header cah kesesi ayu tea

BUKU ISNPIRATIF: GANTI HATI (Tantangan Menjadi Menteri)



BUKU ISNPIRATIF: GANTI HATI (Tantangan Menjadi Menteri) by Dahlan Iskan




Asslamu'alaikum, Apa kabar teman-teman Blogger yang saya cintai? Smoga selalu diberi kesehatan yes. Hmm.. Buku apa yang sedang teman-teman baca? Kasih tahu dong!
Postingan kali ini saya mau jawab tantangan tema arisan blog yang ke tujuh. Tantangan oleh mbak Vita Puspitasari dan mbak Anita Makarame tentang Buku Favorit apa yang menginspirasi kehidupan sehari-hari. 

Sebagai seseorang yang suka membaca buku (meskipun tidak gemar), saya juga mempunyai pengalaman dalam membaca sebuah buku. Bahkan di antara sekian banyak buku yang telah saya baca, ada beberapa buku yang mampu mengisnpirasi saya. Salah satu buku tersebut berjudul “Ganti Hati (Tantangan Menjadi Menteri) karya Dahlan Iskan. Buku tersebut merupakan buku yang di dalamnya diuraikan berbagai pengalaman penulis dalam berjuang mempertahankan hidup atau dalam bahasa saya menyambung hidup.

ganti hati dahlan iskan


Membaca tulisan Dahlan Iskan, bait demi bait seakan membuat saya masuk ke dalam sebuah peristiwa perjuangan seseorang dalam mempertahankan hidup, di tengah ancaman kematian yang sewaktu-waktu datang. Kisah perjalanan mantan Menteri BUMN era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam kabinet Indonesia Bersatu II tersebut memang menggetarkan jiwa. Saya sampai dibuat meneteskan air mata ketika membaca bagaimana seorang mantan wartawan sekaligus CEO surat kabar Jawa Pos dan Jawa Pos Group memaparkan dengan gamblang bagaimana ia melawan penyakit yang memiliki resiko kematian. Dan salah satu cara untuk memperpanjang hidupnya adalah dengan cara ganti hati (transplantasi hati).

ganti hati dahlan iskan

Bagi siapa saja hal tersebut akan dianggap sebagai sesuatu yang kecil kemungkinan untuk berhasil, bukan hanya soal susahnya mencari donor hati yang sesuai, tetapi juga soal keberhasilan proses operasi transplantasi sendiri yang dipertanyakan. Namun tampaknya nada pesimistis tersebut tidak berlaku bagi mantan Direktur PLN tersebut. Beliau memiliki kenyakinan bahwa segala sesuatu butuh usaha, seberapapun berat dan resiko apapun  itu semua harus dijalani.



Mungkin karena berbekal pengalaman menjadi seorang wartawan lapangan selama puluhan tahun, kegigihan, keuletan serta semangat dalam menjalani hidup itulah yang membuat Dahlan Iskan tidak gentar dalam melawan penyakit tersebut. Buktinya apa yang menjadi kekawatiran sebagian besar orang-orang, bahkan keluarga dekatnya hingga saat ini belum sepenuhnya terbukti. Operasi ganti hati pak Dahlan Iskan yang dilakukan di China berhasil, bukan hanya itu saja hati baru yang dimiliki Pak Dahlan yang konon berasal dari pemuda Negeri Tirai Bambu tersebut bekerja dengan baik.

Bila tidak berkerja dan bisa menyatu dengan raga Dahlan Iskan tidak mungkin beliau masih bertahan hingga sekarang. Lebih hebatnya lagi setelah memiliki hati baru Dahlan Iskan justru tidak banyak melakukan istirahat sebagaimana yang disarankan oleh tim dokter, beliau justru mensyukuri kesempatan untuk hidup lebih lama dengan cara mengabdi untuk negeri yaitu menjadi orang nomor satu di PLN, dan juga  menjadi menteri BUMN di saat negeri ini masih dipimpin oleh SBY. Saat masih aktif di PLN dan juga saat menjabat sebagai menteri, kinerja pria kelahiran Jawa Timur itu justru semakin giat. Alih-alih memikirkan resiko kesehatannya semakin memburuk, beliau malah berkenyakinan bahwa semakin giat bekerja untuk bangsa akan membuat dia semakin sehat, dan hal tersebut benar-benar dibuktikannya hingga saat ini.

Jika dibaca lebih mendalam, buku “Ganti Hati” karya Dahlan Iskan sesungguhnya mengajarkan kepada kita semua sebagai manusia tentang pentingnya semangat dalam menjalani hidup. Hidup itu ada kalanya manis ada kalanya pahit, Dahlan Iskan telah mengalami semuanya. Bahkan beliau mengajarkan di titik paling kritis sekalipun jika ada kesempatan berbuat lebih baik, maka kita diharuskan untuk tetap semangat dalam berjuang demi hidup yang labih baik, demi menciptakan kebahagiaan bagi diri sendiri, keluarga, maupun orang-orang di sekitar kita. 

Melalui buku ini pula segenap pembaca dan masyarakat Indonesia umumnya mencoba diajak untuk  memaknai hidup dan perjalannya sebagai sebuah pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan. Buku ini memberikan kesempatan kepada kita untuk bisa membayangkan sekaligus merasakan perjuangan dalam masa-masa sulit di dalam kehidupan. Begitu juga kita akan sadar bahwa di saat-saat itulah kita sebagai manusia pasti akan merasakan betapa lemahnya kita dan membutuhkan orang lain untuk menolong dan mendampingi kita dalam menjalani masa-masa sulit tersebut. 

ganti hati dahlan iskan



Terakhir, buku yang menceritakan kisah nyata perjuangan Dahlan Iskan dalam menggapai hidup baru (dengan hati baru) bagi saya merupakan sebuah buku yang sangat inspiratif dan layak dijadikan sebagai pedoman dalam mengarungi kehidupan ini dengan berbagai warna-warni ujiannya. Melalui buku ini pula kita akan dapat lebih mensyukuri atas nikmat kehidupan yang diberikan Tuhan kepada kita semua. Amien.
Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment