Skip to main content

Selamat Hari Blogger Nasional, Ngapain Ngeblog?




Bismillah..

“SELAMAT HARI BLOGGER NASIONAL untuk semua blogger di Nusantara. Tetaplah menginspirasi, lanjutkan berbagi, dan STOP Plagiasi”.

Pagi tadi saya bikin PM begitu di BBM, suami saya langsung komen, katanya gini.. “ucapannya jozz mantap terutama di kalimat yang STOP Plagiasi”. Hehe.. pagi-pagi bukannya ngucapin selamat pagi istriku sayang, malah ngomenin PM. Hihihi  

hari blogger nasional

Yaa iyalah, kampus IAIN Pekalongan saja sudah menerapkan Zona Integritas di mana semua civitas akademika WAJIB bebas korupsi dan plagiasi, masa kita enggak? Hihihi.

Pun demikian sebagai seorang blogger, memang sebaiknya blogger itu yaa bisa menulis. Sebenarnya tulisannya tak harus langsung bagus bin sempurna, namun percayalah seiring bertambahnya waktu dan terus berlatih, tulisan kita juga akan berciri khas dengan sendirinya. Tulisan yang baik memanglah tulisan yang dibuat sendiri, tidak asal copast-copast sana-sini. Boleh lah kita membaca referensi untuk menunjang tulisan kita, tapi parafrasekan dulu dengan bahasa kita sendiri. So, STOP Plagiasi.

Saya awal aktif ngeblog akhir tahun 2011, walaupun bikin blog ini pada bulan Agustus 2010. Terhitung sudah lima tahun saya ngeblog, tapi sampai saat ini tulisan saya begini-begini saja. Memang saya merasa tulisan saya ini ‘kaku’. Seperti tulisan opini atau artikel serius. Tapi saya memang nyaman seperti ini. Lain dulu lain sekarang. Karena kalau saya membaca ulang tulisan saya tahun 2011 silam, pengennya ketawa ngakak jungkir balik. Gimana, ya? Lucu gitu. Hihihi. Tapi, dengan membaca tulisan terdahulu justru malah membuat saya semangat lagi, teringat jaman-jaman di mana blogger sangat rahat. Sampai sekarang juga masih rahat, sih.

HARI BLOGGER NASIONAL.

Ngomong-ngomong, Kapan sih sebenarnya awal mulai ditetapkan Hari Blogger Nasional? Saya kasih tahu, ya. Saya tahu juga dari blog warung blogger. Hehehe.

Hari Sabtu, tanggal 27 Oktober 2007 silam, merupakan hari ditetapkannya Hari Blogger Nasional (HBN). Waktu itu Kementrian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) masih dijabat oleh Bapak M Nuh. Pada pembukaan Pesta Blogger beliau memberikan sambutan dan menyatakan bahwa hari itu merupakan momentum yang tepat sebagai hari blogger nasional.

Ini berarti hari ini Hari Blogger Nasional sudah tahun ke 9. Usia 9 tahun relatif muda, namun melihat perkembangan dunia blogging sekarang sangatlah luar biasa.

TERUS, NGAPAIN SIH KITA NGEBLOG?

Awal mula, banyak orang menuliskan curhatan dan kegaualan di blog. Mereka menjadikan blog sebagaimana buku diary online. Mereka juga tak membuka tulisan curhatannya untuk umum. Hanya untuk diri sendiri, sekedar curhat, menulis, dan simpan di draft. Atau bila dipublish mereka tak akan mengira tulisannya akan dibaca banyak orang. Hehe. Itu juga yang saya lakukan awal bikin blog ini. Dulu saya hanya curhat-curhat, bikin puisi-puisi saat jatuh cinta dan saat galau, dan tulisan berbau kekecewaan saat sedang kecewa, bahkan tulisan saya juga ada yang ketika dibaca emosi dan marahnya masih kerasa. Huft!

Ngeblog buat curhat! Sebenarnya sampai saat ini sih sama, ya. Buktinya tulisan ini juga mengandung unsur curhatan, haha. Cuma porsinya memang sudah beda. Terlebih jaman sekarang blogger sudah dianggap menjadi profesi, di mana kita menulis seperti halnya bekerja kemudian kita mendapatkan penghasilan dari tulisan kita di blog. Curhatan kita sebisa mungkin curhatan yang bermanfaat, bukan lagi curhatan galau atau curhatan ngomongin orang. Hihihi. Misalnya saja, sekarang banyak momblogger sharing tentang pengasuhan anak, sharing tentang kehamilan, dan sharing tentang hal lain di mana dikemas dalam tulisan apik dan dapat dikonsumsi oleh publik. Atau travel blogger juga bisa share tentang tips-tips saat travelling sesuai dengan pengalaman pribadi. Curhatnya curhat yang manfaat!

Ngeblog juga bisa mendapatkan banyak teman, di mana dari teman bisa menjadi saudara. Bahkan bisa loh jadi rekan bisnis. Ini juga yang saya alami sendiri, tahun 2011 lalu saya kenal yang namanya bunda Lahfy (saat ini beliau sudah nggak ngeblog lagi). Saya dan bunda saling kenal dan dekat, kemudian menjadi relasi bisnis jualan gamis syar’i. Naah, kan, betapa luasnya jaringan dan manfaat yang bisa kita dapatkan dari ngeblog. Walaupun salah satu di antara kita sudah nggak ngeblog, tapi saya dan Bunda tetap bersaudara. 

