#ShareYourKnowledge Tausyikh Bayati Ashli Qoror

Assalamu'alaikum teman-teman semua, semoga selalu dalam lindungan Allah SWT, amiin.

Nggak terasa ya, hari ini udah DL aja, hehe.. DL lomba di blog emak gaoel yang hadiahnya bikin saya nggak bisa tidur! Hehehe..

Yups. Hadiahnya smartfren banyaaak banget!. Berharap sekali saya bisa dapat smartfren dari emak gaoel. Amiin..

Oke, di bawah ini saya (aslinya malu-malu kucing) bikin video semacam tutorial mengaji. Hehe..



Video yang berdurasi 3 menit 59 detik ini berisi tentang tausyikh lagu bayati nada rendah atau lagu bayati ashli qoror. Sejak saya kecil, saya diajari bapak saya ngaji lagu-lagu dalam seni baca Alquran, harapannya tentu supaya ketika membaca alquran dapat terdengar indah dengan lagu-lagu tersebut. Atau minimal bisa berseni saat membaca Alquran dengan tartil, maupun dengan tilawah. Amiin.

Satu lagu yang saya bacakan di bawah ini adalah lagu pertama, dengan nada awal (rendah). Sebenarnya saya ingin menyisipkan tips supaya bisa mempunyai nafas panjang supaya bisa melantunkan ayat demi ayat dalam Alquran tanpa mencuri nafas (haram loh ya mencuri nafas itu). Hehe.. Tapi durasinya tidak akan cukup, untuk itu saya bisa tulis tipsnya di sini:

1. Latihan vocal dan pernafasan setiap pagi. Dengan cara, mengucapkan Aaaaaa iiiii uuuuu eeee oooooo dari nada rendah sampai nada tinggi. Awal tanpa cengkokan, kemudian diberi dua cengkok, dua cengkok, dan seterusnya. Insya Allah dengan video bayati ashli qoror ini, di kemudian hari saya bisa membuat video untuk lagu lain.

2. Olahraga, renang dan lari-lari kecil. Renang bisa melatih pernafasan, begitu pun lari-lari kecil secara teratur di pagi hari setelah subuh, di mana embun masih banyak menempel di dedaunan.

3. Kumur di tenggorokan dengan air bersih yang mengalir. Bisa dengan air keran dan selang. Caranya, buka mulut, masukkan air sampai kira-kira dekat dengan tenggorokan lalu dorong dengan membuyikan lafal aaaaaaaa. Dengan begitu, lendir yang ada di dalam tenggorokan sedikit demi sedikit dapat keluar.

4. Gurah! Kalau dirasa cara nomor 3 kurang memuaskan, silakan gurah. Lendir dan kotoran akan keluar semua, bersih.

5. Tidak makan makanan yang berminyak, tidak minum panas dan dingin. Usahakan menghindari gorengan, kerupuk, dan es. Minum air putih biasa setiap hari.

Itu saja, yuk subcribe channel youtube saya, :)


Video dan blogpost ini diikutsertakan dalam lomba blog #shareyourknowledge di blog emak gaoel didukung oleh smartfren.


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)