Skip to main content

Pipi Tembem Membawa HOKI

Bismillahirrohmaanirrohim...

Sebelum nulis tentang pipi tembem, saya mau mengucapkan happy anniversary kepada BlogCamp yang ke empat tahun, makin jaya yah! Alhamdulillah di ultah BlogCamp yang ke empat ini saya juga diberi kepercayaan mendapatkan tali asih sebagai pendaftar pertama di kontes Blog Review Saling Berhadapan, seneeeeng banget rasanya. Jazakumullah Khoiron Katsiron ya, Pakdhe.. :)


Oke, back to the topic. HOKI biasanya disebut sebagai keberuntungan, atau istilah familiarnya adalah rezeki. Hmm.. Lalu? Pipi tembem itu pipinya siapa dan maksudnya apa? Oke, begini ceritanya.......

Sore kemaren saat kami (Aby, Umy dan Noofa) di warnet, ada bapak-bapak datang ke warnet untuk scan beberapa surat. Saat melihat Noofa, si Bapak langsung ngajak bercanda dengan Noofa, karena Noofa sangat murah senyum kepada Bapak itu, bahkan dengan siapa saja yang ditemuinya. 

Terjadilah percakapan antara Bapak dan Umy Noofa:

Si Bapak: "Adek, namanya siapa? Udah berapa bulan, Mbak?"
Umy: "Namanya Noofa, Pak.. sekarang sudah 10 bulan setengah"
Si Bapak : "Murah senyum banget yak, udah mau jalan ya, Mbak.. dari tadi minta titah terus."
Umy: "Iya nih Pak, tapi gantian sama Abynya kalo minta titah, saya capek soalnya. hehe".
Si Bapak: "Oh iya emang, apalagi nanti kalo sudah jalan. Ngikutin terus harusnya dibelakangnya"
Umy: "Iya, Pak.. tapi nggak apa-apa, nikmat kok."

Si Bapak nyemol pipinya Noofa sambil bilang kalo pipinya kaya bakpao, tembem sekali. baguuus banget pipinya.

Si Bapak: "Pipinya tembem banget ya, Mbak.. ini bawa rezeki nih kalo pipi tembem gini."
Umy: "Mosok pak? Amiiiin Ya Allah"
Si Bapak: "Iya, kalo orang China seneng banget kalo punya anak pipinya tembem kaya gini, karena si anak pasti akan membawa HOKI untuk orangtuanya"
Umy: "ooo.. di China ya, Pak? kalo di Indonesia gimana Pak? orang JAwa? (mulai cerewet)
Si Bapak: "Kurang tau kalo kepercayaan di JAwa, Mbak, kalo di China begitu. Orang China di Indonesia juga kepercayaannya begitu"
Umy: "Di AMININ saja ya, Pak.. moga aja anak saya membawa rezeki untuk kami"

Si Bapak hanya menyunggingkan senyum manis, dan tak lama beliau menanyakan scan kepada Aby, dan scan sudah selese, setelah membayar, si Bapak pergi..       

Terus terang, saya baru pertama kali mendengar kepercayaan seperti yang dibilang si Bapak tadi. Kalau menurut yang Ibuku bilang sih, kehadiran anak dikeluarga akan mendatangkan rezeki, nggak peduli dia mau tembem atau mau kempot . hehehe..

Bagi saya, kalau itu memang baik dan tidak mengandung kemusyrikan, maka saya mengamini dengan harapan, Noofa akan mendatangkan rezeki dari Allah untuk kami. Karena pada hakikatnya, Jodoh, Rezeki, Mati itu adalah kehendak Allah SWT. :)

Comments

Popular posts from this blog

Granuloma Umbilikalis Pada Bayi

Assalamu’alaikum, sahabatku.. semoga selalu sehat, ya. Amin. . . Postingan kali ini saya mau bercerita tentang Granuloma Umbilikalis Pada Bayi . Ini tentang Nooha, anak kedua saya yang lahir pada tanggal 5 Januari 2017 yang lalu. Sampai hari ini usianya sudah 3 bulan 4 hari. Alhamdulillah dia tumbuh dengan baik, sehat, dan ceria. Harapannya tentu seperti itu, bukan? Tetapi, ada sesuatu yang pernah membuat saya khawatir, yaitu masalah tali pusarnya. Dia puput usia 7 hari, tapi saya melihat pada pusarnya itu masih ada yang basah, jadi proses lepasnya puput itu seperti belum waktunya gitu. Dan benar saja setiap hari ada bekas seperti nanah pada kaos dalamnya. Kalo saya ibaratkan itu seperti lelehan lilin yang menempel di kaos. Baunya khas tapi tidak seperti bau nanah, enggak pesing, ataupun bau enggak enak lainnya. Setiap hari ada bekasnya di kaos, sesekali membesar berwarna merah, seperti daging tumbuh. Nanti meleleh lagi, terus seperti itu setiap hari. Saya takut k

USAHA MIKRO; TETAP BERTAHAN DI TENGAH PANDEMI BERSAMA PIP

Kurang lebih 6 bulan masyarakat Indonesia berperang melawan pandemi Covid-19, dan hingga saat ini perang tersebut belum ada indikasi berakhir. Pandemi Covid-19 di Indonesia yang diketahui sejak awal bulan Maret 2020 harus memaksa sebagian besar masyarakat Indonesia untuk membatasi aktivitasnya agar penularan dapat dicegah. Dampak dari pembatasan tersebut mengakibatkan berbagai sektor terkena imbas akibat terhentinya aktivitas masyarakat. Di antara sektor yang paling parah terkena dampak Covid 19 adalah sektor ekonomi. Bukan hanya dalam skala makro, pandemi Covid-19 ini pun menghantam sektor mikro, bahkan tak tanggung-tanggung para pedagang kecil dan pelaku UMKM juga terkena imbasnya. Bahkan tidak sedikit dari mereka harus gulung tikar dan tidak dapat melanjutkan usahanya karena mengalami banyak kerugian, mulai dari turunnya pendapatan, hingga tidak lakunya barang-barang hasil produksi mereka.  Jika kita mau menengok lebih dalam lagi, UMKM di Indonesia sangat banyak jumlahnya, usaha ini

Mencetak Kemasan Makanan di Uprint untuk Usaha Snack

Halo, Assalamu’alaikum.. Apa kabar, Februari udah berjalan satu pekan, nih, dan di beberapa mini market udah mulai banyak bertebaran promosi coklat dan segala macam yang berhubungan dengan valentine. Saya sendiri sih enggak pernah merayakan hari Valentine secara khusus, ya. karena menurut saya semua hari sama saja, saya selalu memberikan rasa sayang dan cinta kepada pasangan... pun dengan sesama, eaaa... Kamu pernah ngeh nggak kalau kemasan masakan untuk coklat, kue, permen menjelang Valentine itu lucu-lucu. Saya sih selalu ngeh, bahkan beberapa kali pernah kepincut dan membeli coklat karena suka dengan kemasannya. Kalau Valentine begini mah kebanyakan kemasan warna pink gitu, ya. Tapi ada juga beberapa coklat yang kemasannya selain warna pink. Ngomongin masalah kemasan. Saya jadi ingat teman saya yang buka usaha kuliner snack/jajanan. Tapi dia bingung soal design kemasannya. Namanya usaha kuliner begitu kan hal yang pertama dipikirkan tentu soal personal bran