5 Tempat Menarik di Nusakambangan - Cah Kesesi AyuTea

5 Tempat Menarik di Nusakambangan



Assalamu’alaikum, temen-temen.. apa kabar hari ini? 

Sejak masuk bulan Februari, saya sedang berada pada keadaan sibuk. Hehe. Karena sejak tanggal 1 Februari lalu rumah saya di perumahan Gumiwang Kajen mulai dibangun. Meskipun saya ambil perumahan tapi Alhamdulillah saya bisa melihat proses pembangunannya mulai dari peletakan batu pertama hingga akhir nanti. Saat ini sedang pemasangan genteng dan proses pemasangan plafon. Doain ya temen-temen supaya semuanya lancar dan mendapat keberkahan dari Allah SWT.

Karena sedang ngirit pengeluaran demi bisa mewujudkan rumah impian, meskipun ambil perumahan, tapi beberapa lokal dibangun sendiri. Itu artinya saya harus menghemat supaya uang tabungan saya bisa untuk membeli material. Kelak bisa menambah bangunan di kelebihan tanah yang ada. Jadi, untuk sekarang ini saya lebih sering stay di rumah, paling-paling pergi kalau ada jam ngajar. Kepingin piknik ke Nusakambangan juga masih mikir-mikir. Hihihi. Tapi, sudah ada keinginan suatu saat pengen ke Pulau Penjara itu. Penasaran banget soalnya. Hihihi. 

Temen-temen pasti sudah tahu dong, ya, kalau Nusakambangan berada di lepas pantai Cilacap. Di sinilah para narapidana dari kasus-kasus kriminal berat seperti terorisme dan peredaran narkoba disel di balik jeruji besi dengan tingkat keamanan yang tinggi. Dulu, tahun 2011 saya pernah ke Cilacap dan Pangandaran. Katanya sih nggak butuh waktu lama kalau mau ke pulau Nusakambangan. Cuma, masih belum berani dulu itu karena suatu hal, hihihi.

Nah, kebetulan tema arisan blogger Gandjel Rel dari mbak Erina dan mbak Mara adalah wisata impian di Indonesia. Sekalian saja saya jabarin beberapa alasan kenapa saya pengen ke Nusakambangan.

1. Pantai Permisan yang menawan di Nusakambangan
 
Pantai Permisan via mutiarafadhnusantaradotblogspotdotcom
Katanya, ini saya bilang katanya karena emang belum pernah ke sana sendiri, melainkan hanya kata cerita teman saya yang pernah ke sana karena ada saudara yang dipenjara di Nusakambangan. Dia bilang kalau menjenguk ke sana dia mampir ke beberapa Pantai di Nusakambangan. Salah satunya adalah Pantai Permisan. 

Pantai ini memiliki gradasi warna antara pasir putih, batu-batu karang, serta laut birunya membentuk panorama indah.  Suara ombak yang berdebur kencang menjadi musik khas suasana pantai. Di sini, ada Monumen Pisau Komando, yaitu pisau komando raksasa yang tertancap di batu karang. Tak heran, karena pantai ini biasa dijadikan lokasi pembaretan Kopassus.

2. Pantai Karang Pandan, pantai indah di Nusakambangan bagian timur yang biasa menjadi tempat larung sesaji

Pantai Karang Pandan via berbagirasasejutailmudotblogspotdotcom

Terletak berhadapan dengan dua pulau karang yang di sebut Pulau Majethi. Pantai Karang Pandan menjadi salah satu tempat yang ingin saya kunjungi. Pantai yang seringkali dijadikan tempat untuk melakukan larung sesaji ini mempunyai panorama yang indah dan bepasir putih.

3. Benteng Karang Bolong, benteng peninggalan Belanda yang masih berdiri kokoh 

Benteng Karang Bolong via sahadatmirzadotwordpressdotcom

Benteng bersejarah ini tak jauh letaknya dari Pantai Karang Pandan. Benteng Karang Bolong ini dibangun pada tahun 1837. Ada yang bilang benteng peninggalan Belanda menimbulkan kesan mistis, terlebih dari penampakannya yang nampak kurang dirawat. Berbagai tanaman yang merambat di tembok-tembok membuat kesan mistis makin terasa. Menyusuri ruangan-ruangan dan lorong yang ada di sini sembari menyelami sejarah kayaknya asyik, ya. Konon, ada salah satu lorong yang tembus sampai ke Benteng Pendem di Teluk Penyu, Cilacap, ini wow! Bikin makin penasaran!

4. Goa Ratu yang menjadi induk dari goa-goa di pulau ini

Ternyata nggak hanya pantai dan benteng, Pesona Nusakambangan juga memiliki sejumlah goa unik dan cantik yang bisa disusuri. Tak jauh dari pelabuhan Sodong tempat mendaratnya kapal, di sana bisa menemukan Goa Pasir yang tampak menyatu dengan tanaman merambat di sekitarnya. Yang perlu diingat adalah jangan sekali-kali ambil foto di sini karena goa ini dianggap keramat. Kalau sampai melanggar, foto yang dihasilkan tidak sesuai dengan keinginan, ada penampakannya! Duuh, merinding!

Goa Ratu via wwwdottelusurindonesiadotcom
Dari Goa Pasir, lanjut ke Goa Ratu yang merupakan induk dari goa-goa yang ada di Nusakambangan. Goa ini memiliki panjang mencapai 4 Km. Di sana ada ornamen goa berupa stalagtit dan stalagmit yang cantik. Ada juga Batu Gondo Mayit, batu yang konon mengeluarkan bau busuk seperti bangkai pada waktu-waktu tertentu.

5. Kampung Laut

Kampung Laut terletak tak jauh dari Selat Segara Anakan, kampung ini adalah sebuah kecamatan yang cukup terpencil di Cilacap. Ada banyak pantai di pesisir Rancababakan dan Kalijati yang indah. Ada juga beberapa goa yang bisa disinggahi, seperti Goa Pawon, Goa Ronggeng, serta Goa Payung. Atau menulusi hutan Mangrove dengan perahu? Kenapa tidak!

Dermaga Kampung Laut via lembaranpungdotwordpressdotcom
Yups! Saya pengen ke Nusakambangan karena ternyata di Pulau Penjara yang terkesan horor itu menyimpan jutaan spot menarik. Indonesia memang sangat kaya. Rasanya tak cukup untuk menyebutkan satu persatu. Saking banyaknya! Bahkan di Pulau Kecil seperti Nusakambangan saja banyak sekali destinasi yang bisa dikunjungi, dari alamnya, hingga sejarahnya. Pelan-pelan semoga kelak bisa menclok sana menclok sini sesuai keinginan. Memanjakan mata dan bathin dengan melihat ciptaan tuhan yang sempurna. Sebagai manusia juga kita wajib menjaga kelestarian alam. Jauhkan dari kata merusak! Karena tangan-tangan yang merusak menjadi penyebab bencana alam. Tentu hal itu tidak kita inginkan.

1 comment:

  1. Waw, kalo nusakambangan gak terlalu jauh ya dari pekalongan ? bayangin selama ini denger nama nusakambangan kesannya sereem. Ternyata pantainya indah juga :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)