header cah kesesi ayu tea

Who Is Kimin Tanoto? Sosok Pengusaha Sukses di Indonesia!

Kini, banyak generasi muda yang memiliki cita-cita untuk menjadi seorang pengusaha. Tidak dipungkiri, menjadi pengusaha memiliki profit yang lebih besar daripada pekerja kantoran. Namun, tidak banyak juga yang tahu proses apa saja yang dihadapi oleh seorang pengusaha dalam membangun bisnisnya.

Salah satu pengusaha Indonesia yang sukses dan dikenal memiliki strategi yang kuat dalam mempertahankan bisnisnya adalah Kimin Tanoto. Sebenarnya, who is Kimin Tanoto? Bagaimana bisa Kimin Tanoto dikenal menjadi seorang pengusaha yang sukses di Indonesia? Simak perjalanan bisnis Kimin Tanoto dalam membangun bisnisnya, berikut ini!





Kimin Tanoto merupakan alumni dari Cornell University dengan jurusan Teknik Industri. Pada awal karirnya, Kimin Tanoto bekerja di bagian pengelolaan komunikasi. Dari pekerjaan pertamanya lah, Kimin Tanoto memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan menjadi penengah terhadap produsen nasional dan kebutuhan baja dunia. Setelah itu, Kimin Tanoto dikenal sebagai pengusaha yang bergerak di industri baja sejak tahun 1995 hingga sekarang.

Namun, perjalanan karir Kimin Tanoto semakin meningkat pada tahun 2019 sejak ia ditunjuk sebagai bagian Dewan Komisaris GRP dan memberikan kontribusi besar dalam pertumbuhan eksponensial bagi perusahaan. Sejak adanya Kimin Tanoto, Gunung Raja Paksi telah menjadi perusahaan yang mencuri perhatian di pasar industri baja lokal maupun internasional. Hal tersebut dapat terjadi karena Kimin Tanoto telah membawa Gunung Raja Paksi menjalin kerja sama dengan 40 negara yang tersebar di seluruh dunia dan menjadi pencapaian yang luar biasa bagi perusahaan nasional.

Tidak hanya menduduki posisi Dewan Direksi di Gunung Raja Paksi saja, Kimin Tanoto juga mengelola Gunung Capital, sebagai perusahaan manajemen aset yang bergerak di bidang infrastruktur dan bahan bangunan dengan fokus dalam memperhatikan penggunaan energi hijau agar berkelanjutan.

Pengalaman Kimin Tanoto sejak awal karirnya telah berpengaruh besar dalam mengelola berbagai bisnis di berbagai sektor industri.

Cara Kimin Tanoto Mempertahankan Bisnis

Tidak mudah untuk menjalankan bisnis di skala internasional, maka dari itu Kimin Tanoto juga memiliki pikiran untuk lebih memperdulikan tanggung jawab sosial. Kimin Tanoto memiliki prinsip bahwa bisnis tidak selalu tentang profit, namun bagaimana seorang pengusaha memberikan perubahan yang mengarah pada kebaikan.

Privilege sebagai pengusaha membuat Kimin Tanoto menjalankan Corporate Social Responsibility sebagai salah satu langkah untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat saat menjalankan misi dari perusahaan yang sedang ia pimpin.

Salah satu program CSR yang dijalankan Kimin Tanoto dengan Gunung Raja Paksi adalah mendonasikan bantuan 3.500 beras, payung, jas hujan dan kebutuhan lainnya untuk warga Desa Ciampea di Bogor. Bantuan ini diberikan untuk meringankan beban warga yang terdampak pandemi. Tidak hanya itu saja, Kimin Tanoto juga memberikan bantuan oksigen dan oxymeter saat gelombang kedua pandemi sedang meningkat. Sebanyak 4.000 masker dan 600 hand sanitizer pada masyarakat di daerah Jatinegara, Jakarta Timur dan di daerah Bekasi.
Melalui program-program tersebut, Kimin Tanoto membuktikan bahwa sebagai pengusaha harus memanfaatkan kekuatan bisnisnya untuk berbuat kebaikan. Walaupun profit menjadi tujuan utama seorang pebisnis, namun jangan pernah melupakan kekuatan organisasi dan aksi sosial. Jika pebisnis lainnya bersikap seperti Kimin Tanoto yang memberikan prioritas tinggi pada sosial dan bisnis, pastinya akan memberikan dampak positif bagi masyarakat, perusahaan dan dunia.
Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment