yang harus kita perhatikan ya..tapi memang biar pas dengan kebutuhan dan juga budget yang kita alokasikan

    ReplyDelete
  10. Eh, saya juga pakai IDWebhost. Selain harganya terjangkau, saya juga suka dengan pelayanannya. CS-nya cepat tanggap dan ramah-ramah

    ReplyDelete
  11. Nah..mantab banget nih tipsnya. TFS ya Say..

    ReplyDelete
  12. Wah, lumayan juga tipsnya ya. Jadi nambah info buat aku. Soalnya selama ini cuma ngandelin rekomendasi temen aja si :D

    ReplyDelete
  13. Soal gtuan biasanya kuserahkan suami wkwkwk. Tapi bener soal CS itu, soalnya kalau lagi bingung siapa lagi yg dikontak kan? Ya minta tolong CS-nya. Kudu cari yg 24 jam dan bisa kasi solusi cepat ya mbak :D

    ReplyDelete
  14. Kalau aku, tidak terlalu kalap saat ada promo banting harga domain dan hosting. Karena bayarnya akan normal di tahun depan.

    ReplyDelete
  15. wah, kita harus tahu ya memilih web seperti apa. ini jadi catatan buat aku kalau mau bikin web.makasi infonya, sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  16. Iya nIh memang hal2 di atas hrs betul diperhatikan. Saya yg website idajourneys sdh hosting sendiri jd agak susah berekspresi krn sdh sering kepenuhan...bagi2 dgn blog suami sih heu...hrs ambil paket profesional kayaknya. Tp eneg pas bagian hrs bayarnya hahaha skrg aja dah sejutaan lbh setahunnya.

    ReplyDelete
  17. Wah betul sekali. Memang semuanya perlu dipertimbangkan sih ya dlm memilih hosting.

    ReplyDelete
  18. Aku baru tau kalau minimal spesifikasi pada prosesor Quad Core Processor itu kapasitas nya RAM 8 GB selama ini maen beli aja yang penting murah haha..kapan kapan pindah hosting mau nanya deh kecepatannya makasi ya mba noorma info nya

    ReplyDelete
  19. IDWebhost ini banyak yang merekomendasikan ya. Bisa jadi alternatif nih bagi bliger atau pelaku usaha yang ingin membuat website.

    ReplyDelete
  20. Waah makasih tipsnya mba Noorma, dulu saya beli domain dan hosting karena rekomendasi dari temen aja, dan blank banget, baru tahu fungsi fitur adddomain, dulu karena nggak tahu, skip aja hehehe

    ReplyDelete
  21. Saya masih awam nih mba soal hosting dan kawan-kawannya. Kemarin ganti domain pun masih keteteran hahaha, alhamdulillah baca ini semacam menemukan pencerahan, thanks sharingnya kak

    ReplyDelete
  22. artikel macam ini ngebantu orang yang kesulitan pilih hosting mba. Aku kemarin pun sempet galauuu dan nggak paham pilih hosting gimana yaa hehe akhirnya terbantu banget aetelah baca ini.

    ReplyDelete
  23. Aku pakai blogspot sih kak jadi ga pakai hosting soale mehong biayanya heuheu tapi kalau mau lebih profesional lagi sepertinya memang harus pakai hosting kali ya.

    ReplyDelete
  24. Sejak pertama buat domain aku pakai webhost ini hehehe, karena CSnya 24 jam beneran aku dah beberapa kali kontak selalu ready

    ReplyDelete
  25. Aku karena blog nya blogspot jadi nggak pakai hosting mbak, tapi memang harus pintar-pintar dalam memilih webhosting terpercaya ya.

    ReplyDelete
  26. Iy nih mba kamarin bikin 2 web aku ksih ke suami jd kepikiran mau bikin satu LG setelah baca ini

    ReplyDelete
  27. Iyaa..
    Aku pernah batal pesan domain karena CS nya kurang responsif.
    Jadi pas aku tanya-tanya seolah-olah dia ngomong ke aku "Makanya...baca doonk, buuk.."

    Pliis deeh..

    ReplyDelete
  28. Buat yang gak terlalu paham tentang hosting, cuma paham ngetik dan upload aja. Pastinya CS yang cepat respon jadi salah satu faktor penentu ya kak.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)