header cah kesesi ayu tea

Mengapa Kesehatan Mental itu Penting?

Judul postingan kali ini aku langsung ngasih pertanyaan, ya. Mungkin, di antara pembaca blog aku udah banyak yang paham tentang apa itu Kesehatan mental. Tapi nggak ada salahnya aku nulis di sini untuk mengajak orang-orang untuk terbuka akan kesehatan mental dan memberikan yang terbaik terhadap orang-orang agar hidup lebih berkualitas.

Di sini sih aku nggak perlu membahas terlalu mendalam ya, karena biarkan profesional dalam bidangnya yang mengurus perihal itu, tapi setidaknya kita perlu mengetahui walau hanya secara dasarnya saja.


Apa itu kesehatan mental?

Aku kutip definisi kesehatan mental WHO yang tercantum dalam konstitusinya, ya.

“Kesehatan mental merupakan kesejahteraan fisik, mental dan sosial yang lengkap dan bukan hanya gak adanya penyakit atau ketidakmampuan.”

Jadi ya guys, Kesehatan mental sangat berpengaruh dalam kesejahteraan hidup kita baik secara fisik maupun sosial. Hal-hal yang selalu ada setiap harinya di dalam diri kita seperti pengambilan keputusan, cara berpikir, dan bertindak saling terkait pada kesehatan mental yang kita miliki.

Yang perlu digarisbawahi, bahwasanya Kesehatan mental berbeda dengan gangguan mental. Seseorang dapat mengalami kesehatan mental yang buruk dan gak didiagnosis dengan gangguan mental. Jadi beda, ya!

Misalnya kekhawatiran karena hasil ujian, atau kecemasan karena finansial itu merupakan hal yang normal ya guys, dan ini bukan termasuk dalam gejala gangguan esehatan mental.

Kenapa kita harus mengenali kesehatan mental yang kita miliki?

Dear guys, sebelum kita menjaga kesehatan mental yang kita miliki, alangkah baiknya kita harus mengenalinya terlebih dahulu. Apa itu kesehatan mental? Apakah kesehatan mental kita baik atau buruk?

Pernahkah kalian mendengar kata self-awareness? Yak, bentuk kepedulian untuk mengenali kesehatan mental yang kita miliki itu perlu loh. Kita seyogyanya memiliki kesadaran diri untuk memperhatikan diri kita sendiri.

Salah satu cara untuk self-awareness adalah dengan mengenali bagaimana kesehatan mental kita. Dengan begitu, kita akan lebih mudah untuk memahami dan mengontrol diri.

Missal nih ya, kamu kamu stress atau tiba-tiba timbul emosian, atau sering sedih, nggak focus, dll. itu ternyata perlu loh untuk diketahui penyebabnya. Jangan sampai aktivitas kamu jadi terganggu, atau kinerja kamu jadi menurun. Biasanya kan nggak tau kenapa dan datangnya dari mana perasaan tersebut, kamu terlanjur sibuk dan malu untuk mengakui bahwa ada yang salah dengan dirimu sendiri.

Maka dari itu penting untuk kita mengenali kesehatan mental yang kita miliki. Dengan begitu, kita bisa mengenali diri kita dan bisa mengetahui penyebab gejala-gejala yang timbul dalam diri kita. Karena setelah kita mengenali kesehatan mental yang kita miliki, selanjutnya kita dapat menjaga kesehatan mental. Baik atau buruk kesehatan mental kita saat ini, kita harus tetap menjaganya agar tetap seimbang.

Alasan menjaga kesehatan mental itu penting

Menjaga kesehatan mental sangat penting. Dengan kesehatan mental yang baik, seseorang akan menyadari kemampuannya sendiri, dapat mengatasi tekanan hidup yang normal, dan dapat bekerja secara produktif. Dikutip dari National Institute of Mental Health (NIMH), pada tahun 2017, diperkirakan 11,2 juta orang dewasa di AS, atau sekitar 4,5% orang dewasa, memiliki kondisi psikologis yang parah.

Maka dari itu, berikut aku kasih tahu alasan-alasan pentingnya menjaga kesehatan mental:

Kesehatan Mental Berkaitan dengan Kesehatan Fisik

“Tanpa kesehatan mental kita gak akan mendapatkan kesehatan fisik yang sebenarnya” Dr. Brock Chisholm. Hmmm, jadi contoh sederhananya gini, kamu pasti pernah mengalami hal seperti saat sedang kehilangan semangat, atau saat kamu merasa tubuh kamu sangat lemas. Bahkan ya saat kamu sakit untuk berpikir saja rasanya sulit.

Bisa jadi ini yang dinamakan sebagai mind-body connection yang artinya bahwa pikiran, perasaan, keyakinan, dan sikap kita dapat memengaruhi kesehatan fisik kita secara positif maupun negatif. Sebaliknya, kesehatan fisik dapat memengaruhi kesehatan mental baik secara positif dan negatif.

Ada salah satu penelitian yang hasilnya membuktikan bahwa pada pasien yang mengalami depresi, risiko mengalami serangan jantung lebih dari dua kali lebih tinggi, sedangkan mengobati gejala depresi setelah serangan jantung telah terbukti menurunkan tingkat mortalitas pada pasien.

Kesehatan Mental Berkaitan dengan Kehidupan Sosial

Pada kehidupan sosial, seorang yang memiliki gangguan kesehatan mental cenderung mengalami permasalahan pada relasi, perawatan diri, seks, kepekaan, dan lain sebagainya.

Misalnya ada seorang dengan gangguan depresi mempunyai gejala seperti berkurangnya motivasi dalam hidup sehingga mengakibatkan malas dalam menjalani kehidupan, bahkan perawatan pada diri sendiri pun tidak dilakukan.

Sebaliknya, kehidupan sosial juga berpengaruh pada kesehatan mental, lingkungan sosial yang sehat akan cenderung menciptakan pribadi yang sehat dan mempunyai pandangan yang positif.

Contohnya, seorang yang dikelilingi oleh orang-orang yang selalu ada untuknya, kemungkinan akan menjadi pribadi yang berpandangan positif pada dirinya sendiri maupun orang lain.

Menjaga Kesehatan mental ini ke mana sih? Kalau aku sih pernah ke psikolog bahkan pernah juga ke psikiater. Bahkan lagi aku cari tahu dulu dengan cara mencari artikel-artikel yang berkaitan tentang Kesehatan mental dari google, berbekal koneksi lancar karena di rumah pasang IndiHome, jaringan internet dari Telkom Indonesia sangat bermanfaat buat aku terutama untuk memperkaya sumber referensi digital untuk menjaga Kesehatan mental.

Manfaat Internet begitu nyata untuk hidup aku, selain untuk memperkaya bacaan ebook atau e journal, manfaat lainnya juga aku bisa sharing ke temen-temen semua dengan menuliskan kisah hidupku di blog. Memang ya, IndiHome ini Internetnya Indonesia banget!

atau kalau nggak bisa standby layer untuk membaca, biasanya aku juga belajar dengan menonton video-video di YouTube tentang kesehatan mental loh, jangan sepelekan Kesehatan mentalmu ya guys!
Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment