Mitos Bayi Belum Tumbuh Gigi

Suatu sore, 2 bulan (Juni 2013) lalu di Perumahan Koveri - Ngaliyan - Semarang.

Ibu H : Tant, dek Noofa sekarang berapa bulan?
Umy : 10 bulan, budhe..
Ibu H : Udah bisa apa? 

Umy : Udah bisa rambatan tembok, lagi mau belajar jalan, budhe..

Ibu H : wahhh.. pinter yaa,, udah mau jalan.. giginya udah tumbuh berapa?

Umy : belum tumbuh, dhe..

Ibu H : lho? anak saya dulu tumbuh gigi 5 bulan. Kok Dek Noofa belum tumbuh gigi? terus makannya apa?

Umy : (mulai gak enak nih perasaan, haha) Iya, Noofa belum nih Budhe.. maemnya nasi ma sayur, kadang juga daging, waahh.. anak budhe keren yaa... 5 bulan udah tumbuh gigi. Terus mbak Ara bisa jalan brp bulan? 

Ibu H : 18 Bulan belum mau jalan, tant.. giginya udah lengkap tapi..

Umy : ooohh.. (dengan leganya aku menghela nafas)

Ibu H : Belum tumbuh gigi itu karena dulu waktu ngubur ari-arinya terlalu dalam (jero) kali tant..

Umy : Mosok, dhe? malah nggak dikubur kayanya..

Ibu H : waahh apa gak digondol kucing tuh?

Umy : hehehehe...


****** percakapan mulai kemana-mana******

Sebenarnya, aku tidak begitu khawatir dengan Noofa yang sampai sekarang (usia 1 tahun) belum tumbuh gigi. Mengapa? Karena aku sudah tau alasan mengapa dia belum tumbuh gigi. Sedangkan bebarapa rangsangan sudah aku coba. Seperti memberi dia finger food, memberi biskuit, makanan bertekstur, dan masih banyak lagi. 

Menurut Budhe itu, katanya kenapa Noofa lum tumbuh gigi karena placenta (ari-ari) Noofa dikuburnya terlalu dalam, makanya lama numbuh giginya. Padahal kata Bapakku kendi yang berisi ari-ari itu nggak dikubur. ckckck..

Agak unik memang mitos yang disampaikan oleh budhe itu. Sebagai orang Jawa, memang sejak dulu sudah banyak mitos-mitos yang diucapkan nenekku yang dikaitkan dan dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari, selama tidak masuk akal, aku coba untuk menepisnya perlahan, daripada kepikiran. hehehe.

Menurut medis, Noofa belum tumbuh gigi karena faktor genetik, banyak kan beberapa kasus yang memang disebabkan karena 'keturunan'? Nah, kasus giginya Noofa itu ternyata faktor genetik. Karena penasaran, aku tanya langsung ke Ibuku, dan memang benar adanya, aku dulu jalan usia 10 bulan, tumbuh gigi 14 bulan. Malah, jawaban mencengangkan ketika aku tanya Ibu mertuaku, beliau menceritakan kalau Aby dulu jalan usia 16 bulan, tumbuh gigi dibulan setelahnya. WOW!

Aku juga nggak tinggal diam, konsultasi kalsium Noofa juga lhoo.. dan memang hasilnya bagus!

So, aku coba kasih pisang dan labu kuning. Kata temanku yang berprofesi sebagai Apoteker, Pisang dan labu kuning bisa merangsang / mempercepat pertumbuhan gigi. :)

Sabar, berbesar hati dan tidak gundah, berkali-kali aku bilang bahwa setiap anak itu tumbuh kembangnya tidak sama. Paling lambat kata dokter usia 18 bulan, So, santai saja. Hikmahnya, Noofa bakal punya gigi yang awet nantinya, xixixixi

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)