Selamat Hari Blogger Nasional, Ngapain Ngeblog?




Bismillah..

“SELAMAT HARI BLOGGER NASIONAL untuk semua blogger di Nusantara. Tetaplah menginspirasi, lanjutkan berbagi, dan STOP Plagiasi”.

Pagi tadi saya bikin PM begitu di BBM, suami saya langsung komen, katanya gini.. “ucapannya jozz mantap terutama di kalimat yang STOP Plagiasi”. Hehe.. pagi-pagi bukannya ngucapin selamat pagi istriku sayang, malah ngomenin PM. Hihihi  

hari blogger nasional

Yaa iyalah, kampus IAIN Pekalongan saja sudah menerapkan Zona Integritas di mana semua civitas akademika WAJIB bebas korupsi dan plagiasi, masa kita enggak? Hihihi.

Pun demikian sebagai seorang blogger, memang sebaiknya blogger itu yaa bisa menulis. Sebenarnya tulisannya tak harus langsung bagus bin sempurna, namun percayalah seiring bertambahnya waktu dan terus berlatih, tulisan kita juga akan berciri khas dengan sendirinya. Tulisan yang baik memanglah tulisan yang dibuat sendiri, tidak asal copast-copast sana-sini. Boleh lah kita membaca referensi untuk menunjang tulisan kita, tapi parafrasekan dulu dengan bahasa kita sendiri. So, STOP Plagiasi.

Saya awal aktif ngeblog akhir tahun 2011, walaupun bikin blog ini pada bulan Agustus 2010. Terhitung sudah lima tahun saya ngeblog, tapi sampai saat ini tulisan saya begini-begini saja. Memang saya merasa tulisan saya ini ‘kaku’. Seperti tulisan opini atau artikel serius. Tapi saya memang nyaman seperti ini. Lain dulu lain sekarang. Karena kalau saya membaca ulang tulisan saya tahun 2011 silam, pengennya ketawa ngakak jungkir balik. Gimana, ya? Lucu gitu. Hihihi. Tapi, dengan membaca tulisan terdahulu justru malah membuat saya semangat lagi, teringat jaman-jaman di mana blogger sangat rahat. Sampai sekarang juga masih rahat, sih.

HARI BLOGGER NASIONAL.

Ngomong-ngomong, Kapan sih sebenarnya awal mulai ditetapkan Hari Blogger Nasional? Saya kasih tahu, ya. Saya tahu juga dari blog warung blogger. Hehehe.

Hari Sabtu, tanggal 27 Oktober 2007 silam, merupakan hari ditetapkannya Hari Blogger Nasional (HBN). Waktu itu Kementrian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) masih dijabat oleh Bapak M Nuh. Pada pembukaan Pesta Blogger beliau memberikan sambutan dan menyatakan bahwa hari itu merupakan momentum yang tepat sebagai hari blogger nasional.

Ini berarti hari ini Hari Blogger Nasional sudah tahun ke 9. Usia 9 tahun relatif muda, namun melihat perkembangan dunia blogging sekarang sangatlah luar biasa.

TERUS, NGAPAIN SIH KITA NGEBLOG?

Awal mula, banyak orang menuliskan curhatan dan kegaualan di blog. Mereka menjadikan blog sebagaimana buku diary online. Mereka juga tak membuka tulisan curhatannya untuk umum. Hanya untuk diri sendiri, sekedar curhat, menulis, dan simpan di draft. Atau bila dipublish mereka tak akan mengira tulisannya akan dibaca banyak orang. Hehe. Itu juga yang saya lakukan awal bikin blog ini. Dulu saya hanya curhat-curhat, bikin puisi-puisi saat jatuh cinta dan saat galau, dan tulisan berbau kekecewaan saat sedang kecewa, bahkan tulisan saya juga ada yang ketika dibaca emosi dan marahnya masih kerasa. Huft!

Ngeblog buat curhat! Sebenarnya sampai saat ini sih sama, ya. Buktinya tulisan ini juga mengandung unsur curhatan, haha. Cuma porsinya memang sudah beda. Terlebih jaman sekarang blogger sudah dianggap menjadi profesi, di mana kita menulis seperti halnya bekerja kemudian kita mendapatkan penghasilan dari tulisan kita di blog. Curhatan kita sebisa mungkin curhatan yang bermanfaat, bukan lagi curhatan galau atau curhatan ngomongin orang. Hihihi. Misalnya saja, sekarang banyak momblogger sharing tentang pengasuhan anak, sharing tentang kehamilan, dan sharing tentang hal lain di mana dikemas dalam tulisan apik dan dapat dikonsumsi oleh publik. Atau travel blogger juga bisa share tentang tips-tips saat travelling sesuai dengan pengalaman pribadi. Curhatnya curhat yang manfaat!

