Dari Astra Untuk Indonesia - Cah Kesesi AyuTea

Dari Astra Untuk Indonesia

Astra merupakan salah satu perusahaan yang saat ini bisa dikatakan sebagai salah satu yang terbesar di Indonesia. Astra atau PT Astra International Tbk menurut sejarah telah didirikan sejak tahun 1957 di Jakarta. Astra merupakan sebuah perusahaan perdagangan umum dengan nama asal Astra International Inc, namun tepat pada tahun 1990 berubah nama menjadi PT Astra International Tbk. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan saat ini memiliki nilai kapitalisasi pada bursa saham pada akhir tahun 2016 lalu sebesar Rp335,0 triliun.

Untuk bisa berdiri menjadi salah satu perusahaan yang besar tentu saja tak bisa dilepaskan dari Filosofi, Visi serta Misi yang dimiliki. Filosofi yang dipegang oleh Astra selama ini dikenal dengan Catur Dharma yang berisikian 4 point utama yaitu (1) Menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara, (2) Memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan, (3) Menghargai individu dan membina kerja sama, dan (4) Senantiasa berusaha mencapai yang terbaik. Keempat hal itulah yang menjadi dasar dari perusahaan untuk senantiasa menjalankan roda organisasi di Astra untuk menjadi yang terdepan.

Sedangkan visi yang dimiliki oleh Astra adalah “ (1) Menjadi salah satu perusahaan dengan pengelolaan terbaik di Asia Pasifik dengan penekanan pada pertumbuhan yang berkelanjutan dengan pembangunan kompetensi melalui pengembangan sumber daya manusia, struktur keuangan yang solid, kepuasan pelanggan dan efisiensi. (2) Menjadi perusahaan yang mempunyai tangungjawab sosial dan ramah lingkungan”. Kedua visi itulah yang tampaknya sangat dipegang teguh oleh segenap stakeholder perusahaan sehingga dapat menjadikan perusahaan semakin besar bukan hanya di level nasional tetapi juga regional.

Adapun misi dari PT Astra International Tbk adalah “Sejahtera bersama bangsa dengan memberikan nilai terbaik kepada stakeholder kami”. Misi tersebut menjadikan pijakan dari segenap pengurus Astra untuk menjadi perusahaan yang bisa memberikan yang terbaik baik segenap masyarakat Indonesia, bangsa dan negara

PT Astra International Tbk secara nyata telah mengembangkan kerajaan bisnisnya melalui tujuh bidang usaha yang terdiri dari Otomotif, Jasa Keuangan, Alat Berat dan Pertambangan, Agribisnis, Infrastruktur dan Logistik, Teknologi Informasi dan Properti. Ketujuh bidang usaha tersebut saat ini bisa dikatakan telah memberikan manfaat yang sangat besar bagi masyarakat Indonesia khususnya karena telah menyentuh berbagai aspek kehidupan bangsa melalui produk dan layanan yang dihasilkan.

Sebagai contoh dalam bidang otomotif, masyarakat Indonesia tentu sudah mersakan manfaatnya dari produk astra yaitu menggunakan sepeda motor dan mobil dengan berbagai suku cadang yang berasal dari astra. Sedangkan dalam bidang jasa keuangan masyarakat bisa merasakan berbagai layanan pembiayaan, perbankan dan asuransi yang berasal dari Astra. Begitu juga bidang usaha yang lain yang telah memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia, bangsa dan negara tercinta ini. Dari semua bidang usaha yang dijalankan oleh Astra, satu hal yang sangat penting yaitu kontribusi Astra dalam membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia.

Selain itu yang menjadi unggulan dari PT Astra International Tbk program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) yang terangkum dalam Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia). Berbagai program sosial yang tersebut merupakan perwujudan nyata atas filosofi Catur Dharma Astra, yakni "Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara".

Ada Empat pilar tujuan utama dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dijalankan oleh Astra. Yaitu pendidikan, pemberdayaan ekonomi masyarakat, kesehatan, dan penyelamatan lingkungan. Dalam rangka mempermudah dan untuk efektivitas kegiatan CSR nya Astra telah membentuk sembilan yayasan, yaitu : (1) Yayasan Toyota & Astra, (2) Yayasan Dharma Bhakti Astra, (3) Yayasan Astra Bina Ilmu, (4) Yayasan Astra Honda Motor, (5) Yayasan Amaliah Astra, (6) Yayasan Karya Bakti United Tractors, (7) Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim, (8) Yayasan Astra Agro Lestari dan (9) Yayasan Insan Mulia Pamapersada Nusantara.

Jika ditelusuri lebih jauh, kegiatan sosial yang telah dijalanan oleh Astra kurun waktu 3 tahun yang lalu tepatnya pada tahun 2014 sesuai data adalah sebagai berikut:

1. Bidang pendidikan, PT Astra International Tbk telah menjalankan program CSR dengan menyalurkan 159.245 paket beasiswa, membina 13.262 sekolah serta membina 28.199 tenaga pengajar.

2. Bidang lingkungan, PT Astra International Tbk sedikitnya telah menanam sedikitnya 3.333.456 batang pohon untuk penghijauan serta telah membudidayakan kurang lebih 805.346 tanaman mangrove.

3. Bidang kesehatan, PT Astra International Tbk melalui Mobil Kesehatan Astra (MOKESA) telah melayani sedikitnya 94.296 orang pasien, membina 915 unit Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan mengumpulkan 126.452 kantong darah dalam berbagai rangkaian donor darah.

4. Bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat, PT Astra International Tbk tidak kurang dari 8.646 UKM telah mendapatkan pembinaan dari Astra hingga 2014 yang diperkirakan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 57.837 orang 
 
Sungguh merupakan kegiatan sosial yang sangat mengagumkan yang dilakukan oleh PT Astra International Tbk . Apa yang telah dilakukan oleh Astra semakin membukikan bahwa Astra merupakan perusahaan yang tidak hanya profit oriented akan tetapi lebih mengedepankan kegiatan yang bersifat sosial yang berdampak langsung kepada masyarakat, bangsa dan negara. Selamat ulang tahun yang ke 60 buat PT Astra International Tbk, semoga tambah sukses dan bisa memberikan yang terbaik bagi Indonesia tercinta.

4 comments:

  1. Kuliahku dibayarin dan dapet uang saku malah dari Astra.. Emang warbiasa Astra... Kesuksesan ku nulis dan ngeblog juga karena dukungan insan astra yang sering berbagi ilmu ga cuma bekerja... Dan di dukung pula sama perusahaan... Duh...alhamdulillah banget...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)