Skip to main content

5 Tips Memilih Madu Asli ala Mbak Sri Rahayu




Assalamu’alaikum sahabat semuanya. Apa kabar? Musim lagi nggak menentu, ya. Bikin badan meriyang-meriyang. Beberapa hari ini Noofa juga batuk dan pilek lagi. Kalau sudah begini, pasti efeknya banyak, ya. Ada nggak doyan makan, nggak semangat bermain, dan kurang ceria.

Sebenarnya sih, sudah sejak usia Noofa setahun saya beri dia madu untuk stamina dan menjaga kesehatan dia, tapi semakin besar, dia makin bisa milih-milih, sekarang ini saja dia lagi suka ‘madu kurma’ alias sari kurma. Pikir saya sih, tak apalah ya, karena sama-sama baik bila dikonsumsi.

Semakin ke sini, varian madu banyak sekali. Berbagai merk bermunculan di toko dan supermarket. Harganya pun bervariasi, ada yang murah ada juga yang mahal. 

 
sumber : madu.asli.org

Kalau saya sih punya langganan toko madu di daerah Gringsing Batang, Jawa Tengah, saya mengamini madu yang mereka jual adalah madu asli. Pernah juga dikasih tahu cara membedakan madu asli dan madu palsu oleh penjualnya. Makanya sampai sekarang kalau beli madu pasti ke sana, sudah 6 tahun lebih jadi langganan. Ajibnya, di sana juga membuka pelatihan pembudidayaan lebah madu. Ntar, deh. Kapan-kapan saya ke sana ambil foto lagi, soalnya apes banget foto-foto di leptop hilang semua saat beberapa bulan lalu hard disk internal minta ganti. Nggak diback-up pula! Hiks.

Ngomongin soal madu. Saya punya teman menyuka madu juga, dia seorang blogger yang punya hobi memasak dan bereksperimen menu masakan. Katanya, setiap hari keluarga dia konsumsi madu. YAH! SETIAP HARI! Keluarganya juga menjadikan madu sebagai obat yang diyakini dapat menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan dan menjaga stamina tubuh. Karena ini menjadi rutinitas, dia sangat selektif dalam memilih madu, tidak ingin terjebak oleh produsen nakal donk tentunya. Apalagi si buah hati juga ikut konsumsi madu untuk stamina tubuh dan menjaga kesehatan. Mbak Sri Rahayu, namanya.
 
mbak Sri Rahayu, gambar ambil dari G+ nya mbak Sri :)
Sesama penyuka madu, mbak Sri dan saya sharing tentang cara dia memilih madu asli. Ada 5 tips yang dia bagikan, saking baiknya, dia sudah menuliskan di salah satu postingan di blognya (http://www.istanabundavian.com/2016/10/5-tips-memilih-madu-yang-baik-untuk-anak.html ) berikut tips memilih madu yang baik untuk anak ala Mbak Sri Rahayu yang saya kutip dari blognya, yaitu: 
  1. Pastikan segel nya masih utuh
  2. Perhatikan komposisinya. Mbak Sri memilih madu yang mengandung royal jely, pollen dan bahan berkhasiat obat yang baik untuk kesehatan.  Selain itu kandungan air pada madu sebaiknya di bawah 19 % 
  3.  Expired date.  Pastikan tanggal expirenya masih lama, sehingga aman dikonsumsi dalam jangka waktu lama 
  4. Warna dan kekentalan. Pilihlah madu yang berwarna pekat dengan kekentalan yang cukup, cara mengetesnya teteskan madu pada kertas, bila tembus berarti madunya encer, kurang baik untuk dikonsumsi 
  5. Periksa keasliannya dengan cara menuangkan madu pada piring ceper, kemudian beri air lalu goyang kan piring.  Bila asli madu akan membentuk bidang hexagonal seperti sarang lebah.
Tips di atas adalah cara mbak Sri mengetahui madu asli dan madu palsu. Kalau tips dari saya sih mudah saja. Saya biasanya pakai batang korek api. Bila korek apinya menyala itu berarti madu asli, sedangkan bila koreknya nggak mau nyala, bisa dibilang itu madu palsu karena korek tidak mau menyala bila terkena air. Atau bisa juga dengan tisu, teteskan madu ke tisu, bila tisunya cepat basah dan merembas, berarti kandungan air di dalam madu itu terlalu banyak, madu seperti ini kurang baik untuk dikonsumsi.

