header cah kesesi ayu tea

Tips Mendapatkan Supplier Tangan Pertama, Cuan Bisa Berkali-kali Lipat

Supplier tangan pertama adalah perusahaan atau produsen yang langsung memproduksi barang, baik itu dalam jumlah besar atau kecil. Produknya bisa beragam, dari berbagai kebutuhan rumah tangga, makanan, alat-alat pertanian, barang-barang kecantikan, sampai beranekaragam fashion.

Bagi para yang memiliki usaha dropship, produsen tangan pertama sangat dicari. Alasannya banyak, mulai dari memberikan harga yang lebih murah, jaminan kualitas, hingga tidak segan-segan memberikan potongan harga yang menggiurkan. Namun memang tidak mudah menemukan supplier tangan pertama. Berikut ini adalah tips berburu supplier tangan pertama. 

Cari di Platform untuk Dropshipper

Cara paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk menemukan supplier tangan pertama adalah mencarinya di platform khusus reseller atau dropshipper. Contohnya saja Evermos yang menyediakan ratusan produsen dari berbagai merek yang berbeda. Total brand dan UMKM yang bergabung di Evermos jumlahnya sudah lebih dari 600 dengan lebih dari 12.000 produk halal.

Produknya sendiri beragam, ada makanan dan minuman, sembako, peralatan ibadah, elektronik, pulsa dan tagihan, dan lainnya. Jika cari supplier di Evermos, Anda juga sekaligus bisa belajar untuk berbisnis dari rumah dengan dipandu tim sales berpengalaman. Komisi yang didapatkan bisa sampai jutaan per bulannya.

Segera daftar di web dropship terpercaya di Evermos dan mulailah bisnis yang Anda impikan. Jangan menunda-nunda kesuksesan yang sudah ada di depan mata.

Datangi Bazar atau Pameran

Jika Anda memiliki waktu senggang yang banyak, bisa datang langsung ke berbagai bazar atau pameran. Sekarang ini sudah mulai banyak bazar-bazar yang memamerkan berbagai produknya. Selain bisa melihat produknya secara langsung, bisa sekaligus melihat bagaimana antusias pasar terhadap produk tersebut.

Namun yang perlu diingat, tidak semua yang mendirikan stand di bazar adalah pemilik brand tersebut. Maka dari itulah, Anda perlu untuk telaten bertanya satu per satu jika tertarik dengan produk tertentu.

Datang ke Tempat Pasar Grosir

Bisa juga untuk datang langsung ke pasar grosir di berbagai kota-kota besar. Dengan begitu, pilihannya akan semakin beragam. Salah satu contoh pasar di Jakarta yang jadi surganya dropshipper atau reseller adalah Tanah Abang. Pilihan produknya sangat banyak, brand juga bervariasi, dan harganya juga semakin murah jika beli dalam jumlah yang besar.

Mungkin di pasar kebanyakan juga bukan supplier tangan pertama, namun seringkali harganya jauh lebih terjangkau di kantong. Jadi jika harganya masih masuk akal dan jika dijual lagi tetap mendapatkan untung, tidak masalah mengambil supplier bukan tangan pertama.

Kunjungi Pabrik Langsung

Jika lokasi usaha dekat dengan pabrik, Anda bisa langsung mendatanginya. Dengan begitu Anda bisa melihat proses pembuatan produk yang akan ditawarkan. Apakah benar-benar produk tersebut dibuat secara higienis atau tidak. Namun tentu saja, sebelum datang ke pabrik ada baiknya untuk membuat janji terlebih dahulu. Karena bisa saja pabrik sedang libur atau sedang tidak menerima pengunjung.

Tentunya, selain melihat proses produksi Anda juga akan bisa merasakan pelayanan dari supplier yang akan dipilih. Apakah ramah dan gampang diajak kerjasama di masa depan atau tidak. Jika terlihat dari awal sudah tidak meyakinkan, Anda bisa memilih lainnya yang lebih menjanjikan.

Berburu di E-commerce

Jika Anda sudah familiar dengan berbagai e-commerce di Tanah Air, jangan hanya memanfaatkannya untuk berbelanja saja. Anda bisa mulai berbisnis dengan mencari supplier di e-commerce. Banyak sekali toko-toko resmi yang juga menawarkan pembelian grosir. Harganya lebih murah dan tidak jarang diberikan kode diskon tambahan.

Cara termudah, Anda bisa memilih  berbagai official store atau toko resmi yang sudah berpengalaman. Namun jika produk yang disasar masih kecil, pastikan toko-toko yang dipilih juga sudah memiliki reputasi yang bagus. Contohnya saja jumlah pembeliannya banyak dengan review mayoritas positif.

Gabung ke Komunitas Bisnis

Satu lagi yang bisa Anda lakukan untuk bisa dapatkan supplier tangan pertama, yakni dengan ikut ke komunitas bisnis. Baik itu berbagai komunitas online atau offline. Tidak hanya berbagi pengalaman, anggota komunitas juga akan membagikan kontak-kontak penting untuk bisnis yang dijalani.

Jangan malas juga untuk mengikuti pertemuan jika diadakan. Dengan catatan, pertemuan tersebut memang benar-benar untuk membicarakan bisnis. Jangan sampai Anda jadi korban multi level marketing (MLM) abal-abal. Jangan ragu untuk gabung ke grup di aplikasi perpesanan supaya bisa mendapatkan update informasi perkembangan bisnis terkini.

Demikianlah pembahasan tentang tips mencari supplier tangan pertama yang bisa Anda lakukan. Bisa lewat offline seperti pergi langsung ke bazar sampai ke pabrik. Bisa juga lewat online seperti bergabung dengan Evermos yang memiliki banyak sekali produsen berkualitas bagus dan komisi yang nilainya tidak tanggung-tanggung setiap waktunya. 

Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment