Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Mata




Di sekitar rumah saya masih banyak lahan kosong yang saat ini banyak tumbuh berbagai jenis pohon seperti mahoni, bambu. Ada juga berbagai tanaman buah-buahan seperti pisang, sawo, mangga, jambu biji, kelapa. Tak ketinggalan juga tumbuh berbagai tanaman kecil-kecil seperti buah ciplukan, dan ‘tetehan’ (nggak tau deh bahasa Indonesianya apaan, hahahaha), ada juga tanaman yang merambat seperti daun sirih.

Kalau di sebelah barat rumah ada rumput alang-alang, jahe, daun salam, dan beberapa sayuran seperti bayam, ubi rambat, dan daun katuk. Belakang rumah juga ada tanaman sereh, daun bawang, dan beberapa tanaman cabe yang saat ini sudah agak kering dan layu. Hihihiks

Postingan hari ini saya ingin membagi tulisan tentang manfaat salah satu tanaman yang ada di sekitaran rumah saya, yaitu daun sirih utamanya untuk kesehatan mata.


Waktu saya kecil, daun sirih tumbuh sangat subur di sebelah barat rumah simbah (almarhum), bahkan dibuatkan ‘rumah’ dari bambu untuk mereka rambati. Kenapa simbah menanam daun sirih tak lain karena masih banyak tetangga rumah yang sudah berusia senja suka sekali nginang dan salah satu bahan bakunya ya tentu saja daun sirih. Karena mereka tidak memiliki tanaman sirih akhirnya simbah-simbah tetangga biasanya membeli daun sirih di rumah simbah saya. Selain untuk nginang, daun sirih juga sangat bermanfaat untuk urusan kewanitaan dan juga bisa untuk mengobati sakit mata. 

Sakit mata seperti belekan atau mata merah dapat disembuhkan dengan daun sirih lhoo. Sejak saya kecil hingga sekarang punya anak kecil, cara ini masih sering saya gunakan. Di daerah saya yaitu Kesesi mengobati mata dengan air rendaman daun sirih sering disebut dengan istilah ‘NGERAMBANG’. 

Caranya juga tidak sulit. Hanya dengan 3 atau 4 lembar daun sirih segar yang sudah dicuci bersih, lalu direndam dengan air panas sambil sedikit diremas-remas daunnya. Nantinya air rendaman akan agak sedikit berubah warna kekuning-kuningan atau sedikit kecoklat-coklatan, baunya harum khas daun sirih. Jangan langsung gunakan air rendaman panas, loh, ya. Tunggu hingga airnya dingin. Hehehe..
 
daun sirih
sumber : uceng999.com
Setelah airnya dingin, basuh muka terlebih dahulu, supaya mukanya bersih. Barulah kita rendam mata kita dengan cara menenggelamkan wajah kita ke dalam baskom / piring yang berisi air rendaman daun sirih. Cara ini bisa ditelateni sehari dua kali, pagi hari dan malam hari. Jangan lupa disertai dengan doa kepada yang Kuasa agar segera diberi kesembuhan.

Pengobatan dengan herbal tidak ada yang instan, biasanya dua hari dengan 3-4 kali ngerambang mata belekan sudah sembuh. Rasanya memang sedikit perih, itu wajar karena mata memang lagi sakit. Kalau mata sehat, ketika ngerambang tidak akan terasa perih.

Walaupun demikian, kalau mata yang sakit tetap tidak segera kunjung sembuh, segera hubungin dokter, ya. Tapi sejauh ini, saya sembuh. Alhamdulillah.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)