Ngeblog juga bisa mendapatkan banyak teman, di mana dari teman bisa menjadi saudara. Bahkan bisa loh jadi rekan bisnis. Ini juga yang saya alami sendiri, tahun 2011 lalu saya kenal yang namanya bunda Lahfy (saat ini beliau sudah nggak ngeblog lagi). Saya dan bunda saling kenal dan dekat, kemudian menjadi relasi bisnis jualan gamis syar’i. Naah, kan, betapa luasnya jaringan dan manfaat yang bisa kita dapatkan dari ngeblog. Walaupun salah satu di antara kita sudah nggak ngeblog, tapi saya dan Bunda tetap bersaudara. 

Ngeblog juga bisa mengantarkan seseorang menjadi penulis terkenal. Duuh, ini saya belum sampai tahap ini, ya. Insya Allah suatu saat, (tolong aminkan, ya!). salah satu blogger yang menjadi penulis adalah Mak Irits aka Rahmi Aziza. Selain mbak Rahmi sebenarnya banyaaaaaaaaaaaakk banget, Loh! Seperti mbak Dedew, mbak Uniek, Mbak Dian, mbak Winda, pakdhe Cholik dan masih banyak lagi. Alhamdulillah, sangat bersyukur karena dengan ngeblog, saya bisa kenal dengan penulis buku hebat seperti mereka. Asyik!

Ngeblog nyari hadiah secara gratis! Ini buat blogger yang sangat gemar mengikuti lomba blog. Saya kenal salah satunya yang mujur dan beruntung terus, menang lomba terus, salah satunya mbak Evrina. Saya juga pernah dapat handphone smartfren gratis dan lomba blog, beberapa buku, uang, vocher belanja, kerudung, gamis, pulsa, dan masih banyak lagi. Dan yang paling penting, dengan mengikuti lomba blog, pengalaman yang didapatkan sangat berharga, tulisan semakin baik, edit foto dan video semakin mahir, semua itu guna mendukung lomba yang diikutinya. Sayangnya, saya masih saja di sini, belum seperti mereka yang total dan sangat kreatif mengemas ide untuk lomba.

Setiap orang pasti punya tujuan masing-masing saat memutuskan terjun ke dunia blogging. Yang saya sebutkan di atas hanya beberapa saja. Kalau saya, jelas memperbanyak pertemanan dan persaudaraan itu yang paling penting. Karena menurut saya, tak gunalah banyak harta mana kala kita tak punya ilmu. Tak guna lah banyak harta bila kita tak memiliki teman. Memangnya mau hidup seneng tapi sendirian? Hiks

Baiklah, ini tulisan udah panjang saja, udah 900 karakter lebih, wkwkwk. Mumpung momennya masih pas, saya mau ngucapin sekali lagi, selamat hari blogger nasional untuk sahabat blogger semua. Maju terus, jaya terus blogger Indonesia. Jalin silaturahim dengan baik, supaya hasil yang didapat pun menjadi baik. Luruskan niat ngeblog kita juga untuk hal baik. Agar hasil yang kita capai sesuai dengan usaha kita.

75 comments:

  1. Suka banget bahwa ngeblog diniatkan untuk hal yang baik. SUkses blognya ya mbak :)

    ReplyDelete
  2. Selamat hari blogger nasional ya mbak, semangat ngeblog 😊

    ReplyDelete
  3. Kunjungan rutin mbk,selamat hari bloger...semoga aukaes

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas.. Selamat hari blogget nasional juga yaa

      Delete
  4. Ehh ko kita sama sih. Buat blog thn 2010, ngisi akhir 2011. Jodoh....


    Ngeblogku jg masih penuh dg curhatan, hahah. Selamat hari blogger nasional!

    ReplyDelete
  5. Ehh ko kita sama sih. Buat blog thn 2010, ngisi akhir 2011. Jodoh....


    Ngeblogku jg masih penuh dg curhatan, hahah. Selamat hari blogger nasional!

    ReplyDelete
  6. Inspiring mbak nya ^^, newbe sedia gelas kosong aja deh buat belajar dengan empunya nih blog 🤗

    ReplyDelete
  7. Niat baik akan membawa kita pada kebaikan pula ya mbak. Sehat selalu bumil, dan selamat hari blogger nasional ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harapannya spt itu mbak.

      Sehat2 juga sampean yaa mbak

      Delete
  8. Kalau saya ngeblog memang untuk curhat :D

    ReplyDelete
  9. Selamat hari blogger nasional... jayalah selalu untuk dunia blogging ^_^

    ReplyDelete
  10. Kebanyakan ngeblog berawal dari curhat ya, kayak saya yang curhat pengen punya buku solo. hihiii

    ReplyDelete
  11. Dari ngeblog pandangan hidup jd lebih luas ya mba. Happy bloggers day juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena banyak belajar dari banyak teman mbak

      Delete
  12. iyaa dong, ngeblog bisa dapat teman banyak, kalau gak ngeblog mungkin aku gak kenal sama orang kesesi ini hiihihi

    ReplyDelete
  13. Semangat Hari Blogger, Pit... Sukses selalu yaa...

