header cah kesesi ayu tea

CERDAS MEMILIH PERGURUAN TINGGI


Harus diakui bahwa memilih Perguruan Tinggi (PT) bagi lulusan SMA ibarat memilih pasangan hidup (jodoh), karena sama-sama sulitnya. Jika salah memilih, maka akan berakibat fatal karena hal tersebut menyangkut masa depan. Akan tetapi bagi calon mahasiswa yang tepat dalam memilih perguruan tinggi yang didambakan, tentu saja akan membawa dampak positif bagi masa depannya.

Banyak kasus kegagalan mahasiswa yang tidak bisa menyelesaikan studinya karena masalah sepele yaitu salah dalam memilih jurusan serta perguruan tinggi. Biasanya hal itu lebih disebabkan karena mereka hanya mengikuti perintah orang tua, mengikuti teman atau hanya karena tertarik dari selebaran maupun promosi yang dilakukan oleh beberapa perguruan tinggi tanpa melihat dan mempertimbangkan semuanya dengan matang.

Paradigma seperti itu saat ini harus segera dirubah, karena jika tidak maka sama artinya menggadaikan masa depan kawan-kawan semua. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih perguruan tinggi, hal tersebut diantaranya adalah; pertama,  memilih perguruan tinggi  harus sesuai dengan kata hati. Karena yang akan menjalani proses studi adalah kawan-kawan sendiri bukan orang lain. Ketika ada saran dan masukan dari orang tua maupun teman hendaknya dijadikan pertimbangan bukan berarti harus diikuti.

Kedua, pilihlah perguruan tinggi yang menyediakan jurusan atau program yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Meskipun perguruan tinggi yang kau pilih adalah PT favorit namun jika tidak ada jurusan yang sesuai dengan minat dan bakatmu, maka semua akan percuma. Karena dalam proses studi nanti jelas akan dijalani dengan penuh keterpaksaan, dan hal tersebut tentu akan membawa beban tersendiri.

gambar dari sini
Ketiga, pilihlah perguruan tinggi yang memiliki jaringan luas dengan indutri kerja. Bagaimanapun juga orientasi masuk perguruan tinggi adalah untuk bisa bekerja, sehingga jaringan ke dunia kerja sangat penting menjadi pertimbangan. Banyaknya pengangguran yang berstatus sarjana saat ini lebih disebabkan karena perguruan tinggi dimana mereka menuntut ilmu tidak memiliki jaringan dengan industri kerja sehingga ketika mereka lulus akhirnya menjadi pengangguran. Lain lagi jika setiap PT telah memiliki banyak jaringan industri kerja maka hal itu akan lebih memudahkan lulusannya dalam mencari kerja.

Keempat, pilihlah perguruan tinggi yang menyediakan fasilitas memadai. Meskipun bukan PT favorit namun jika menyediakan fasilitas memadai untuk mengembangkan segala minat dan bakatmu maka PT tersebut pantas untuk dipilih. Dunia kampus bukanlah sekolah yang hanya menerima materi, akan tetapi di kampus dituntut untuk mengembangkan potensi yang dimiliki mahasiswa. Sehingga ketersediaan fasilitas sangat penting guna mengembangkan potensi, minat dan bakat mahasiswa yang bersangkutan.

Kelima, pilihlah perguruan tinggi yang menyediakan beasiswa prestasi. Bukan bermaksud untuk mencari gratisan dalam biaya kuliah, akan tetapi dengan adanya beasiswa prestasi tersebut tentu akan dapat memberikan motivasi lebih kepada mahasiswa untuk bisa berprestasi.

Kelima tips yang disebutkan di atas hanyalah sebagian kiat dalam memilih perguruan tinggi. Semuanya tentu kembali lagi kepada masing-masing pribadi lulusan SMA, mau memilih perguruan tinggi yang bagaimana. Baik PT negeri maupun swasta, favorit maupun non favorit jelas sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Dalam hal inilah dibutuhkan kecerdasan dalam memilih perguruan tinggi, karena taruhannya adalah masa depan.
Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment