Ini yang Terjadi Ketika Tiduran Setelah Makan


Tahukah kamu? Mengantuk setelah makan memang hal yang alamiah, namun jika rasa kantuk selalu datang setiap sehabis makan, maka hal ini dapat menghambat aktivitas kita sehari-hari dan membuat kita menjadi tidak produktif.

Sebenarnya rasa kantuk muncul dari otak sebagai respons hormon dan saraf dalam tubuh. Saat kantuk melada, kerja otak tidak akan maksimal. Sehingga, banyak fungsi tubuh yang terpengaruh seperti menurunnya kepekaan, tingkat konsentrasi yang rendah, dan tidak adanya gairah atau semangat. Meskipun begitu, sebaiknya hindari kebiasaan tidur setelah makan karena kebiasaan tersebut dapat berdampak buruk bagi kesehatan kita, misalnya:
  • Naiknya berat badan. Rasa kantuk yang muncul setelah Anda menyantap makanan, membuat Anda ingin tidur. Jika Anda mengikuti keinginan ini dan tidur sebentar, misalnya hanya dalam hitungan menit, maka akan menyebabkan berat badan meningkat. Hal ini juga dapat memicu beberapa risiko penyakit yang berhubungan dengan obesitas.
  • Refluks asam. Refluks asam terjadi saat zat asam lambung naik kembali ke esofagus. Ini membuat dada terasa panas dan tidak nyaman.
  • Risiko penyakit stroke dan jantung. Meskipun dampaknya baru akan terlihat dalam jangka panjang, refluks asam berlebih dapat menyebabkan napas terhenti sejenak ketika tidur. Hal inilah yang memicu penyakit stroke. Selain itu, serangan jantung juga bisa terjadi jika seseorang sering langsung tidur ketika merasa kenyang. Hal ini terjadi akibat dari lemak yang terus menumpuk, yang kemudian menyebabkan penyempitan pembuluh darah.
Agar tidak mengantuk setelah makan, ada baiknya untuk mengkonsumsi makanan tinggi protein, tidak makan terlalu banyak, menghindari makan makanan cepat saji dan meminum kopi di siang hari. Itulah yang bisa saya bagikan di postingan ini, semoga bermanfaat.

16 comments:

  1. Bagus kakak, banyak dampak buruk yang bisa terjadi jika kita tidur setelah makan.

    ReplyDelete
  2. kalau ini saya sering lakuin, apalagi kalau abis makan malem.. langsung pulass..
    tapi lihat dampaknya, harus mulai diperbaiki nih kebiasaannya.

    trims infonya.

    ReplyDelete
  3. Ternyata ya selain berat badan bisa naik, kebiasaan tidur setelah makan ga baik buat kesehatan. Memang ngeri banget ya, jadi mending setelah makan gerakkan badan atau beraktivitas ya mba.

    ReplyDelete
  4. Yaa akhir2 ini aku alami, gampang lapar dan ngantuk....pertanda cacingan po yoo

    ReplyDelete
  5. nah ... gue kan kerjanya malem, pulang pagi, trus makan, abis itu tidur. Gimana, dong?

    ReplyDelete
  6. Agak susah juga sih menghilangkan kebiasaan ini, yang penting jaga menu makanan di malam hari yang ngga banyak lemak dan protein

    ReplyDelete
  7. Memang ini kebiasan buruk yang fatal akibatnya jika sudah terkena penyakit tsb, harus hati2 nih skrg...

    ReplyDelete
  8. waduhh padahal aku sering bgt habis makan banyak langsung tidur ckckck :-(

    ReplyDelete
  9. dalam islam pun di larang tidur setelah makan , karena akn menimbulkan banyak sekali penyakit

    ReplyDelete
  10. Mengenai makanan yang bisa menimbulkan kantuk seperti (katanya) kangkung, itu bener nggak sih mba?

    ReplyDelete
  11. bener itu emang alangkah baiknya setelah makan tidak langsung tidur, klo aku sih sekurang-kurangnya 15 menit setelah makan g tidur baru stelah itu bbok nyenyak hhe ..

    ReplyDelete
  12. Kalo dah malem banget gimana, amaannya nunggu berapa menit biar aman kalo dibuat tidur..hehe

    ReplyDelete
  13. iya mbak bener itu bahaya kalo setelah makan langsung tidur...yg biasanya paling kerasa ya dada sesak itu

    ReplyDelete
  14. Gak mau langsung tidur kalo abis makan, ini postingannya menyelamatkan saya dari kebiasaan buruk deh. Thank you, yaaa.

    Salam,
    Syanu.

    ReplyDelete
  15. Waaaa mengerikan penyakit berbahaya semua ya...
    Sya seringkali kalau abis makan terus tiduran sambil chat sampai akhirnya ketiduran..
    Jadi ngeri ah, makasih ya artikel ini mengingatkan aku sama pribadi ku..
    Huhuhu Thank u

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)