    ReplyDelete
  14. Bismillah tetep semangat dan selalu optimis Kak
    ayo kapan bukunya terbit hahahha ben kepacu menghasilkan

    Selamat hari blogger <3

    ReplyDelete
  15. Plagiasi mmg bikin jengkel yaa mba, tapi buat ngademin hati,"klw ada org yang meniru karya noorma brrt karya mb bagus mba", he..he tapi ndak bs d biarin aja si yaa

    ReplyDelete
  16. Iya mbak awalnya buat curhat ya sama dong :)

    Seiring waktu bisa bergeser sampai kemana-mana sampai mendapat job dan penghasilan. Semoga makin produktif ya mbak :)

    ReplyDelete
  17. Dan aku bahagia... bisa ketemu orang-orang keren seperti kalian semua Mba... teman-teman Gandjel rel terutama (y) (y)

    ReplyDelete
  18. So inspiring! Selamat hari Blogger nasional ya

    ReplyDelete
  19. Aasek assek...smule ga disebut2 sih? Hihi

    ReplyDelete
  20. Wah...udh byk ya mbak yg didpt dari ngeblog.
    Semoga bisa mengikuti jejaknya.
    Amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampean juga sudah kan mbak? Sampe bisa jalan2 gitu

      Delete
  21. Tosss mb, buat blog sekitar tahun 2010 tp saya baru bikin domain dan kontinyu mulai ptengahan desember 2015
    Selamat hari blogger

    ReplyDelete
  22. Bonusnyq banyak bgt ngeblog itu aalah aatunyq nambah temen n sodara jg dpt ilmu setiap saat. Happy blogging bumil sehat2 trw ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mbak

      Sehat dan lancar persalinannya yaaa

      Delete
  23. Betul mba dengan ngeblog bisa kenalan sama penulis hebat

    ReplyDelete
  24. Hai 'Mbaa, salam kenal baru kmrn gabung di GRes biar semangat ngeblog lagi...dan bener kan, abis baca postingan nya Mba...jd up lagi semangat ngeblog nya...sukses dgn blognya ya, 'Mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mbak.salam kenal jugaa... Amin makasih mbak

      Delete
  25. Selamat hr brother nasional...sukses buat mbak pipit

    ReplyDelete
  26. selamat hari blogger Mba Noorma semoga blogger Indonesia selalu jaya, amin..
    saya juga merasakan banyak banget manfaat blog, mulai dari perluasan jaringan pertemanan hingga materi, hihihi :)

    ReplyDelete
  27. Sukak juga dgn pm nya mbak..sukses terus yaa nulisnya. Ngaminin juga keinginannya. Happy national blogger day dan sumpah pemuda yaaa (hihihi. Efek telat komen).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbaak.. Bikin PM lagi yuk haha

      Delete
    2. Hihihiii.. PM by accident yaks... gpp, aseeekk. Ditakdirkan buat cerita2 khusus sama mba noorma tuh ^^

      Delete
  28. Pengen juga dapat rekan bisnis darinngeblog. Tapi siapa yang mau join sama aku yo Mbak?

    ReplyDelete
  29. Ngeblog bikin pikiran dan tulisan makin terasah, ditunggu bukunya yaa, ayo nuliis..

    ReplyDelete
  30. Memangnya mau hidup seneng tapi sendirian? Hiks
    Setuju bingits

    ReplyDelete
  31. Wooww...ada namaku disebut. Terharu. Yuukk yuukk terus semangat ngeblognya.

    ReplyDelete
  32. setuju banget dgn anti plagiasi. saya kalo baca tulisan di blog yg awal2, suka malu sendiri. tulisannya itu lho... jelek banget hehe

    ReplyDelete
  33. Ini nih salah satu artisnya GR..seneng bisa kenal mbak noorma.. Happy blogging ya mbak :)

    ReplyDelete
  34. Besok2 bikin postingan Mengapa Suka Menyanyi ya? Hehehe

    ReplyDelete
  35. Selamat hari bloger nasional

    ReplyDelete
  36. Salam dari bogger Magetan yoo mbak

    ReplyDelete
  37. Aamiin semoga kita lekas telorkan Novel solo, banyak teman banyak rezeky hehehe

    ReplyDelete
  38. Wah...Pencapaian blognya banyak bgt mba, kereeen.... Diriku msh tertinggal jauh nih, hrs lebih semangat lg ngeblognya.

    ReplyDelete
  39. selamat hari blogger nasional jg ya mbak

    ReplyDelete
  40. Selamat hari blogger Nasional mbak,yang telat diucapin. Hehehe..
    Kalo aku ngeblog baru belajar, pengen nambah teman dan wawasan juga. Salam kenal mbak

    ReplyDelete
  41. selamat hari blogger nasional, semoga rizki kita semakin tercukupi dari ngeblog,hehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)