Ngeblog juga bisa mengantarkan seseorang menjadi penulis terkenal. Duuh, ini saya belum sampai tahap ini, ya. Insya Allah suatu saat, (tolong aminkan, ya!). salah satu blogger yang menjadi penulis adalah Mak Irits aka Rahmi Aziza. Selain mbak Rahmi sebenarnya banyaaaaaaaaaaaakk banget, Loh! Seperti mbak Dedew, mbak Uniek, Mbak Dian, mbak Winda, pakdhe Cholik dan masih banyak lagi. Alhamdulillah, sangat bersyukur karena dengan ngeblog, saya bisa kenal dengan penulis buku hebat seperti mereka. Asyik!

Ngeblog nyari hadiah secara gratis! Ini buat blogger yang sangat gemar mengikuti lomba blog. Saya kenal salah satunya yang mujur dan beruntung terus, menang lomba terus, salah satunya mbak Evrina. Saya juga pernah dapat handphone smartfren gratis dan lomba blog, beberapa buku, uang, vocher belanja, kerudung, gamis, pulsa, dan masih banyak lagi. Dan yang paling penting, dengan mengikuti lomba blog, pengalaman yang didapatkan sangat berharga, tulisan semakin baik, edit foto dan video semakin mahir, semua itu guna mendukung lomba yang diikutinya. Sayangnya, saya masih saja di sini, belum seperti mereka yang total dan sangat kreatif mengemas ide untuk lomba.

Setiap orang pasti punya tujuan masing-masing saat memutuskan terjun ke dunia blogging. Yang saya sebutkan di atas hanya beberapa saja. Kalau saya, jelas memperbanyak pertemanan dan persaudaraan itu yang paling penting. Karena menurut saya, tak gunalah banyak harta mana kala kita tak punya ilmu. Tak guna lah banyak harta bila kita tak memiliki teman. Memangnya mau hidup seneng tapi sendirian? Hiks

Baiklah, ini tulisan udah panjang saja, udah 900 karakter lebih, wkwkwk. Mumpung momennya masih pas, saya mau ngucapin sekali lagi, selamat hari blogger nasional untuk sahabat blogger semua. Maju terus, jaya terus blogger Indonesia. Jalin silaturahim dengan baik, supaya hasil yang didapat pun menjadi baik. Luruskan niat ngeblog kita juga untuk hal baik. Agar hasil yang kita capai sesuai dengan usaha kita.

Comments

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)

Popular posts from this blog

Granuloma Umbilikalis Pada Bayi

Assalamu’alaikum, sahabatku.. semoga selalu sehat, ya. Amin. . . Postingan kali ini saya mau bercerita tentang Granuloma Umbilikalis Pada Bayi . Ini tentang Nooha, anak kedua saya yang lahir pada tanggal 5 Januari 2017 yang lalu. Sampai hari ini usianya sudah 3 bulan 4 hari. Alhamdulillah dia tumbuh dengan baik, sehat, dan ceria. Harapannya tentu seperti itu, bukan? Tetapi, ada sesuatu yang pernah membuat saya khawatir, yaitu masalah tali pusarnya. Dia puput usia 7 hari, tapi saya melihat pada pusarnya itu masih ada yang basah, jadi proses lepasnya puput itu seperti belum waktunya gitu. Dan benar saja setiap hari ada bekas seperti nanah pada kaos dalamnya. Kalo saya ibaratkan itu seperti lelehan lilin yang menempel di kaos. Baunya khas tapi tidak seperti bau nanah, enggak pesing, ataupun bau enggak enak lainnya. Setiap hari ada bekasnya di kaos, sesekali membesar berwarna merah, seperti daging tumbuh. Nanti meleleh lagi, terus seperti itu setiap hari. Saya takut k

Kartu ATM Bisa Kadaluarsa

Mungkin pembaca bingung dengan judul postinganku ini, Masa iya sih Kartu ATM bisa kadaluarsa atau expired? Jawabannya adalah IYA. Ini kisah nyata lhoo ya, bukan fiktif. Hihihi.. sebelum mulai bercerita, mau tanya dulu, kalian semua punya kartu ATM kan? Hehehe.. Iya deh iya.. percaya kalian semua punya, bahkan seperti halnya gadget, kalian juga pasti punya lebih dari satu ATM kan? Hihihi..  Oke, mulai ceritanya ya, sebenarnya i ni cerita sudah beberapa tahun yang lalu, jadi waktu itu aku belanja di Mini Market deket kontrakan, karena bawa uang cuma Rp50.000 dan khawatir kurang, aku meminta Aby untuk mengambil uang di ATM dulu, kebetulan ada mesin ATM di dalam mini market tersebut. Nggak lama Aby berdiri di depan mesin ATM itu. Aku kira sudah ambil uangnya, ternyata belum dan Aby bilang kalau Kartu ATMku sudah kadaluarsa. Aku kaget donk ya, kok bisa kedaluarsa? Serius? Dengan deg-degan dan penasaran, aku minta kartu ATMku dan menuju ke mesin ATM. Hmmmm...  ternyata benar, waktu a

Jenis Sabun untuk 7 Langkah Cuci Tangan

Di beberapa tempat dengan gerakan cuci tangan sebagai praktik umum yang biasa dilakukan sehari-hari, banyak terdapat air bersih serta sabun, sebagian besar masyarakat justru tidak menyadari hal penting 7 langkah cuci tangan dengan sabun. Sementara pada lingkungan kumuh atau padat, maka kebiasaan mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun sebenarnya dapat membantu untuk menurunkan separuh dari jumlah penderita diare. Gambar pinjem dari web iinformasitips