Nah, di musim yang sedang nggak menentu ini, memang baiknya kita rajin mengkonsumi madu untuk menjaga kesehatan tubuh dan stamina tubuh. Pilih madu yang asli, ya. Sahabat bisa langsung mempraktikkan tips memilih madu ala mbak Sri Rahayu atau cara saya.
Atau, mungkin sahabat punya tips lain membedakan madu asli dan madu palsu? Yuk sharing di kolom komentar, ya..

Yuk jaga kesehatan, sudah mulai musim hujan, nih..  

Oiya, kalau mau sharing tentang madu atau resep masakan sama mbak Sri Rahayu boleh banget, orangnya juga nggak pelit ilmu. Silakan bisa langsung japri ke:


Facebook : https://www.facebook.com/sri.rahayu.sp

Twitter : https://twitter.com/rahayu_sp

Comments

Popular posts from this blog

Granuloma Umbilikalis Pada Bayi

Assalamu’alaikum, sahabatku.. semoga selalu sehat, ya. Amin. . . Postingan kali ini saya mau bercerita tentang Granuloma Umbilikalis Pada Bayi . Ini tentang Nooha, anak kedua saya yang lahir pada tanggal 5 Januari 2017 yang lalu. Sampai hari ini usianya sudah 3 bulan 4 hari. Alhamdulillah dia tumbuh dengan baik, sehat, dan ceria. Harapannya tentu seperti itu, bukan? Tetapi, ada sesuatu yang pernah membuat saya khawatir, yaitu masalah tali pusarnya. Dia puput usia 7 hari, tapi saya melihat pada pusarnya itu masih ada yang basah, jadi proses lepasnya puput itu seperti belum waktunya gitu. Dan benar saja setiap hari ada bekas seperti nanah pada kaos dalamnya. Kalo saya ibaratkan itu seperti lelehan lilin yang menempel di kaos. Baunya khas tapi tidak seperti bau nanah, enggak pesing, ataupun bau enggak enak lainnya. Setiap hari ada bekasnya di kaos, sesekali membesar berwarna merah, seperti daging tumbuh. Nanti meleleh lagi, terus seperti itu setiap hari. Saya takut k

Kartu ATM Bisa Kadaluarsa

Mungkin pembaca bingung dengan judul postinganku ini, Masa iya sih Kartu ATM bisa kadaluarsa atau expired? Jawabannya adalah IYA. Ini kisah nyata lhoo ya, bukan fiktif. Hihihi.. sebelum mulai bercerita, mau tanya dulu, kalian semua punya kartu ATM kan? Hehehe.. Iya deh iya.. percaya kalian semua punya, bahkan seperti halnya gadget, kalian juga pasti punya lebih dari satu ATM kan? Hihihi..  Oke, mulai ceritanya ya, sebenarnya i ni cerita sudah beberapa tahun yang lalu, jadi waktu itu aku belanja di Mini Market deket kontrakan, karena bawa uang cuma Rp50.000 dan khawatir kurang, aku meminta Aby untuk mengambil uang di ATM dulu, kebetulan ada mesin ATM di dalam mini market tersebut. Nggak lama Aby berdiri di depan mesin ATM itu. Aku kira sudah ambil uangnya, ternyata belum dan Aby bilang kalau Kartu ATMku sudah kadaluarsa. Aku kaget donk ya, kok bisa kedaluarsa? Serius? Dengan deg-degan dan penasaran, aku minta kartu ATMku dan menuju ke mesin ATM. Hmmmm...  ternyata benar, waktu a

Jenis Sabun untuk 7 Langkah Cuci Tangan

Di beberapa tempat dengan gerakan cuci tangan sebagai praktik umum yang biasa dilakukan sehari-hari, banyak terdapat air bersih serta sabun, sebagian besar masyarakat justru tidak menyadari hal penting 7 langkah cuci tangan dengan sabun. Sementara pada lingkungan kumuh atau padat, maka kebiasaan mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun sebenarnya dapat membantu untuk menurunkan separuh dari jumlah penderita diare. Gambar pinjem dari web iinformasitips