header cah kesesi ayu tea

Tumis Sayur Enak Tanpa Menghilangkan Gizinya



Bagi para ibu rumah tangga menyiapkan menu makan tentu saja menjadi tugas utama, tetapi ada kalanya anda merasa bingung untuk menentukan menu apa yang akan dibuat hari ini. Mungkin salah satu menu yang bisa anda jadikan sebagai pilihan adalah tumis sayur, selain enak sayur memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh mengingat kandungan vitamin yang sangat banyak di dalamnya.

Anda bisa berkreasi sesuai selera untuk membuat sayur tumis, tetapi ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar saat anda memasak tidak menghilangkan kandungan gizi di dalamnya:

  1. Saat mencuci sayuran pastikan bahwa anda melakukannya dengan cepat, cuci sayur dibawah air yang mengalir, jangan merendamnya karen akan membuat kandungan vitamin di dalamnya ikut larut dalam air. 
  2. Potong sayuran dengan ukuran yang sedang, jangan memotongnya kecil-kecil karena akan membuat sayuran menyerap udara sehingga menghilangkan kandungan vitamin dan mineralnya. 
  3. Pastikan bahwa panas air yang digunakan tidak terlalu tinggi, saat merebus sayur pastikan dulu bahwa air telah mendidih. Hal lain yang harus diingat jangan pernah memerah sayur yang telah direbuh, karena anda tidak akan mendapat gizi apapun kecuali ampasnya.



Gambar pinjam dari website royco

Beberapa hal tersebut harus anda perhatikan saat memasak sayur, agar kandungan gizi di dalamnya tidak hilang. Tumis sayur merupakan salah satu olahan yang paling cocok untuk menu makan hari ini
Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment